Bagaimana kondisi ekonomi menjalankan sebuah toko pegadaian?

Dilihat 26,8 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Pegadaian menjalankan beberapa prinsip ekonomi. Teori perubahan  nilai uang, keunggulan kompetitif, dan pertukaran yang saling menguntungkan. Hal - hal tersebut berkembang dalam kondisi ekonomi yang buruk ketika hubungan bank dan nasabah bank tidak berjalan baik. Setiap transaksi berpusat pada satu pernyaan :"Berapa banyak?".


Jawabannya dapat ditermukan pada titik temu antara nilai uang yang ditetapkan untuk setiap barang kedua belah pihak. Nilai ini kemudian akan menjadi nilai objektif dari barang tersebut. Hal tersebut bejalan pada kemampuan setiap pihak yang berkepentingan (individu, perusahaan, atau negara) untuk memproduksi barang atau jasa dengan harga yang murah dibandingkan dengan yang lain.


Contoh dari praktek yang berjalan saat ini : Jika anda membawa sebuah TV yang benilai Rp. 3,000,000, anda mungkin bisa mendapatkan pinjaman 30 hari sebesar Rp.1,000,000 dengan bungan 20% sebulan. Untuk memdapatkan TV anda kembali, anda harus membayar Rp. 1,200,000 setelah satu bulan. Atau membayar bunga Rp.200,000 sebulan sampai anda bisa melunasi seluruh pinjaman. 


Jika anda gagal melakukan pembayaran, pegadaian akan menjual TV anda setelah masa tenggang satu bulan. Bunga yang ditetapkan bisa berbeda - beda di setiap negara, biasanya berkisar antara 4 - 25 % di Amerika. Tapi pegadaian dapat mendapatkan keuntungan yang besar bukan dengan menjual TV tersebut, melainkan menyewakannya atau memajangnya di showroom pegadaian.

Kenyataannya, Asosiai Pegadaian Nasional mengungkapkan bahwa 80% dari seluruh pinjaman gadai dibayar kembali. Kenaikan harga emas sangat bagus bagi pegadaian. Sekitar 60% dari barang yang digadaikan adalah perhiasan. Seiring dengan kenaikan harga emas, meningkat juga nilai pinjaman, bahkan untuk perhiasan yang tidak dapat dijual, yang bisa dilebur dan dijual. "Jika harga emas saat ini Rp. 16,500,000, nasabah biasanya hanya meminjam Rp. 10,000,000. Mereka melakukannya agar jika harga emas turun, bisnis mereka tidak akan hancur."

Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang