Bagaimana kapasitas paru-paru dihitung sebagai indikator kesehatan dan olahraga?

Dilihat 221 • Ditanyakan 8 bulan lalu
1 Jawaban 1

Kenapa kamu tidak butuh dan tidak bisa "menambah kuat" paru-paru mu ketika orang lain bilang mereka sedang menambah kuat paru-paru mereka, sebenarnya mereka menguatkan sistem kardiovaskular mereka. Berlawanan dengan kepercayaan umum, tidak ada cara untuk meningkatkan kapasitas paru-paru mu.

Saat berlatih sistem kardiovaskular mu berubah drastis, paru-paru mu tetap tak terjamah. Sebagai perbandingan, paru-paru lebih superior daripada seluruh bagian kardiovaskular mu dan tak butuh untuk ditingkatkan. Memaham VO2max. VO2max mu adalah tingkat maksimum tubuhmu menghirup udara. Bisa diukur dengan dua cara: absolut dan relatif. Ketika bicara VO2max , kita biasa bicara dengan cara relatif karena ukuran tubuh atlet berbeda dan mempengaruhi seberapa banyak oksigen yang dihirup. Contoh: VO2max relatif dari atlet olimpiade sekitar 63 mL/kg/min diatas orang rata-rata.

Tapi itu tak begitu tinggi jika dibanding atlet lain seperti penjelalah, pesepeda yang memiliki VO2max sebesar 80 mL/kg/min. Jika diubah ke liter per menit (L/min), VO2max pendayung sebesar 6.5 L/min dan pesepeda hanya 5.5 L/min.

Pesepeda relatif lebih banyak menghirup udara karena dia lebih kecil dan mengkonsumsi oksigen lebih per kilogram dari berat badan. Pedayung mengkonsumsi oksigen lebih banyak karena ia lebih besar tubuhnya. Sebagai catatan, pria rata-rata pada awal 20 tahun memiliki VO2max sebesar 45 mL/kg/min atau 3.5 L/min. Lalu apa hubungannya dengan tidak bisa meningkatkan kapasitas paru-paru mu?

Maximum voluntary ventilation (MVV) adalah jumlah udara yang melewati paru-paru mu ketika kamu bernafas sekencang-kencang nya. Atlet yang sangat fit hanya mencapai 80-85% MVV mereka pada VO2max. Artinya ketika mereka memaksakan dirinya sampai batas maksimal, mereka masih bisa bernafas lebih kencang.

Jadi mengapa kita bernafas sangat kencang? karena ada kebutuhan untuk menghembuskan CO2. Kemampuanmu menghirup udara dibatasi oleh kapasitas darah mendistribusikannya dan kemampuan ototmu untuk menyerapnya. Ada satu makluk yang bisa meningkatkan paru-parunya yaitu kuda peranakan yang didapat melalui seleksi ratusan tahun dan tak akan bisa terjadi di alam liar.

Intinya adalah tetap aktif seperti kata fisiologis Inggris Sir Joseph Barcroft saat berhenti kereta api hanya seonggok besi. Jika kamu percaya Tuhan maka dia tidak menciptakan kita utuk menjadi malas dan gemuk.

Terjawab 12 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang