Bagaimana caranya seorang ayah menjelaskan tentang pubertas ke putrinya?

Dilihat 901 • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Pubertas adalah masa dimana tubuh seorang gadis mengalami perubahan fisik, yang termasuk tumbuhnya buah dada, melebarnya pinggul, dan tumbuhnya rambut pada alat kelamin. Perubahan-perubahan ini disebabkan oleh hormon, yang juga mengakitbakan jerawat. Kurasa bau badan juga terlibat dalam hal ini juga, walaupun aku tidak pernah memperhatikan kelas pelajaran seksual karena secara genetik, orang Asia itu lebih tidak memliki bau badan daripada ras lainnya.

Sewaktu dia bertumbuh, mungkin dia akan mulai membutuhkan bra. Ketika dia baru mulai bertumbuh, aku sarankan bra untuk latihan, mungkin bra olahraga karena lebih konservatif dan akan membantunya supaya terbiasa menggunakan bra. Kemudian, mungkin bantu dia cari bra yang memiliki cup yang lebih besar karena dia masih terus bertumbuh. Kalau dia mau bahan pengisi (padding), putuskan umur berapa dia dapat menggunakannya. (Secara pribadi aku tidak suka padding, tetapi itu pilihan masing-masing.) Kalau dia tidak suka memakai bra, tetapi butuh dukungan, ganti camis saja. (Camis: tank top spageti yang sering memiliki rak bra yang menyediakan beberapa dukungan).

Bagaimanapun, dia akan mulai merasakan ketertarikan terhadap seksual/romantis pada saat mengalami pubertas. Dia mungkin tidak akan memberitahumu siapa yang dia sukai ketika dia punya orang yang dia sukai, tetapi beritahu dia kalau dia itu cantik. Dia juga akan bertumbuh sebagai seseorang, dan dia harus fokus kepada dirinya untuk lebih menyayangi dirinya sendiri, bukan orang lain itu. Dan juga, kalau orang itu tidak menyukainya, itu karena mereka belom menghargainya dan dia akan menemukan seseorang yang akan berharga didalam hidupnya.

Periode itu cuma produk menyebalkan dalam siklus menstruasi. Ide bagus untuk memperkenalkan produk-produk diluar sana untuk mengatasi periode, dan beritahu dia pro dan kontranya. Yang paling mudah itu adalah yang model bantalan, yang mirip seperti popok bayi, tetapi tidak dapat menyerap semuanya, yang harus ditempelkan pada celana dalammu. Yang seperti itu mudah digunakan dan mungkin yang paling aman, tetapi pastikan kalau harus diganti atau bajumu akan terkena darah.

Tampon merupakan bahan yang sangat menyerap. Aku tidak terlalu menyarankan ini untuk pemula, tetapi tampon ini sangatlah berguna kalau dia tidak suka menggunakan model bantalan dan/atau kalau dia itu gemar berenang. Namun, ada rumor kalau tampon itu ada bahan-bahan kimianya (ga pasti sih, jangan mengutipku karena ini) supaya lebih menyerap dan ada juga Toxic Shock Syndrome, jadi dia harus mengganti tamponnya dengan cara yang sama ketika dia mengganti yang bantalan. 

Tampon juga mungkin bisa bocor, dan disitulah fungsi pembalut! Pembalut hanya lebih kecil dari bantalan. Kalau dia butuh bantuan memasukkan tampon, ada video dan bukunya tentang ini. (Maaf, aku tidak punya saran pribadi, soalnya aku belum menggunakannya). Cangkir menstruasi merupakan cangkir plastik yang juga kamu masukkan. Cangkir itu menangkap darah menstruasi dan dapat digunakan ulang, tetapi kamu harus membersihkannya dulu. Aku tidak punya pengalaman tentang ini, dan mungkin kamu bisa tunggu dulu untuk memberitahukan hal ini padanya. Nantinya dia bisa memutuskannya sendiri apa yang perlu dia gunakan untuk perodenya. 

Kalau bajunya terkena darah, bilang kalau itu terjadi pada semua wanita dan tidak memalukan, hanya saja kita perlu membersihkannya. (Beneran deh, HAL ITU TIDAK MEMALUKAN. Hal ini sama seperti menenangkan balita yang mengompol. Terkadang memang tidak bisa diapa-apakan).

Kamu bisa dengan mudah membersihkan noda darah dengan air dingin, ambil sabun batangan, gosokkan sabun pada noda darah, kemudian gosokkan noda darah dengan noda darah itu sendiri atau dengan kain lain. (Seperti menggosok spons dengan piring, tetapi yang ini menggunakan celana dalam itu sendiri). Terkadang, nodanya SANGAT sulit dibersihkan, cukup masukkan ke tempat cuci, gunakan deterjen, dan berdoa. (cuma bercanda xD, kurasa kamu tidak perlu berdoa untuk hal ini, tetapi kebanyakan nodanya bisa hilang di tempat cuci).

Kalau dia takut menodai bajunya ditempat yang tidak mudah diganti, pakaian hitam dapat menyembunyikan noda darah dengan baik.

Ngomong-ngomong, pendaraha menstruasi terjadi SETIAP SAAT. Kalau dia khawatir tentang pendarahan antara saat dia mandi dan ketika memakai bajunya, bilang kepadanya untuk membawa beberapa tisu, gulung tisunya, dan letakkan di rak handuk atau dimanapun yang dapat dia jangkau ketika mandi. Jadi, ketika dia selesai mandi dia dapat dengan cepat mengambil dan menaruh tisu itu diantara kakinya, keringkan dirinya, dan memakai celana dalamnya yang sudah disiapkan dengan bantalan pembalut, dan kemudian pergi lakukan aktivitasnya.

(Kurasa kalau dia menggunakan tampon, tips ini tidak begitu berguna, tapi ya..untuk jaga-jaga saja)

Maaf kalau jawabanku terlalu fokus ke soal periode, tetapi jujur saja, terkadang waktu datang bulan itu merupakan waktu yang sangat tidak menguntungkan sehingga wanita perlu tips-tips ini. Semoga beruntung kepadamu dan putrimu, dan kuharap dia dapat tumbuh menghargai kerja kerasmu dan akan membuatmu bangga. :)

Terjawab sekitar 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang