Bagaimana film kartun atau animasi dibuat?

Dilihat 897 • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Kalau kamu bertanya tentang prosesnya, tahapnya seperti ini:

  1. Cerita
    Aapun yang kamu lakukan tidak berguna kalau kamu tidak memiliki cerita yang bagus.

  2. Naskah
    Setelah kamu punya ceritanya, ini waktunya membagi peran dan menulis dialog.

  3. Storyboard
    Sekarang, inilah langkah yang sangat penting, kamu harus mengilustrasikan ceritamu diatas kertas, artinya kamu harus menggambar setiap adegan dengan tangan. Hal ini dilakukan untuk menghemat banyak waktu dan uang. Ingat, penting diketahui kalau animasi itu prosesnya mahal dan perlu perencanaan yang benar.

  4. Animatik
    Pada tahap ini, kamu membawa gambar yang kamu gambar kedalam program editing. Animasikan dengan dasar adegan-adegan sesuai dengan storyboard dalam program editing. Ini juga termasuk pemasukan suara dari pada aktor. Proses ini diselesaikan dengan membawa gambaran yang lebih jelas bagaimana film mu akan terlihat. Ini pertama kalinya kamu menonton film mu dengan cara yang komprehensif. Ini juga waktu yang sangat bagus untuk membuat perubahan cerita terakhir kalinya, setelah melewati beberapa proses, nantinya akan sangat sulit untuk melakukan perubahannya. Ingat, animasi itu mahal terutama tipe film yang kamu sebutkan.

  5. Modelling
    Ini adalah proses dimana kamu membuat modelmu berdasarkan karakter desain mu. Inilah yang nantinya akan memberi kehidupan dalam film nanti.

  6. Tali-temali
    Untuk membuat model bergerak, yang kamu perlukan adalah membangun kerangka tulangnya. Hal ini mirip dengan figur aksi yang tidak bisa bergerak kalau tidak punya sendi yang benar. Sama halnya dengan model 3D, kamu perlu memberi seberapa banyak dan apa yang model 3D mu bisa lakukan.

  7. Previz
    Ini mirip dengan proses animasi, hanya saja dalam 3D. Tahap ini akan ada adegan terakhirmu bersama dengan gerakan kamera dan pemberian suara akhir.

  8. Animasi 
    Dalam proses kamu harus mengambil adegan dari Previz dan menganimasikanya secara penuh. Animasi 3D itu seperti bermain dengan boneka, bisa menyenangkan tpai juga bisa sangat lama dan sulit. Inilah yang akan memberi kehidupan dalam film mu. Ini terlihat seperti proyek akhirmu, hanya saja hal ini akan terlihat sangat buruk.

  9. Pencahayaan dan Rendering
    Ini adalah proses menutup keburukan dan membuat adegamu terlihat indah. Prosesnya itu seperti teknis dan susah dijelaskan. Tahap ini sepert membangun studio virtual tapi hanya secara virtual. Rendering itu merupakan proses yang sangat lama dan membutuhkan komputer yang sangat kuat, kalau aku menjelaskannya dalam istilah yang simpel, tahap ini seperti mengeksport film mu ke format film.

  10. Editing dan Warna
    Setelah kamu selesai melakukan rendering, letakkan kembali kedalam program editing. Ini adalah waktunya untuk mengedit filmmu. Koreksi warna adalah proses dimana kamu menyesuaikan warna setiap adegan.

  11. Desain Suara
    Ini adalah proses dimana kamu membuat suara terdengar enak ditelinga. Setiap klikan, setiap tip, bahkan suara udara juga memerlukan suara yang bagus. Ini adalah hal terakhir yang kebanyakan pembuat film lakukan. Tidak menghasilkan yang sangat bagus untuk mereka, sih.

Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang