Bagaimana jet tempur bisa mengunci dan terus mengintai sebuah pesawat terbang musuh?

Dilihat 6,73 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Tidak bisa dipungkiri, kekuatan militer merupakan salah satu pilar penting bagi kedaulatan Negara. Militer disebut sebagai harga diri suatu bangsa. Bagaimana tidak, Kekuatan militer menjadi salah satu barometer kekuatan suatu Negara. Suatu negara yang memiliki kekuatan militer yang kuat, cenderung memiliki pengaruh yang kuat pula di mata dunia, begitu pula sebaliknya. Hal tersebut terjadi karena Negara yang memiliki organisasi militer yang kuat dipandang lebih berpotensi untuk menjadi sekutu apabila peperangan pecah di waktu yang tak terduga. Maka dari itu, hampir semua negara diseluruh dunia dari belahan bumi utara hingga bumi selatan berlomba-lomba dalam membangun kekuatan militer baik dari sisi alutsista maupun personel.




Indikasi kekuatan militer sebuah negara dapat dilihat dari teknologi militer yang dikembangkannya. Salah satunya adalah pesawat tempur. Siapa yang tidak mengenal pesawat tempur? teknologi militer yang satu ini sangat berperan penting untuk menjaga stabilitas keamanan suatu negara. Bahkan teknologi pesawat yang satu ini sangat bisa digunakan untuk menggertak negara lain agar tidak mengusik keamanannya. Seperti halnya di Indonesia, kekuatan militer negeri ini sangat disegani karena teknologi militernya yakni pesawat tempur buatan Indonesia merupakan salah satu yang terbaik.


Pesawat Tempur Indonesia


Seperti yang sudah dijelaskan bahwa setiap negara yang memiliki organisasi militer sangat membutuhkan adanya pesawat tempur. Untuk menakuti lawannya, setiap negara dengan bangga menunjukkan, “inilah pesawat tempurku”. Oleh karenanya, kemapanan teknologi pesawat tempur ini makin gencar ditingkatkan hingga ke tahap yang paling mutahir di dunia.”


Tidak terkecuali dengan pesawat tempur buatan Indonesia, sebagai negara ketiga terbesar didunia dalam aspek teritori daratan dan lautan, Indonesia sangat memerlukan armada udara yang kuat untuk mengontrol dari udara dalam rangka menjaga kedaulatan negara. Tak banyak negara yang bisa membuat pesawat, dan tak lebih dari 10 negara yang bisa membuat pesawat tempur. Kini Indonesia hendak masuk deretan negara elite pembuat pesawat tempur tersebut.


Apakah kamu tahu pesawat tempur jenis F16? Tentu kehebatan dan kecanggihannya sudah tidak asing lagi bagi warga dunia. F16 adalah pesawat tempur buatan Amerika Serikat, dan kecanggihannya bisa dikatakan di atas rata-rata. Tak tanggung-tanggung, bekerja sama dengan Korea Selatan akan menciptakan jet tempur generasi 4,5 dengan kemampuan hampir setara dengan pesawat tempur siluman (stealth fighter) generasi 5. Dengan bangga Indonesia dan Korea Selatan menjamin bahwa KFX/IFX ini teknologinya akan jauh lebih canggih dibandingkan dengan pesawat tempur F16 tersebut. Bahkan kabarnya Amerika sempat khawatir dengan kerjasama bilateral kedua negara ini kelak akan dapat mengalahkan kekuatan militernya

.

Bagaimana Jet Tempur Bisa Mengunci dan Terus Mengintai Sebuah Pesawat Terbang Musuh?


Dalam terminologi militer, jet tempur merupakan teknologi yang selalu dikembangkan dalam pertahanan sebuah negara. Karena jet tempur dapat mengunci dan menembak tepat sasaran meskipun dari jarak yang sangat jauh. Mengunci dalam hal ini (rudal) adalah dimana rudal tahu posisi targetnya. Istilah mengunci digunakan untuk menandai target yang telah dipastikan agar rudal yang telah ditembakkan tidak meleset dari sasaran. Dalam penerapannya tehnologi pengunci ini telah memperhitungkan bagaimana mencapai target itu sehinga siap untuk ditembakkan. Proses penguncian ini bisa melibatkan beberapa perlengkapan:


• Avionik




Avionic adalah singkatn dari Aviation of Electronic. avionic secara lebih lengkapnya adalah suatu sistem elektronika yang diterapkan pada pesawat terbang yang berguna untuk menuntun dan memudahkan pekerjaan crew pesawat selama penerbangan mulai dari tinggal landas (take off), terbang(flight) sampai pada saat mendarat (landing). Peralatan inilah yang ada di dalam kokpit pesawat yang akan menjadi indikator, dan dikontrol oleh seorang pilot pesawat tempur.


Sistem avionik merupakan peralatan elektronik penerbangan yang mencakup seluruh sistem elektronik yang dirancang untuk digunakan di pesawat terbang. Sedangkan pada pesawat tempur, Avionik merupakan peralatan ang berhubungan dengan sistem navigasi, komunikasi, dan persenjataan.

Sistem avionik berkembang sejalan dengan berkembangnya teknologi elektronik. Pada awalnya instrumen-instrumen pada pesawat terbang seperti radio, radar, sistem bahan bakar dan navigasi masih menggunakan sistem mekanis. Sejalan dengan makin berkembangnya dunia penerbangan, avionik makin memperluas cakupannya ke bidang lain seperti pengendalian mesin pesawat, peringatan dini) dan berbagai peralatan pembantu seperti peralatan pengendalian roda pendarat (landing gear), pengendalian temperatur dan tekanan udara di kabin (cabin pressure), pengendalian pesawat (flight control) dan pengendalian noise/kebisingan di dalam pesawat.


• Radar




Istilah radar pertama kali digunakan pada tahun 1941, menggantikan istilah dari singkatan Inggris RDF (Radio Directon Finding), Radar Dalam bahasa Inggris merupakan singkatan dari Radio Detection and Ranging, yang berarti deteksi dan penjarakan radio. Radar adalah suatu sistem gelombang elektromagnetik yang berguna untuk mengintai lawan dalam jarak jauh serta mengunci sasaran lawan. Keunggulan dari pemancar ini adalah ketepatannya dalam mendeteksi keberadaan sasaran, tidak peduli dalam keadaan cuaca apapun. Keunggulan lainnya adalah bahwa gelombang ini dapat ditangkap menggunakan antena yang lebih kecil, sehingga radar dapat dipasang di pesawat terbang dan benda-benda lainnya.


Konsep sistem kerja radar adalah mengukur jarak dari sensor ke target dengan pantulan gelombang elektromagnetik yang dipancarkan kemudian diterima. Ukuran jarak tersebut didapat dengan cara mengukur waktu yang dibutuhkan gelombang elektromagnetik selama penjalarannya mulai dari sensor ke target dan kembali lagi ke sensor. Radar digunakan untuk mendeteksi dan menentukan lokasi suatu target berdasar karakteristik. Sistem radar ini biasanya dimanfaatkan untuk pertahanan dan penyerangan udara dalam dunia militer.


RUDAL


Hingga kini, rudal adalah senjata nomer satu yang dipakai saat perang. rudal disebut juga peluru kendali. Karena rudal adalah sistem senjata yang menggunakan sistem pengendali terarah untuk menuju target. Sistem pengendali atau sistem pembimbing rudal untuk memandu rudal ke target yang paling umum adalah dengan menggunakan beberapa bentuk radiasi, seperti inframerah, laser atau gelombang radio.


Rudal yang sudah dilengkapi dengan dengan pemandu GPS tersebut berkerja dengan cara meneruskan sinyal dan posisi armada bergerak kepada Base Station (BS). Teknologi satelit ini akan melakukan pencitraan terhadap objek yang ada di bumi yang selanjutnya akan diinformasikan kepada BS. BS selanjutnya melakukan kalkulasi pencitraan ini, selanjutnya diteruskan terhadap rudal yang sudah dilengkapi dengan GPS. Selanjutnya tinggal menentukan titik sasaran yang akan dituju. Begitulah cara pesawat tempur mengintai dan mengunci pesawat musuh. 


Itulah pemaparan mengenai pesawat tempur. Sebuah kemajuan teknologi sekali lagi akan diperlihatkan oleh Negara kita Indonesia dan akan menjadi satu-satunya Negara di Asia Tenggara yang akan membuat pesawat tempur sekelas pesawat dunia. Pesawat tempur buatan Indonesia akan menghiasi angkasa dan turut dalam menjaga kedaulatan Negara tercinta. Sebuah kebanggaan yang luar biasa untuk anak bangsa apabila dapat ikut andil dalam pembuatan sekaligus pengembangan pesawat tempur.


Kita harus bangga telah menjadi bagian dari negara ini yang selalu berjuang menjadi yang terbaik dalam segala hal. Karena kalau bukan kita lalu siapa lagi yang akan membanggakan negeri ini. Jayalah Indonesiaku dan terbanglah pesawat tempurku !!


Terjawab sekitar 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang