Bagaimana kamu menyetarakan resep ketika kamu ingin menambahkan bahan lain (jus lemon dan yogurt) sesuai keinginanmu namun tidak kebanyakan dan rasanya enak?

Dilihat 2,02 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Kamu bisa melakukannya dengan menyamakan jumlah cairan yang akan ditambahkan. Tapi memang tidak sesederhana itu. Karena setiap cairan (seperti jus atau yogurt) punya karakteristiknya masing - masing dan kamu tidak bisa sembarang menggantinya dengan jenis lain. Mengurangi jumlah salah satu cairan / bahan kur mungkin tidak bisa dilakukan ketika kamu membuat jenis kue custard (seperti cheesecake, lemon tart, egg tart, dan sejenisnya) karena tidak ada yang bisa dikurangi dari resep kuenya.


Resep kue kering juga bisanya tidak bisa sembarang diganti begitu saja (misalnya kamu mau mengganti gula yang diinversi). Dalam kasus ini, kamu hanya perlu melakukannya dengan beberapa teknik (membekukan, memasak dari bagian bawah rak, dll). Kalau kamu membuat roti, yang dibuat dari tepung, air dan ragi, mengganti air dengan cairan lainnya bisa merusak rotimu. Kalau kamu menambahkan gula yang diinversi dan mengurangi jumlah air, hal ini juga bisa merusak adonan rotimu, karena adonan jadi kurang merekat. 


Hal yang paling penting adalah, ada banyak cara untuk menambahkan cairan ke dalam adonan kue dan kamu tidak harus selalu mengurangi bahan / cairan yang memang sudah seharusnya digunakan untuk membuat kue. Kalau kamu menyebutkan secara spesifik kue yang akan kamu buat, mungkin saya bisa memberi jawaban yang lebih membantu.  



Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang