Bagaimana cara memperbaiki laptop HP yang tidak mau nyala?

Dilihat 3,78 rb • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Komputer adalah salah satu hasil dari teknologi yang bisa membantu kita dalam mengerjakan banyak hal, mulai dari berkomunikasi, menonton film, mendengarkan musik, mengetik, dan lain-lain. Bahkan kini komputer telah berinovasi menjadi sebuah perangkat yang lebih kecil dan praktis yang sering kita kenal dengan nama laptop. 


Alat teknologi berlandaskan komputer ini kini menjadi salah satu kebutuhan pokok bagi banyak orang. Tetapi terkadang banyak orang yang kebingungan saat laptop mati total yang tentunya akan sangat menganggu pekerjaan seseorang. Apalagi jika kita tidak mempunyai pengetahuan dasar tentang perangkat komputer ini. 


Nah, ketika laptop tiba-tiba mati, apakah yang terjadi? Jangan panik dan langsung membawanya ke tempat service, kita bisa mencoba untuk memperbaikinya sendiri terlebih dahulu!  



Laptop salah satu inovasi dari komputer

Kelebihan dan Kelemahan Laptop HP


Varian laptop HP dikenal sangat beragam sehingga bisa disesuaikan dengan budget dan juga tujuan penggunaannya. Laptop dari Hp juga menawarkan berbagai desain dan juga tampilan warna yang menarik sesuai dengan selera penggunanya. 

Walaupun merupakan salah satu merk laptop yang ternama, tetap saja laptop HP memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri seperti halnya beberapa merk laptop lainnya. 


Berikut adalah beberapa kelebihan dan juga kelemahan yang ada pada laptop HP yang bisa menjadi bahan pertimbangan anda sebelum memilihnya:


1. Kelebihan laptop HP 


  • Konstruksinya yang sangat kokoh sehingga tidak perlu khawatir jika memang terbentur ataupun laptop tidak sengaja terjatuh. Biasanya laptop HP akan lebih kuat terhadap benturan, namun tetap anda harus berhati-hati dalam pemakaiannya. 
  • Tersedia beberapa warna yang ditawarkan oleh laptop HP seperti silver, merah, dan putih. Warna-warna tersebut juga memiliki kualitas yang tinggi sehingga tidak mudah pudar. 
  • Harganya bisa dibilang terjangkau, laptop Hp juga selalu memberikan paket pembelian menarik pada para pembelinya. Untuk pembelian satu unit laptop, biasanya akan diberikan dua buah charge, CD/DVD, buku petunjuk, dan juga fasilitas untuk recovery hardisk.
  • Laptop HP didukung oleh software yang stabil disertai proses instalasi yang cepat sehingga bisa menghemat waktu anda ketika akan memasukan software pada laptop HP.

2. Kelemahan laptop HP


  • Laptop HP biasanya lebih cepat panas. Apalagi saat digunakan untuk bermain game, laptop merk ini akan lebih cepat overheat. Terlalu panas seringkali menjadi penyebab laptop mati total.
  • Merk ini sangat peka terhadap temperatur di sekitarnya, apalagi pada temperatur tinggi bisa mencapai 900 derajat celcius. 
  • Laptop HP juga sering menjalankan software secara otomatis, padahal fungsinya tidak terlalu penting sehingga akan sangat lamban jika kita ingin melakukan restart pada laptop HP. Hal ini karena kita harus menunggu software yang berjalan otomatis tersebut berjalan dengan sempurna terlebih dahulu. 


Laptop merk HP


Permasalahan yang Sering Terjadi Pada Laptop HP


Laptop umumnya memiliki bobot yang jauh lebih ringan dan tentunya praktis untuk dibawa ke manapun tanpa merasa kerepotan saat membawanya.


Walaupun hampir menyerupai komputer, laptop memiliki beberapa kelemahan dibandingkan dengan komputer, seperti ruang penyimpanan yang lebih kecil, tidak dapat digunakan 24 jam nonstop, prosessor tidak tahan lama, dan masih banyak lagi. 


Maka dari itu, tidak selamanya laptop yang kita gunakan akan selalu berjalan dengan baik dan lancar tanpa masalah.


Sama halnya dengan laptop HP yang juga memiliki kelamahannya jika dibandingkan dengan penggunaan komputer. Ada saja beberapa hal menjengkelkan yang umum kita hadapi sebagai pengguna laptop, contohnya ketika tiba-tiba laptop mati total


Laptop yang mati total tidak bisa menjalankan power supply-nya atau dikenal dengan system power down, dan juga sama sekali tidak ada respon saat laptop ditekan tombol powernya. 


Berbeda halnya dengan laptop tiba-tiba mati saat digunakan, karena ini bis aterjadi karena baterai yang habis atau sistem restart secara otomatis. 


Tentunya akan sangat menjengkelkan, apalagi ketika laptop HP mati total pada saat kita sedang mengerjakan sesuatu dan tidak sempat menyimpan datanya.


Permasalah yang biasanya terjadi pada laltop

Sebelum membawa laptop HP anda yang mati total ke tempat service, ada baiknya anda mengetahui beberapa faktor umum yang membuat laptop mati. 


Dengan mengetahui hal ini anda bisa mencoba memperbaikinya sendiri sebelum anda membawanya ke tempat service. Mungkin saja terjadi masalah yang sebenarnya tidak perlu membawa laptop HP anda ke tempat service dan anda bisa memperbaikinya sendiri. 


Berikut ini adalah beberapa hal yang menyebabkan sebuah laptop mati total serta cara mengatasinya:


1. Terdapat Masalah pada Baterai


Laptop mati total bisa disebabkan ketika anda menyalakan laptop tanpa adaptor yang tersambung ke aliran listrik atau anda menyalakan laptop HP anda dengan bantuan baterai saja. 


Kemungkinan baterai pada laptop anda telah kehabisan daya. Solusinya dengan mencoba men-charge laptop HP anda dan biarkan terlebih dahulu beberapa saat sebelum dinyalakan. 


Perlu beberapa waktu untuk mengisi kembali supply daya pada baterai. Jika baterai laptop HP sudah terisi daya namun tetap tidak mau menyala, cobalah untuk melepaskan baterai dari laptop HP anda dan nyalakan laptop dalam keadaan kabel adaptor tersambung ke aliran listrik. 


Jika laptop anda bisa menyala, dapat dipastikan kalau kerusakan terjadi pada baterai laptop HP anda.



Permasalah pada baterai laptop

2. Permasalah pada RAM


Jika lampu indikator dan kipas pada laptop HP anda menyala namun tidak ada tampilan apapun pada layar atau blank, maka kemungkinan besar terjadi masalah pada RAM laptop HP anda. 


Menambah RAM juga adalah salah satu cara menambah kecepatan pada laptop HP, namun hal ini tetap harus memperhatikan segi kepasitas maksimal laptop HP anda. 


Karena kapasitas penyimpanan yang melebihi batas maksimal RAM terkadang menimbulkan kerusakan pada RAM, yang juga bisa menimbulkan beberapa masalah pada laptop. 


Permasalah pada prosessor


3. Permasalahan pada Processor


Processor dikenal sebagai komponen inti pada laptop, jika terdapat masalah pada processor maka semua sistem yang ada pada laptop juga akan mengalami masalah. 


Untuk mengeceknya, anda bisa coba untuk membersihkan semua debu dari fan processor serta heatsink, juga membersihkan saluran pembuangan angin pada laptop. Jika tetap belum ada perubahan, anda bisa mencoba menggunakan processor lain untuk memastikannya.


4. Adaptor yang Bermasalah.


Laptop yang mati total juga bisa disebabkan karena adaptor yang bermasalah atau bahkan rusak. 


 Untuk memastikannya, anda bisa mengecek lampu indikator. Jika lampu adaptor tidak menyala, periksa sambungan kabel adaptor anda, kerusakan pada kabel adaptor bisa disebabkan karena pemakaian adaptor yang tidak hati-hati. 


Untuk itu, anda harus membiasakan untuk lebih berhati-hati dalam menggunakan dan menyimpan adaptor laptop anda.



Laptop tiba-tiba mati


Penyebab Laptop HP Mati Tiba-Tiba Ketika Digunakan


Ini bukan saja bisa terjadi pada laptop HP tetapi juga sering menjadi permasalah umum pada laptop merk lainnya. 


Cara mengatasi laptop HP yang mati tiba-tiba pun bermacam-macam, tergantung dari pemicunya. Hal ini tidak kalah menjengkelkan dengan laptop yang mati total ketika dihidupkan. Laptop mati tiba-tiba saat digunakan bisa sangat mengganggu terutama laptop mati ketika anda belum menyimpan pekerjaan anda atau ketika anda belum menyelesaikan proses download. 


Sama seperti keadaan laptop mati total anda bisa melakukan beberapa cara untuk memastikannya sebelum membawanya ke tempat service. 


Berikut adalah beberapa penyebab laptop yang tiba-tiba mati dan cara mengatasinya yang bisa anda coba: 


Pentingnya pemakaian cooling pad pada laptop


1. Suhu yang Terlalu Panas atau Overheat


Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, bahwa salah satu kelemahan yang dimiliki laptop HP adalah lebih cepat panas bahkan overheat ketika digunakan secara terus-menerus. 


Selain itu, salah satu penyebab suhu laptop HP naik adalah ketika meletakkan laptop di permukaan yang empuk seperti kasur, hal ini menyebabkan sirkulasi udara pada laptop HP anda tersumbat dan udara panas sulit keluar. Inilah yang kemudian menyebabkan hardware di dalamnya menjadi panas sehingga menyebabkan laptop anda mati secara tiba-tiba. 


Solusi untuk laptop HP yang overheat, anda bisa meletakkan laptop HP pada permukaan yang rata dan keras seperti di atas meja agar sirkulasi udara pada laptop anda tidak terganggu. Hindari meletakkan laptop diatas paha, bantal, dan tempat tidur. 


Jika laptop HP anda masih mengalami overheat bahkan setelah disimpan di permukaan yang keras dan rata, cobalah untuk menggunakan cooling pad agar sirkulasi udara lebih cepat terganti. 


Akibat laptop berdebu

2. Laptop yang Berdebu


Debu yang menempel juga bisa menghalangi sirkulasi udara pada laptop anda sehingga menjadikan laptop HP semakin cepat panas dan tiba-tiba mati pada saat sedang digunakan. 


Laptop HP akan mati secara mendadak ketika hardware yang terdapat di dalamnya tidak dapat bertahan akibat panas. 

Untuk mengatasinya, anda bisa coba untuk membongkar laptop HP yang anda miliki lalu bersihkan debu-debu yang menempel pada setiap bagian yang ada. Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan kuas yang lembut. 


Saat anda membersihkannya, pastikan juga untuk membersihkan bagian saluran udaranya juga.


-

 

Meskipun hal-hal di atas sudah umum terjadi pada pengguna lainnya laptop, alangkah lebih baik lagi jika anda sebagai pengguna laptop bisa merawat laptop anda dengan baik sehingga bisa menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. 


Beberapa cara untuk merawat laptop anda yaitu: 

  • Tidak menggunakan laptop untuk bermain game dengan kapasitas yang terlalu berat dan tidak sesuai dengan spesifikasi laptop.
  • Jauhkan minuman dari laptop untuk mencegah tumpahnya minuman tersebut ke laptop anda.
  • Tidak menindih laptop dengan barang yang berat. 
  • Membersihkan layar laptop HP secara rutin.
  • Menjauhkan laptop HP anda dari sinar matahari.
  • Tidak sembarangan mengunduh software dari internet. 


Intinya, merawat laptop dengan baik adalah salah satu cara untuk menghindari kerusakan yang terjadi pada laptop HP anda. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda untuk menambah pengetahuan mengenai cara mengatasi laptop HP yang tiba-tiba mati. Selamat mencoba!!

Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang