Kenapa HP Xiaomi bisa menjual produknya dengan murah dan masih mendapatkan keuntungan? Apa strategi pasar mereka?

Dilihat 1,49 rb • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Saat ini, ponsel pintar Xiaomi adalah salah satu merek ponsel pintar yang cukup laris di pasaran. Xiaomi mampu menjual produk ponsel cerdasnya secara relatif lebih murah dibandingkan merek terkenal lainnya, seperti Samsung atau iPhone. 


Strategi pemasaran produk Xiaomi membuatnya mampu menjual produk dengan harga murah dan tetap memperoleh keuntungan. Perusahaan yang didirikan oleh Lei Jun ini mempercayai bahwa teknologi tinggi tidak menghabiskan biaya yang besar. 


Dengan konsep pemasaran yang dimilikinya, pada tahun 2013 produk ponsel pintar Xiaomi mampu terjual hingga 18 juta unit di sejumlah negara di kawasan Asia, seperti di Taiwan, Hong Kong, Singapura, Malaysia, Filipina, India, dan Indonesia.


Sejak berdiri sekitar 5 tahun yang lalu, Xiaomi sekarang telah berhasil menjadi perusahaan smartphone terbesar nomor 5 di dunia. Bahkan, di pasar ponsel pintar China, perusahaan ini mampu mengalahkan Samsung yang merupakan perusahaan ponsel pintar kelas dunia asal Korea. 


Keahlian pemasaran Xiaomi layak diacungi jempol, karena dengan produk yang berkualitas tinggi, Xiaomi berani menjualnya dengan harga yang lebih murah dibandingkan para pesaingnya. Dan hal ini membuat ponsel cerdas Xiaomi mampu menaklukkan pasar dunia. 


Xiaomi mampu menghilangkan stigma bahwa produk asal China hanyalah produk kelas bawah dan kualitas rendah. Produk Xiaomi adalah ponsel cerdas dengan spesifikasi tinggi namun dengan harga murah. Dan itulah salah satu kelebihan hp Xiaomi.


mi 4



Strategi Pemasaran Xiaomi


Xiaomi tidak menggunakan strategi pemasaran produk model tradisional dalam mengiklankan produknya, tetapi lebih bergantung pada pasar media sosial serta pemasaran dari mulut ke mulut. 


Xiaomi memanfaatkan internet, dan di sana harga yang ditawarkan bisa lebih murah. Ini adalah salah satu strategi pemasaran Xiaomi dalam menjual produk ponsel pintarnya juga produk gawai lainnya. Dengan konsep pemasaran seperti ini, Xiaomi dapat lebih langsung mencapai calon pelanggannya. 


Berkat strategi pemasaran Xiaomi yang tepat sasaran ini, menjadikan ponsel pintar Xiaomi sangat laku di pasaran. Harga produk yang dijualnya relatif murah, namun perusahaan masih tetap mendapatkan keuntungan. Selain itu, Xoami juga bertaruh dalam "Hukum Moore".


Tidak seperti produsen gawai besar lainnya yang memberhentikan model mereka setelah 6-8 bulan di pasar, Xiaomi tetap menjual produknya hingga 18-20 bulan setelah pertama kali diluncurkan. 


Artinya, menurut Moore, harga komponen pribadi akan turun selagi harga ponsel pintar serta gawai Xiaomi lainnya tetap konstan. Satu hal yang terpenting yang perlu dicatat bahwa Xiaomi adalah "perusahaan mobile internet", yang mana Xiaomi tidak hanya menjual perangkat keras saja, tetapi juga menjual beragam aplikasi, game dan sejumlah tema android khusus serta layanan internet dengan MIUI mereka yang custom. Sehingga saat ada masalah pada smartphone Xiaomi, kita bisa dengan cepat mendapatkan perbaikannya.


redmi 1s


Strategi pemasaran yang diterapkan oleh Xiaomi dalam menjual produknya secara murah namun tetap mendapatkan keuntungan terinspirasi oleh langkah yang dilakukan Amazon. 


Amazon sebagai salah satu e-commerce terbesar saat ini, telah berhasil menerapkan sebuah strategi harga yang sangat baik dan hal ini menginspirasi Xiaomi untuk mengambil strategi pemasaran produk yang sama. 


Xiaomi menjual produknya hanya untuk sekadar menutupi biaya produksi dan memperoleh keuntungan dari penjualan kontennya. Langkah Xiaomi untuk tidak berhubungan dengan distributor ataupun retailer, karena hubungan ini hanya akan membuat harga produk menjadi lebih mahal.


Xiaomi tidak sekadar menjual produk murah, melainkan menjual produk dengan kisaran harga yang terjangkau dengan spesifikasi teknologi tinggi dan kualitas terbaik. Hal ini dapat dilihat pada daya tahan produknya yang tidak mudah rusak, mampu bertahan relatif lama. Berbeda dengan produk gawai yang memang hanya mengusung label harga murah begitu saja, tanpa adanya jaminan kualitas terbaik. 


xiaomi hp


Selain itu, konsep pemasaran Xiaomi untuk tidak terburu-buru dalam berekspansi ke luar negeri adalah langkah yang sangat tepat. 


Di dalam negeri Xiaomi mampu mendominasi dan menguasai pasar. Dan setelah Xiaomi benar-benar memiliki dasar yang kuat di negeri asalnya, China, akhirnya perlahan langkah ekspansi produk ke manca negara pun dilakukannya. Xiaomi tidak terlalu banyak menghabiskan biaya dalam hal iklan produk, namun telah berhasil menjadi pioneer dalam flash sales, yaitu keberhasilan menjual produk dalam kuantitas terbatas serta dalam waktu yang juga terbatas. 


Slogan yang selalu digaungkannya adalah “kesempatan tidak datang dua kali.” Dan strategi ini terbukti sangat jitu dalam menarik minat konsumen serta berhasil membuat produknya sangat cepat laku. 


Selain itu juga menjadikan produknya banyak diperbincangkan orang di media sosial. Strategi pemasaran dari mulut ke mulut alias word of mouth marketing strategy telah berhasil membentuk kesuksesan dan kepopuleran nama Xiaomi di pasaran.


hp xiaomi



Mengapa Xiaomi Sangat Populer


Terdapat beberapa hal yang menjadikan kenapa Xiaomi sangat populer di pasaran


Selain karena penerapan strategi pemasaran produk yang tepat sasaran, konsep pemasaran yang menggunakan word of mouth marketing strategy juga sangat berperan. Sehingga konsumen akhirnya mengetahui keunggulan yang ditawarkan oleh Xiaomi. Jika dibandingkan dengan produk bermerek internasional lainnya, seperti Samsung, Apple, dan yang lainnya, Xiaomi berani menghadirkan produk berkualitas sama dengan harga yang lebih murah. 


Dalam hal kecanggihan produk, konsumen dapat melihat spesifikasinya dan membandingkan dengan merek terkenal lainnya.


Bagi sebagian orang yang lebih mementingkan kualitas daripada merek, mereka akan memiliki Xiaomi. Karena dengan harga yang lebih murah mereka bisa mendapatkan produk berkualitas yang sama dengan produk dari merek yang lebih terkenal, seperti Samsung atau Apple. 


Selain itu, kemampuan Xiaomi untuk menguasai pasar ponsel pintar di negara asalnya, China, juga merupakan salah satu faktor mengapa Xiaomi saat ini menjadi sangat populer. 


xiaomi ponsel pintar

Ciri khas unik Xiaomi, ponsel pintar dengan spesifikasi canggih yang dibanderol dengan harga terjangkau. Dan itu sangat berkesan pada sebagian besar konsumen di Indonesia. Hal itu pula yang membuat kenapa orang-orang lebih memilih Xiaomi dibandingkan dengan iPhone


Stigma bahwa produk asal China hanyalah produk asal-asalan dan gampang rusak pun akhirnya dipatahkan oleh sepak terjang Xiaomi.

Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang