Bagaimana kelebihan glucocorticoids (dari stres) menyebabkan maag/obat maag (jelaskan secara teknis)?

Dilihat 751 • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Fungsi gas-maag dari corticosteroid akibat dari endogen (stress) atau eksogen (obat), sangat kontroversi dan belum terbukti. Patogen dari stres maag dalam pasien yang parah adalah karena sakit dari robeknya batas mucosal lambung, yang diisi hipoksia, hipotensi, kurang perfusi, sepsis dan gangguan lain dalam metabolisme.

Karena itu prostaglandin E2 bekerja sebagai reseptor E3 yang menyebabkan penurunan sekresi asam lambung dan meningkatkan batas mukosa lambung.

Blokade PGE2 secara sintesis adalah efek sampin dari obat maag yang anti steroid dan anti inflamasi dan corticosteroid, keduanya menyerang jalur siklooksigenase. Penelitian yang mempelajari peran siklooksigenase dalam asam lambung menemukan luka diskrepansi. Penelitian terhadap hewan menunjukkan penurunan aktivitas produksi mukosal yang dikaitkan dengan pengobatan corticosteroid.

Studi kasus menyatakan kalau corticosteroid menyebabkan peningkatan resiko maag (1.1), dimana penggunaan corticosteroid dan NSAID yang bertambah akan lebih beresiko.

Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang