Bagaimana caranya saya bermain badminton dengan baik?

Dilihat 635 • Ditanyakan 9 bulan lalu
1 Jawaban 1

Bulu tangkis atau badminton adalah suatu olahraga raket yang dimainkan oleh dua orang (untuk tunggal) atau dua pasangan (untuk ganda) yang saling berlawanan.

Mirip dengan tenis, bulu tangkis bertujuan memukul bola permainan ("kok" atau "shuttlecock") melewati jaring agar jatuh di bidang permainan lawan yang sudah ditentukan dan berusaha mencegah lawan melakukan hal yang sama.

Bagi kalian yang ingin bermain badminton, perlu tahu dulu nih cara-caranya, supaya bisa bermain badminton dengan baik, bahkan bisa sampai profesional!

Ikuti terus artikel ini sampai akhir, untuk mengenal kunci-kunci bermain badmindon beserta tips-tips bermain badminton!

Yuk, langsung saja dibaca! ^^


cara servis badminton

5 Poin Penting dalam Badminton

Saya pernah bermain badminton pada tingkat kompetisi. Jadi, saya rasa saya pantas untuk menjawab. Baiklah, saya akan mulai dari yang sangat mendasar.




  1. Jogging dan olahraga rutin
    Lupakan tentang olahraga yang akan anda mainkan. Pertama-tama cukup fokuskan semuanya pada jogging dan olahraga setiap hari. Anda perlu ahli dalam hal ini. Bermain badminton dengan baik akan membutuhkan fleksibilitas dan oleh karena itu anda harus berlatih setiap hari. Lengan dan bahu juga perlu menjadi kuat untuk memukul smash saat permainan, sedangkan stretching membantu anda saat memainkan pukulan drop shot.

    teknik melakukan servis
  2. Jangan masuk lapangan badminton dalam minggu pertama
    Saya berasumsi jika seseorang itu pemula dalam hal dunia badminton yang kompetitif, ia tidak boleh masuk lapangan badminton dalam latihannya di minggu pertama. Cukup pelajari bagaimana memegang raket badminton terlebih dahulu. Pelajari bagaimana memukul shuttlecock dengannya. Minggu ke-1 hingga 1,5 harus diisi dengan belajar teknik-teknik memegang raket dan memukul shuttlecock dengannya.
    cara memegang raket saat servis

  3. Mulailah dengan yang paling dasar
    Saat anda telah belajar bagaimana memegang raket dan memukul shuttlecock, awali dengan mempelajari hal-hal mendasar dalam badminton. Yang saya maksud adalah gerakan-gerakan dasar, bagaimana bergerak di lapangan, bagaimana melindungi area lapangan, dll. Sekali lagi, disini diperlukan seorang pelatih badminton. Jangan bermain dengan shuttlecock saat melatih gerakan kaki anda. Perhatikan bahwa anda perlu berlatih untuk fundamental dasar itu secara rutin. Ini ada link tentang bagaimana meningkatkan gerakan kaki anda 

      

  4. Berlatih bagaimana melakukan servis
    Servis merupakan aspek yang sangat penting dalam permainan badminton. Anda perlu latihan banyak bagaimana melakukan servis. Ada empat jenis servis yang berbeda sebut saja
    - servis rendah (low serve)
    - servis tinggi (high serve)
    - servis tajam (flick serve)
    - servis terarah (drive serve).

    Ini link tentang jenis-jenis servis - Badminton Serve

    jenis-jenis servis

  5. Latihan bermain tanpa poin
    Saat anda mulai belajar bagaimana bermain badminton, jangan menghitung poinnya untuk beberapa hari awal. Cukup fokus saja dalam mempelajari bagaimana untuk selalu dapat memukul shuttlecock ke arah yang berbeda-beda. Ini pasti akan membantu anda. Latihan setiap hari untuk semua jenis pukulan saat anda pemanasan seperti drop shot, pukulan melambung, body smash, smash sederhana, servis yang berbeda, dll.

Setelah berlatih lima poin ini dengan sangat baik secara rutin, mulailah berlatih bermain melawan pemain bagus lainnya. Dalam waktu yang sangat singkat, anda akan mampu untuk memainkan permainan yang sangat bagus jika anda tetap berpegang pada hal-hal dasarnya. Itulah poin penting yang perlu diikuti untuk menjadi pemain bulutangkis yang baik. Semoga ini membantu :) Semoga Beruntung!

Terjawab 8 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang