Bagaimana harga emas 10 tahun mendatang dibandingkan harga emas hari ini?

Dilihat 3,15 rb • Ditanyakan sekitar 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Semasa sekolah dulu, kita pasti diajarkan untuk gemar menabung. Seperti ungkapan 'Menabung pangkal Kaya'. Sampai saat ini pun, saya masih berpedoman pada ungkapan tersebut. Jika kita rajin menabung uang kita, lama kelamaan akan menjadi banyak dan kita bisa kaya, bukan? Menabung pun tidak hanya dengan mengumpulkan uang, tapi bisa juga dengan benda lain yang berharga, seperti perhiasan berlian, batu mulia, emas, atau bahkan bangunan. Namun diantara semua itu, emas dijadikan pilihan utama karena semua orang tahu harga emas selalu melesak naik dari tahun ke tahun.

Bicara soal perhiasan, emas adalah komoditas dan salah satu barang investasi yang banyak disukai oleh kebanyakan masyarakat di Indonesia karena mudah untuk diperjual belikan daripada barang investasi lainnya. Terutama untuk kaum wanita, meskipun harga emas tidaklah murah (yaah, sekarang saja harganya bisa mencapai 500 ribu rupiah per gram) emas menjadi perhiasan atau aksesoris untuk mempercantik diri dan terlihat lebih glamour.


harga emas

Banyak orang yang memilih emas sebagai salah satu investasi juga karena harga emas yang dinamis. Jadi bisa saja harga emas turun hari ini, dan harganya akan naik bulan depan atau malah sebaliknya tergantung pasar. Jika anda termasuk orang yang menyukai emas sebagai barang investasi, anda harus memahami apa saja yang dapat mempengaruhi harga emas. Berikut penjelasannya.


Prediksi Harga Emas 10 Tahun Ke depan Dibandingkan Harga Emas Hari Ini


10 tahun adalah waktu yang lama dan tidak ada seorang pun yang bisa memperkirakan bagaimana kondisi ekonomi pada masa itu untuk bisa memberikan penilaian mengenai harga emas 10 tahun mendatang. Sehingga prediksi harga emas 10 tahun mendatang tidak dapat dipastikan dengan jelas. Harga emas hari ini adalah sekitar Rp. 530,000 per gram. Dan dalam jangka pendek, pergerakan harga emas dipengaruhi oleh tingkat inflasi, kondisi politik, nilai tukar rupiah terhadap dolar, permintaan dari bank sentral, dan lain sebagainya. Saya cenderung melihat emas sebagai investasi jangka panjang dan akan menilai jika harga emas hari ini sudah wajar, terlalu tinggi atau terlalu rendah. Bagi beberapa kalangan masyarakat pun selain untuk investasi, emas juga bisa menjadi tabungan terbaik.


kenaikan harga emas


Untuk dapat melakukan penilaian tersebut, anda harus mengetahui "nilai intrinsik" dari emas. Contohnya, apakah harga emas hari ini merefleksikan penurunan nilai uang? Mari kita lihat perubahan pendapatan rata - rata orang di Amerika pada tahun 1971, harga emas pada masa itu adalah Rp. 13,500 dan rata - rata pendapatan orang Amerika saat itu adalah Rp. 34,000,000 per tahun.

Saat ini, pendapatan rata - rata orang Amerika adalah Rp. 280,000,000 (2013), jadi apakah kenaikan harga emas mengikuti kenaikan pendapatan penduduk? Pendapat naik sebanyak 8 kali; maka harga emas seharusnya menjadi Rp 108,000! Sebelum menyimpulkan bahwa harga emas hari ini terlalu tinggi, harga emas sudah seringkali mengalami penyesuaian sejak lama. 


prediksi harga emas


Cara terbaik untuk mengukur emas dan pendapatan adalah dengan melihat kondisi di masa lalu. Misalnya, tahun 1900, gaji yang berlaku di industri adalah Rp. 4,380,000 per tahun. Harga emas saat ini disesuaikan menjadi 
Rp. 7,382 per gram. Saat ini, pendapatan mengalami kenaikan sebanyak 64,8 dibanding saat itu, yang berarti harga emas seharusnya menjadi Rp. 478,214, dari segi pendapatan, dapat dilihat bahwa harga emas saat ini terlalu rendah. Anda juga bisa menggunakan tolak ukur lain seperti inflasi CPI, harga emas putih, harga minyak, dan harga saham. 


Akhir bulan Oktober ini (26/10/2016), harga emas mengalami kenaikan pada penutupan perdagangan Selasa (Rabu pagi waktu Jakarta). Harga emas yang sudah turun cukup dalam membuat pelaku pasar kembali memborong emas.
Jadi memang benar jika harga emas juga dipengaruhi oleh tinggi rendahnya permintaan pasar terhadap emas.


 Apabila Anda termasuk yang suka berinvestasi emas dan memakai perhiasan emas, jagan lupa juga untuk selalu merawat emas Anda agar selal tampak berkilau. Berikut beberapa tips merawat emas :

Membersihkan Perhiasan dengan Pasta Gigi

Tuang sedikit pasta gigi ke dalam mangkuk kecil dan campur dengan satu atau dua sendok makan air untuk menciptakan pasta ringan. Sebagai zat abrasif ringan, pasta gigi bagus untuk melonggarkan kotoran yang terakumulasi pada perhiasan emas favorit Anda tanpa mengikis atau menggoresnya.

Gosok dengan sikat gigi berbulu lembut. Gunakan sikat gigi lama berbulu halus dan pasta gigi untuk menggosok lembut kotoran pada perhiasan Anda. Pasta gigi juga dapat diteteskan pada kain untuk membersihkan perhiasan menggunakan tangan dan kain. Jika Anda melihat goresan pada perhiasan Anda, itu mungkin dari sikat giginya, bukan pasta gigi. Jadi gunakan sikat atau kuas yang selembut mungkin.

Atau, cukup gosok dengan pasta gigi saja (yang tidak diencerkan seperti tadi). Meskipun begitu, bahan ini mungkin akan lebih sulit dibersihkan dari celah-celah kecil dalam perhiasan Anda karena teksturnya yang lebih padat.

Bilas dengan banyak air bersih. Sama seperti saat Anda membilas setelah menyikat gigi, Anda harus membilas perhiasan Anda untuk menghilangkan debu atau tumpukan kotoran yang sudah kendur!

Menggunakan Air Mendidih

Emas sendiri dapat direbus tanpa masalah. Jika ingin membersihkan perhiasan yang semua terbuat dari emas dan sangat kotor, atau perhiasan emas dengan batu permata "kuat" seperti berlian, merebus bisa menjadi pilihan.

Didihkan air. Anda tidak perlu mendidihkan banyak air, secukupnya saja untuk merendam seluruh perhiasan. Sambil Anda menunggu air mendidih, atur perhiasan emas Anda dalam mangkuk kuat atau wadah lain yang tidak akan rusak oleh air mendidih. Wadah atau mangkuk pyrex atau logam adalah pilihan yang bagus.

Atur perhiasan dalam wadah atau mangkuk sehingga tidak ada perhiasan yang saling menutupi atau bertumpuk, air harus dapat mencapai setiap bagian dari perhiasan.

Tuangkan air ke atas perhiasan dengan hati-hati. Berhati-hatilah agar tidak menumpahkan atau memercikan air karena menuangkannya terlalu cepat, air mendidih dapat menyebabkan luka bakar yang serius. Ketika semua perhiasan sudah benar-benar terendam sepenuhnya, berarti Anda telah menambahkan air secukupnya.

Tunggu air sampai dingin. Lanjutkan proses perebusan yang baik dengan menggosok setiap bagian perhiasan dengan sikat yang lembut, lalu mengelapnya kering dengan handuk yang lembut. Setelah itu, biarkan perhiasan kering sepenuhnya oleh udara.

Tips

• Simpan perhiasan emas Anda dengan cara tertentu untuk menghindari goresan. Masing-masing perhiasan harus disimpan dalam kantong kain sendiri secara terpisah.

• Anda dapat menghilangkan lemak membandel dari perhiasan emas dengan mencelupkan ke dalam alkohol 40%.

• Perlu diingat bahwa Anda selalu dapat membawa perhiasan Anda ke ahlinya untuk dibersihkan secara profesional.

• Bersihkan perhiasan emas Anda secara berkala, setidaknya 3 bulan sekali agar tetap terlihat mengkilau.


Terjawab sekitar 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang