Bagaimana caranya menjadi pencari bakat sepak bola yang profesional?

Dilihat 444 • Ditanyakan 10 bulan lalu
1 Jawaban 1

Sepakbola merupakan olahraga paling populer di dunia. Disetiap negara, propinsi, bahkan daerah memiliki tim kesebelasan sepakbolanya sendiri-sendiri. Sepak bola sangat diminati masyarakat dunia karena aturan main yang dibuat mampu menyuguhkan permainan yang indah. Permainan yang cantik hasil olah bola para pemain dilapangan sering membuat decak kagum para penontonnya. Bahkan disetiap tim sepakbola dapat dipastikan ada sosok pemain muda berbakat yang menjadi idola karena kecakapanya dalam mengolah si kulit bundar ini.


Dalam sebuah pertandingan sepakbola, sangat dibutuhkan kemampuan menggiring, kontrol, tendangan dan juga kerjasama yang bagus di setiap pemainnya. Kerjasama dalam sebuah tim dan kematangan strategi serangan yang dipadu dengan kemampuan individu yang baik dari setiap pemain menjadi faktor utama untuk memperoleh kemenangan sebuah tim dalam bertanding. Oleh karenanya sebuah tim yang baik harus memiliki pemain bola yang mempunyai kredibilitas tinggi di setiap lininya.


Demi memperoleh ambisi kemenangan di berbagai kompetisi, setiap tim pasti memiliki manajemen yang selalu berupaya mengembangkan kemampuan bertanding timnya. Segala upaya dilakukan mulai dari pendidikan dasar sepakbola hingga mendatangkan pemain bintang sudah menjadi hal wajib dalam dunia sepak bola. Maka dari itu, kemampuan memilih bakat menjadi suatu hal yan wajib dimiliki sebuah manajemen tim sepak bola di era modern ini.


pencari bakat sepak bola

Di era sepakbola modern, perekrutan pemain baru merupakan salah satu prosedur penting di sebuah klub sepak bola. Untuk merekrut seorang pemain bola, tentu tidak serta merta merekrut begitu saja namun juga harus memperhatikan kualitas dan potensi dari calon pemain baru tersebut. Karena itu, beberapa klub sepak bola mempunyai seorang pencari bakat untuk membantu merekrut pemain-pemain baru yang berkualitas.

Seorang pencari bakat professional pengumpul informasi dari segala sumber, lalu menyimpan dan mengurutkan informasi tersebut, dan diperkirakan sebagian kecil dari yang terkumpul akan berguna kemudian. Hasil dari informasi ("produk") dan sumber serta metode pengumpulannya ("tradecraft") seringkali dirahasiakan.


Biasanya seorang pencari bakat profesional dibekali kemampuan lebih atau dapat dikatakan, orang yang menjadi pencari bakat ialah orang-orang pilihan terbaik. Kebanyakan mereka adalah orang-orang yang lebih berpengalaman dan mempunyai jam terbang tinggi di bidangnya. Setidaknya untuk menjadi seorang pencari bakat, ia pernah menjadi seorang pelatih, atau idealnya seorang pemain dan pelatih, sebelum menjadi seorang pencari bakat.




Di sini akan kita bahas mengenai seorang pencari bakat sepak bola professonal dan mengenai masalah kredibilitas profesi. Menjadi seorang pencari bakat tidaklah hal yang mudah, dia harus benar-benar memiliki pengalaman yang tinggi mengenai berbagai macam seluk beluk sepak bola dari luar maupun dalam. Dalam hal ini seorang pencari bakat sepak bola memiliki tugas yang penting dan berat untuk dilakukan, karena seorang pencari bakat profesional harus memahami cara mengetahui bakat pemain yang akan direkrut yang nantinya bisa membuat sebuah klub sepak bola mendapatkan kemenangan dan gelar bergengsi.


Bagaimana Caranya Menjadi Pencari Bakat Sepak Bola Profesional?


Menjadi seorang pencari bakat bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Keputusan yang diambil untuk memasukan seorang pemain sepak bola akan menjadi suatu perubahan besar pada tim sepak bola yang sedang dikelolanya. Berikut ini adalah beberapa cara menjadi seorang pencari bakat yang prfesional, antara lain :


  • Memiliki emampuan melihat potensi pemain

Untuk menjadi seorang pencari bakat profesional dalam olah raga (tidak hanya sepak bola), yang harus kita kuasai adalah peraturannya dan cara menilai seseorang. Karena perekrutan pemain muda berbakat dimulai sejak mereka masih berusia 6-10 tahun, para pencari bakat harus bisa melihat bagaimana anak tersebut akan berkembang dalam 10-20 tahun mendatang, bagaimana perkembangan emosinya, mentalnya, kekuatannya, dan semangatnya. Apakah ia akan tetap bermain sepak bola di masa mendatang? Apakah anak ini akan mendatangkan masalah bagi klubnya kelak? Sebab, seorang anak berbakat yang temperamental dan kerap melanggar peraturan pasti akan membawa masalah bagi timnya dan tidak akan menjadi aset investasi yang bagus bagi klub yang menaunginya.


  • Memiliki jam terbang tinggi dalam sebuah pengamatan

Seorang pencari bakat profesional harus rajin menonton berbagai pertandingan klub-klub junior, mengikuti perkembangan informasi, dan mencatat data-data pemain berpotensi. Memiliki setiap data rekaman hasil perkembangan pemain muda berpotensi juga harus dilakukan dan memperbaharuinya di setiap musim. Tidak membatasi diri terhadap data juga menjadi faktor kesuksesan seorang pencari bakat, karena terkadang seorang pemain muda berbakat bisa ditemukan di daerah terpencil yang tidak terduga.


  • Memiliki relasi yang luas

Dalam upaya mencari seorang pemain berpakat kita tidak boleh hanya berpacu dari data yang kita miliki saja. Seroang pencari bakat profesional harus memiliki jaringan yang luas untuk menambah informasi yang ia butuhkan. Karena pada dasarnya seorang pemain berkualitas tidak hanya bisa didapat dengan proses latihan yang memiliki fasilitas bagus. Kemampuan alami seorang pemain berpotensi bahkan seringkali ditemukan pada pemain yang berasal di daerah terpencil suatu kota ataupun provinsi.


  • Cakap dalam mengambil keputusan dan tindakan

Seorang pencari bakat profesional harus benar-benar memahami bagaimana cara mengetahui bakat seorang pemain tanpa membutuhkan waktu yang lama, karena pemain yang baik pasti akan menjadi rebutan klub lainnya. Setiap pancari bakat wajib memiliki insting kuat dalam membaca masa depan seorang pemain bola sejak dini. Seorang pencari bakat juga harus memiliki kepekaan informasi mengenai tipikal pemain yang ingin dicarinya. Bahkan ada sebuah kiasan dikalangan para pencari bakat, "Jika kau pemain yang baik, maka kami akan menemukanmu."




Cara mengetahui bakat seseorang memang sesuatu yang tidak akan bisa dipelajari dalam waktu semalam, dibutuhkan pengalaman dan konsistensi untuk pekerjaan ini. Dan pekerjaan ini harus berlandaskan passion dan kesungguhan, kebanggaan apabila berhasil menemukan bibit muda baru yang berpotensi. Menjadi kaya melalui profesi ini adalah hal yang hampir mustahil, bahkan sebagian klub sepak bola asing pun tidak membayar tinggi untuk para pencari bakat mereka.




Di seluruh dunia, sepak bola telah menjadi olahraga dengan peminat terbesar dan setiap musimnya selalu menjadi lembaran baru. Semangat jiwa patriotisme para pemain dalam membela tim yang menaunginya, membuat atmosfer penonton menjadi fanatis untuk mendukung setiap perjuangan tim kesayangannya disetiap kompetisi bergengsi. Bahkan dari rasa fanatisme tersebut, sepak bola yang awalnya hanya sebuah permainan kini menjadi industri besar yang sangat menguntungkan.


Dalam sebuah bidang olahraga, setiap tahunnya akan ada kejutan yang datang dari atlet muda. Begitu juga dengan sepak bola, pemain muda berbakat mulai menunjukkan kemampuan mereka untuk menjadi pemain utama klub. Bersaing dengan para pemain senior adalah bukan hal yang mudah, terlebih lagi mereka (para pemain senior) sarat dengan pengalaman yang didapatkan dari jam terbang yang telah mereka lalui.


Meskipun demikian, persaingan para pemain muda dalam membangun sebuah karir dalam sepakbola mampu menjadi suguhan menarik di setiap musimnya. Suguhan persaingan yang menarik tersebut mungkin tidak akan pernah terjadi jika tidak ada peran dari seorang pencari bakat profesional. Oleh karenanya posisi seorang pencari bakat menjadi cukup sentral dalam perkembangan industri sepakbola dunia di era modern ini.


Terjawab 10 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang