Bagaimana caranya menjaga agar bakso tetap bulat saat dimasak?

Dilihat 419 • Ditanyakan 10 bulan lalu
1 Jawaban 1


Bakso merupakan makanan favorit bagi hampir semua orang. Makanan ini disebut-sebut sebagai salah satu makanan favorit khas nusantara. Jika ditanya, alasan mengapa menyukai bakso? Kebanyakan menyebutkan bahwa bakso makanan berkuah yang rasanya enak, gurih dan cukup mengenyangkan. Bakso bulat yang mudah dijumpai di mana saja ini memang memiliki cita rasa yang spesial dan sederhana.

Bakso biasanya terbuat dari campuran antara daging sapi yang digiling dengan tepung tapioka, akan tetapi ada juga bakso yang terbuat dari daging ayam, ikan, atau udang. Setelah itu adonan ini dibentuk bulat dan jadilah makanan bakso. 

    


Bagi anda yang sering membuat bakso sendiri mungkin sering bertanya bagaimana membentuk bakso agar mendapat bentuk yang bulat dengan permukaan halus. Membentuk bakso bulat bisa dilakukan dengan dua cara. Kepal adonan bakso dengan telapak tangan yang sudah dibasahi dengan air, lalu tekan hingga adonan keluar di sela ibu jari dan jari telunjuk. 

Cara lain, gunakan dua buah sendok makan yang sudah dibasahi air untuk membentuk adonan menjadi bulat. Ratakan permukaan bakso menggunakan punggung sendok untuk menghasilkan permukaan yang rapi. 

Dan pertanyaan selanjutnya adalah: Bagaimana cara membuat bakso daging tetap bulat saat dimasak? Pasti anda ingin tahu jawabannya kan, jadi marilah kita lihat tips di bawah ini!



Cara Agar Bakso Tetap Bulat Ketika Dimasak


Bola-bola daging atau bakso sangat dipengaruhi oleh gaya gravitasi. Artinya mereka perlu suatu sokongan saat dimasak, sehingga bentuknya tidak gepeng seperti piringan.



Berikut cara mudah yang akan membantu anda untuk menjaga agar bakso daging tetap bulat ketika dimasak:


  • Bekukan terlebih dahulu 

Anda dapat menghindari bentuk bakso yang gepeng dengan menyimpan bakso-bakso tersebut dalam kondisi yang sangat dingin saat proses pembuatan. Maka, anda harus membekukan bakso buatan anda tersebut sebelum masuk ke tahap memasak.


  • Masukkan ke dalam air kuah yang mendidih 

Saat ingin memasaknya (digoreng/dipanggang), masukkan bakso-bakso tersebut terlebih dahulu ke dalam air kaldu atau air garam atau kuah yang mendidih sampai setidaknya setengah matang. Tujuannya agar bulatannya semakin mengeras dan juga biar bisa dimasak. Jika anda menggunakan air kaldu atau air garam, bakso anda akan tetap bulat sempurna meskipun dimasak berbarengan. Saat mereka sudah mengapung, angkat dan letakkan pada tisu makanan untuk dikeringkan, kemudian bisa langsung digoreng ataupun dipanggang dengan saus.


  • Sering di bolak balik saat di panggang

Jika anda membuat bakso panggang, mungkin bakso akan berubah menjadi coklat saat anda memanggangnya, bolak-baliklah agar warnanya merata dan juga agar bentuknya tidak menjadi gepeng. (Baca: Jika saya mau menjual bakso buatan sendiri di luar negeri, bagaimana cara mendapatkan pembeli?)


   


Bakso bulat memang merupakan ciri khas yang tidak akan tergantikan meskipun berbagai macam varian bakso seperti bakso gepeng, bakso kerikil, dan bakso kotak mulai bermunculan.

Itulah beberapa cara membuat bakso daging tetap bulat ketika dimasak. Tips sederhana ini dapat kita praktekkan di rumah dan pasti akan sangat berguna agar kita bisa mendapatkan bakso yang sesuai dengan keinginan kita. Selamat dipraktekkan dan semoga bermanfaat!.(baca: Dimana saya bisa menemukan resep bakso?)

Terjawab 10 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang