Bagaimana kita bisa membangun rumah dengan desain yang biayanya murah?

Dilihat 1,99 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Seperti yang kita ketahui untuk mendapatkan kehidupan yang layak manusia dituntut untuk memiliki tiga hal yaitu sandang, pangan, dan papan. Sandang meliputi pakaian yang kita kenakan yang berfungsi untuk menutupi bagian-bagian tubuh yang tidak semestinya terlihat. Selanjutnya adalah pangan, pangan yang dimaksud adalah makanan. Tanpa makanan, seseorang tidak akan bisa bertahan hidup, hal inilah yang menjadikan pangan atau makanan menjadi hal yang sangat penting bagi manusia. Yang terakhir yaitu papan, papan yang dimaksudkan adalah hunian atau tempat tinggal. Sayangnya tidak semua orang yang mempunyai kesempatan untuk memiliki sebuah rumah mereka sendiri dikarenakan biaya bangun rumah yang dianggap sangat tinggi. 


Pentingnya memikili rumah


Pentingnya Memiliki Sebuah Rumah


Banyak orang yang berpikir dua kali sebelum membeli sebuah rumah impian mereka. Walaupun banyak orang yang menyadari bahwa memiliki sebuah rumah itu penting namun banyak sekali orang yang lebih mengutamakan kebutuhan lain selain membeli rumah terlebih dahulu. Mereka lebih memilih untuk mengontrak sebuah rumah atau menyewa sebuah apartemen daripada memutuskan untuk membeli rumah. Padahal terdapat beberapa keuntungan memiliki rumah sendiri diantaranya adalah membuat keluarga anda merasa nyaman dan juga memiliki segi investasi yang akan berguna di masa depan. Rumah adalah kebutuhan utama dan daripada setiap saat seseorang harus mengeluarkan uang untuk membayar sewa rumah sebaiknya uangnya digunakan untuk menabung untuk masa depan. Seseorang yang hidup tanpa tempat tinggal bisa dikatakan bahwa hidupnya belum layak, hal inilah yang menjadikan tempat tinggal atau rumah wajib dimiliki. Fungsi dari rumah ini sendiri selain sebagai tempat tinggal bagi mereka, rumah adalah harga bagi seseorang yang telah bekeluarga untuk membesarkan anak-anak mereka. 


Biaya bangun rumah


Meskipun begitu biaya bangun rumah memang tidak murah, hal ini yang menjadikan masih banyak orang yang kehidupannya belum layak belum memiliki rumah sampai saat ini. Itu termasuk salah satu faktor yang mempengaruhi mengapa seseorang belum juga memiliki tempat tinggal mereka sendiri. Sedangkan, untuk harga rumah yang sudah dibangun juga sangat mahal mulai dari harga puluhan hingga ratusan juta, bahkan ada yang sampai milyaran tergantung dari besar kecilnya rumah dan lokasi. Letak yang strategis dari sebuah rumah juga bisa menjadikan harga sebuah rumah menjadi sangat mahal. Selain itu, bagi sebagian orang daripada membeli sebuah rumah yang sudah jadi, lebih banyak yang memutuskan untuk membangun sendiri rumah yang hendak ditempati. Membangun sendiri rumah yang akan anda tinggali memiliki banyak keuntungan, diantaranya anda bisa menyesuaikan desain rumah dan luas bangunan dengan konsep yang anda dambakan. Selain itu, anda bisa mencoba menghemat biaya bangun rumah dengan cara mengkonsultasikannya dengan sang arsitek dalam memilih bahan atau properti sesuai budget yang anda miliki. 


Biaya membangun rumah


Namun, dalam membangun sendiri rumah yang hendak anda tinggali juga memiliki beberapa kerugian. Kerugian tersebut diantaranya biaya bangun rumah yang sudah anda rencanakan sebelumnya bisa saja beresiko melenceng, jika biayanya ternyata melenceng cukup besar kemungkinan anda bisa menghentikan proses pembangunan rumah anda yang sedang dikerjakan dan bisa mengakibatkan pembangunan terbengkalai. Meskipun begitu, jika dibandingkan dengan harus membeli rumah yang siap ditinggali dengan harga yang sangat mahal, membangun rumah anda sendiri adalah alternatif yang sangat baik terutama bagi anda yang memiliki fleksibilitas waktu. Sehingga anda memiliki waktu untuk menentukan anggaran minimal untuk membangun rumah anda sendiri.


Membangun Rumah Sederhana Minimalis


Banyak orang yeng mengeluhkan biaya bangun rumah yang melenceng dari apa yang sudah mereka rencanakan sebelumnya. Untuk itu mengapa kita bisa melihat beberapa rumah yang terbengkalai karena harus dihentikan pembangunannya. Hal ini bisa saja terjadi jika anda menargetkan untuk membangun rumah yang besar dan mewah. Sebenarnya dalam membangun rumah ada beberapa tips bagi anda yang baru pertama kali membangun rumah anda. Selain mengkonsultasikannya pada seorang arsitek, anda juga harus menyesuaikan biaya yang anda miliki dengan rumah yang akan dibangun. Bagi anda tidak memiliki budget banyak, disarankan untuk merencanakan membangun sebuah rumah dengan gaya rumah sederhana minimalis yang tentunya bisa lebih mudah ditebak anggaran pembangunannya. Pengertian rumah minimalis sendiri merupakan salah satu gaya hidup Zen yang berasal dari Jepang. Gaya hidup Zen baranggapan bahwa menaruh sedikit perabotan di dalam rumah bisa membuat penghuninya merasa trentram. Untuk itu rumah gaya minimalis sangat mengacu pada kesederhanaan dan untuk segi seninya mereka lebih bermain dengan warna yang bisa membuat rumah menjadi lebih klasik tetapi modern. Biaya membangun sebuah rumah sederhana minimalis yang hendak dibangun bisa dengan mudah disesuaikan dengan budget yang sudah anda siapkan. Saat ini, rumah sederhana dengan gaya minimalis juga banyak digandrungi orang, terutama di zaman yang serba modern ini. Selain terlihat klasik, konsep rumah dengan gaya minimalis juga mudah dalam hal pemeliharaannya. 


Ciriciri rumah bergaya minimalis

Untuk rumah dengan gaya minimalis sendiri memiliki beberapa ciri yang bisa kita ketahui. Ciri-ciri rumah bergaya minimalis diantaranya bagian eksterior yang lebih didominasi oleh garis vertikal/horizontal yang diulang-ulang, memiliki jendela yang lebar, atap yang nyaris datar atau bahkan datar, dan penataan landscape yang juga minimalis. Sedangkan untuk bagian interior, rumah bergaya minimalis memiliki ruangannya lebih terbuka dan meminimalkan penyekatan dinding hal ini bertujuan agar rumah sederhana tersebut memiliki kesan luas dan tidak pengap karena luas rumah yang tidak begitu besar. Selain itu, bagian interior dari rumah yang bergaya minimalis tidak menerapkan ornamen berupa ukiran. Sedangkan untuk furniture yang digunakan juga lebih simple, polos yang meninggalkan kesan sederhana namun tetap terlihat modern dan praktis. Membangun rumah dengan gaya minimalis memang terlihat mudah, tetapi tetap saja ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membangunnya agar hasilnya tidak membuat anda kecewa. Saat hendak membangun rumah dengan gaya rumah sederhana minimalis, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan, diantaranya:


Membuat perencanaan pebangunan rumah

1.  Membuat Perencanaan Pembangunan Rumah dengan Matang

Merencanakan pembangunan rumah mulai dari dana yang anda siapkan, ukuran bangunan, hingga target waktu pembangunan. Dengan memiliki perencanaan yang baik, hal ini nantinya akan menjadi pengendali kemungkinan terjadi pelencengan dalam hal biaya selama proses pembangunan rumah anda. Contohnya, waktu pembangunan yang lebih lambat dari waktu yang telah ditentukan sebelumnya bisa berimbas pada bertambahnya biaya tukang yang harus anda bayar. Untuk itu, anda disarankan mencari tukang yang benar-benar profesional dan ahli dalam bidang ini sehingga bisa mengejakan dengan efektif dan juga cepat.


2.  Menerapkan Konsep Minimalis dengan Baik

Seperti yang kita ketahui, desain rumah yang minimalis berarti tidak menggunakan furniture yang berlebihan. Sesuai dengan desainnya tipe rumah minimalis akan lebih efisien dalam penggunaan bahan bangunan karena rumah dengan tipe ini juga hemat ruang sehingga anda akan menghemat cukup banyak budget dalam pembangunan rumah anda.


3.  Menentukan Bentuk Bangunan

Bentuk bangunan akan mempengaruhi tingkat kesulitan dalam membangunnya. Dibandingkan dengan rumah yang berbentuk segitiga atau yang bersudut lainnya, rumah dengan bentuk persegi atau persegi panjang dinilai lebih mudah dalam proses pembangunannya sehingga akan menghemat banyak biaya. Membangun bentuk rumah persegi dan persegi panjang merupakan salah satu tips mengurangi biaya bangunan rumah anda, sehingga anda bisa lebih menghemat. Hal ini dikarenakan dalam pembangunan bangunan yang memiliki sudut dan berliku akan membutuhkan lebih banyak material bangunan. Jika anda berniat untuk membangun rumah minimalis bentuk bangunan persegi dan persegi panjang sangat dianjurkan.


4.  Cari Desain Rumah yang Diinginkan Lewat Internet

Salah satu cara mendapatkan desain sebuah rumah terkini adalah melalui internet. Saat ini, banyak website sudah menyediakan banyak desain rumah sederhana minimalis sesuai dengan selera anda lengkap dengan perhitungannya. Anda juga bisa mendesain rumah sendiri tanpa bantuan seorang arsitek sehingga anda bisa mendesain sesuai dengan keinginan anda. Hal ini bisa dijadikan sebagai pilihan agar anda tidak perlu menyewa jasa arsitek sehingga bisa memangkas anggaran pembangunan rumah. 


Gunakan bahan bangunan lokal

5.  Gunakan Bahan Bangunan Lokal

Untuk menghemat biaya pembangunan rumah anda, gunakanlah bahan bangunan lokal mulai dari kayu, bambu, bata dan yang lainnya. Bahan bangunan lokal dinilai jauh lebih murah dan gampang ditemui dibandingkan dengan bahan bangunan import. Untuk mengetahui kualitasnya, sebaiknya anda melakukan survei terlebih dahulu untuk meyakinkannya dan bertanya pada para ahli bangunan yang sudah profesional.


6.  Membuat Ruangan Multifungsi

Pastinya dalam pembangunan rumah sederhana tidak akan bisa membuat banyak ruangan. Membuat ruangan multifungsi adalah solusinya. Contohnya anda bisa membuat ruang tamu yang juga bisa digunakan sebagai ruang keluarga atau dapur yang juga menyatu dengan ruang makan. Dengan ini, anda bisa melakukan semua kegiatan di rumah tanpa harus membuat ruangan-ruangan khusus untuk kegiatan yang berbeda-beda. Selain anda bisa menghemat banyak biaya, rumah dengan model ini juga sangat cocok dengan konsep minimalis.


Membuat ruangan multifungsi

7.  Selektif Dalam Memilih Tukang

Jasa juru bangunan atau tukang berperan sangat penting dalam proses pembangunan rumah minimalis anda. Memilih tukang yang berpengalaman dan memiliki reputasi yang baik akan menghasilkan bangunan yang berkualitas pula. Sebaliknya, memilih tukang yang kurang berpengalaman akan menyita banyak waktu dan biaya belum lagi hasil yang mengecewakan. Untuk mengetahui kualitas tukang yang anda pilih, anda bisa meminta beberapa rekomendasi dari beberapa ahli arsitek dan melihat bagaimana hasil bangunan yang pernah mereka bangun sebelumnya.


Itulah beberapa pembahasan tentang pentingnya memiliki sebuah rumah walapun anda hanya baru bisa membangun sebuah rumah dengan konsep minimalis. Beberapa hal penting juga perlu diperhatikan ketika anda memutuskan untuk membangun sebuah rumah dengan konsep minimalis sehingga anggaran biaya rumah sesuai dengan budget yang telah anda persiapkan. Anda bisa mewujudkan impian anda membangun rumah dengan desain yang anda inginkan meskipun dengan dana yang minim sekalipun. Meskipun sederhana, rumah dengan konsep minimalis akan memberikan kesan yang modern dan juga klasik. 

Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang