Bagaimana Indonesia dapat meningkatkan ekonominya?

Dilihat 246 • Ditanyakan 9 bulan lalu
1 Jawaban 1

Indonesia bisa meningkatkan ekonominya dengan melakukan diversifikasi sektor-sektornya. Ekonominya terlalu banyak bergantung pada sektor primer seperti ekspor minyak kelapa sawit dan batubara. Harus lebih fokus pada peningkatan sektor sekunder dan tersier. Sebagai tambahan Indonesia perlu berinvestasi lebih banyak pada infrastrukturnya. Selain di Jawa dan Sumatera, infrastruktur adalah lelucon di Indonesia. Bahkan di Jawa, infrastruktur sangat minim dibandingkan pada Malaysia dan Singapura. Untuk tambahannya, Indonesia perlu menghilangkan korupsi mereka. Perlu menghilangkan nepotisme dan suap agar meningkatkan efisiensi birokrasinya.

Tanjung Priuk yang merupakan pelabuhan terbesar di Indonesia adalah pelabuhan di Asia Tenggara yang paling tidak efisien. Kebanyakan pejabat publik menginginkan 'hadiah' untuk memproses sesuatu dengan cepat contohnya: paspor, kartu identitas. Tanpa 'hadiah' akan makan waktu sangat lama bagi pemerintah untuk memprosesnya. Para pekerja Indonesia juga tidak begitu produktif, pemerintah harus meningkatkan produktifitas para pekerja Indonesia supaya mereka bisa memperoleh penghasilan yang lebih tinggi untuk meningkatkan standar hidupnya, karena makin banyak pekerja yang produktif bermanfaat bagi perekonomian.

Hal itu mengacu pada edukasi. Edukasi juga perlu ditingkatkan, konstitusinya perlu meminta anggaran pada pemerintah sebesar 20-25% untuk edukasi. Namun, sistem pendidikan di Indonesia masih di rangking yang sangat rendah dibandingkan seluruh negara di dunia. Hal ini karena mentalitas orang-orang Indonesia, baik siswanya dan gurunya.

Para guru disini mengajar murid-muridnya dengan sikap diktator. Murid-murid mungkin tidak menanyakan apa yang dikatakan sang guru dan mereka belajar menggunakan hafalan. Hal ini tidak mendidik pemikiran kreatif dan keahlian analisis. Murid-murid juga memandang pendidikan sebagai jalan untuk meraih gelar diploma, mereka tidak memandang pendidikan sebagai jalan untuk meningkatkan keahlian seseorang dan memuaskan rasa penasaran seseorang.

Indonesia mungkin juga harus meningkatkan teknologinya, teknologinya tertinggal diantara negara-negara lainnya akibat negara asing masih menambang sumber daya alamnya. Royalti yang diberikan untuk Indonesia tidak signifikan dibanding nilai total sumber daya yang ditambang.

Indonesia mengekspor minyak mentah yang diolah oleh Singapura untuk kemudian diekspor kembali ke Indonesia, akibatnya kita kehilangan uang saat kita mengekspor. Indonesia harus mulai membangun kilang minyak untuk memaksimalkan sumber dayanya supaya dapat menjual minyak olahan yang lebih bernilai ketimbang minyak mentah.

Indonesia juga perlu menegakkan pelaksanaan hukumnya karena pelaksanaan hukum di Indonesia itu lemah. Orang-orang bisa menghindari hukum selama mereka punya kekuasaan dan uang. Ini perlu diubah, perlu ada bongkar total dalam pelaksanaan hukum.

Investasi Asing Langsung juga perlu ditingkatkan dalam negara karena pemerintah tidak memiliki cukup anggaran publik untuk diinvestasikan dalam bentuk proyek infrastruktur di seluruh penjuru negeri.

Singkatnya Indonesia harus melakukan banyak hal. Semoga negara saya akan menjadi lebih baik suatu hari nanti.

Terjawab 8 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang