Bagaimana ketahanan body buildingmu?

Dilihat 229 • Ditanyakan 8 bulan lalu
1 Jawaban 1

Ini sebenarnya pertanyaan yang sederhana, tapi ada banyak aspek dalam jawabannya. Misalnya, cobalah pikirkan sistem - sistem yang terlibat dalam berlari. 

  • Seberapa baik kamu mendistribusikan oksigen dari paru - paru ke dalam aliran darah?
  • Berapa banyak darah yang dialirkan per menit melewati otot - ototmu?
  • Seberapa baik tubuhmu mengantarkan oksigen dari aliran darah ke otot - ototmu? 
  • Seberapa efisien tubuhmu dalam mengubah glikogen menjadi energi? atau lemak?
  • Dan seberapa efisien otot - ototmu? 
  • Apakah otot- ototmu membutuhkan lebih banyak atau lebih sedikit energi untuk bekerja dibanding dengan para atlet? Atau dari yang dulu kamu butuhkan?
  • Seberapa baik tubuhmu mengeluarkan zat - zat dalam otot yang meninbulkan ketidaknyamanan?

Ada banyak sistem yang memainkan peranan. Ada lebih dari satu hal yang menentukan daya tahan. Kunci dari bagaimana meningkatkan daya tahan sebenarnya cukup sederhana. Ada sebuah konsep dalam biologi (sebenarnya, dalam semua ilmu) yang disebut "homeostasis". Pada tubuh manusia, homeostasis merupakan kekuasan utama tubuh.


Homeostasis berarti tubuh berusahan menjaga tubuhmu agar tetap berada dalam rentang yang sama. Misalnya, suhu tubuhmu adalah 37 dC. Jika suhu tubuhmu meningkat, tubuhmu akan berusaha keras untuk mengembalikannya ke 37 C. Setiap kali kamu melakukaan sesuatu yang membuat tubuhmu menjauh dari kondisi yang dianggapnya normal untuk jangka waktu yang lama, tubuhmu akan beradaptasi dengan cara yang lebih baik untuk menjaga tubuhmu dalam zona normal lain kali.


Kalau kamu berlari dengan kencang selama satu jam, kamu akan merusak otot - ototmu, kehabisan glikogen, mulai membakar bahan bakar lain (misalnya lemak), kekurangan oksigen, dan seterusnya. Ada banyak kemungkinan yang bisa terjadi. Ketika kamu selesai, tubuhmu akan berkerja keras untuk membentuk lebih banyak otot agar dapat bertahan dengan lebih baik ketika kamu berlari lain kali. Paru - parumu akan beradaptasi dan dapat mendistribusikan oksigen dengan lebih baik ke dalam aliran darah. Jantungmu akan memompan darah dengan lebih baik. Darahmu akan menjadi lebih kental. Dan seterusnya.


Setelah jangka waktu tertentu (6 - 12 minggu), kalau kamu berolahraga dalam porsi yang tepat dan dan menyisihan waktu untuk berisitirahat untuk memberikan ruang bagi tubuhmu untuk beradaptasi dan berkembang, kamu akan merasaan daya tahanmu meningkat. Kuncinya adalah menemukan latihan yang paliang efektif dan efisien untuk mencapai daya tahan yang kamu inginkan.


And so on. After a period of time (6-12 weeks) if you do the right kind of training in the right amounts AND if you also take down days to let the body adapt and grow, you will find your endurance will be much higher. The key is knowing what exercises are the most efficient and effective at achieving the adaptations you are looking for.

Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang