Apakah kualitas film Blu-ray atau DVD lebih bagus daripada film streaming online?

Dilihat 2,66 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Dalam hal kepuasan menonton film, selain gambar yang bagus, kualitas audio juga sangat berpengaruh terhadap kualitas film tersebut. Meskipun kita menonton film dengan gambar yang sangat bagus dan jernih, tetapi jika audio yang dihasilkan tidak begitu bagus atau bahkan sangat jelek, maka sudah pasti kita akan merasa tidak puas. 


Dan hal ini juga berlaku saat Anda nonton tv streaming. Betapapun bagusnya film streaming yang kita tonton tersebut, tapi jika audio yang dihasilkannya tersendat-sendat, banyak noise, dan tidak jelas dialog dalam film tersebut, maka kita pun akan merasa kecewa, karena tidak dapat benar-benar menikmati film tersebut. Karena film adalah hiburan yang menggabungkan antara media gambar (video) dan suara (audio).


Dan secara umum, kualitas suara dalam film yang kita tonton secara streaming dapat dikatakan tidak begitu bagus jika dibandingkan dengan apabila kita menonton film dari DVD, terlebih lagi dari Blu-ray. Namun, ada juga media streaming online yang telah mampu menghadirkan tontonan film streaming dengan kualitas yang setara DVD atau pun Blu-ray, salah satunya adalah Netflix. 


Sebagian besar, penyedia layanan film streaming menggunakan sejumlah kompresi pada audio film yang ditayangkannya. Hal ini digunakan untuk mensiasati besarnya bandwith akibat kapasitas audionya. Tergantung dari sumber audionya, jika sumber audionya cukup bagus maka hasil kompresinya juga bagus. Tetapi jika sumber audionya memang sudah buruk maka hasilnya juga akan buruk.


dvd bluray



Blu-Ray vs DVD


Sedangkan, jika diperbandingkan antara Blu-ray dengan DVD, sudah pasti Blu-ray menang secara mutlak. Karena memang secara teknologi keduanya berbeda. 


Sebagai perbandingan sederhana, Blu-ray memiliki resolusi maksimum resolusi maksimum 1.920 x 1.080 (1080p), DVD hanya punya resolusi maksimum 720 x 480 (480p). 


Dalam kapasitas simpanan, Blu-ray mampu menyimpan hingga 25 GB untuk single layer, 50 GB untuk dual layer. DVD hanya 4,7 GB untuk yang single layer dan 8,5 GB untuk yang dual layer.


Kelebihan Blu-ray lainnya adalah dalam hal kualitas suara yang jauh lebih bagus daripada DVD. Blu-ray telah menggunakan Dolby TrueHD dan DTS-HD Master Audio untuk suara yang dihasilkannya. 


Tampilan gambarnya pun jauh lebih kontras dan memiliki lebih banyak warna, dengan resolusi gambar yang jauh lebih bagus. Jadi, secara keseluruhan, Blu-ray lebih unggul daripada DVD. 


Namun, kualitas film DVD masih lebih bagus daripada film streaming secara umum. Maka, pastikan Anda memilih situs untuk nonton tv streaming yang menghadirkan film berkualitas tinggi (kebutuhan bandwith-nya besar).


bluray



Jenis dan Kualitas Video (film)


Memang, secara umum dapat dikatakan bahwa kualitas audio film streaming kalah dibandingkan film dari DVD atau Blu-ray, namun tidak semua. 


Ada juga film streaming yang kualitas audionya sama bagusnya dengan DVD atau Blu-ray, Netflix contohnya. Ini karena film streaming yang disajikan Netflik memang ditayangkan menggunakan kapasitas bandwith yang besar, sehingga mampu mencakup besarnya kapasitas audio dari format film yang diusung. Sehingga, saat Anda nonton tv streaming dari Netflix, maka akan memuaskan karena kualitas film yang ditayangkan sangatlah bagus. 


Dalam hal jenis dan kualitas video sendiri, terlepas dari medianya, baik DVD, Blu-ray ataupun yang lain, terdapat beberapa pengertian yang bisa kita pelajari sebagai tambahan wawasan.


Secara umum, video dibagi menjadi dua, yaitu Video Analog dan Video Digital. Video Analog. 


Video analog adalah produk dari industri pertelevisian yang dijadikan standar televisi. Jenisnya antara lain, NTSC, PAL, SECAM, dan ATSC. 


Sedangkan video digital adalah produk video dari industri komputer dan dijadikan standar data digital. Jenisnya antara lain QuickTime movie (.mov), Audio Video Interleaved (.AVI), Windows Media Video (.wmv) , dan RealMedia (.rm). 


Selain itu, jenis video digital saat ini sudah semakin berkembang dan lebih banyak lagi variannya, yang sering digunakan pada film streaming ataupun film sharing yang dapat diunduh dan kita tonton offline. Seperti HDCAM, HDTS, WEBRip, DVDRip, WEB-DL, BRRip atau Blu-ray. Dan kualitas yang terbaik adalah jenis BRRip atau Blu-ray ini.


dvd bluray 2



Situs Menonton Film Streaming di Internet


Saat ini, ada banyak situs streaming film yang bisa Anda pilih di internet. Berbagai situs tersebut menawarkan beragam film yang dapat Anda tonton tanpa harus bersusah payah menyalakan televisi. 


Anda hanya butuh komputer atau laptop yang terhubung jaringan internet serta menjadi anggota dari situs film streaming tersebut. Dan Anda sudah bisa nonton tv streaming dengan nyaman dan santai. Kualitas film yang ditayangkan, selain dipengaruhi oleh jenis format film yang dipakai, juga bergantung pada kecepatan jaringan internet Anda. 


Jika Anda memiliki jaringan internet dengan kecepatan tinggi, maka film yang Anda tonton pun akan lancar dan memuaskan. Namun jika jaringan internet Anda masih kalah cepat dengan siput, jangan harap bisa puas nonton film streaming.


Pada situs film streaming berbayar seperti Netflix, semua filmnya bukanlah film bajakan, jadi tidaklah bermasalah untuk menontonnya. Sedangkan pada situs yang menayangkan film streaming secara gratis, ada yang menayangkan film hasil bajakan ada juga yang tidak. 


Jadi, persoalan apakah salah menonton film gratis melalui website, tidak dapat diputuskan begitu saja dan masih membutuhkan pembahasan yang panjang. Namun satu hal yang pasti, membajak film adalah tindakan yang dikategorikan sebagai pelanggaran hukum.


netflix


Website Untuk Download dan Menonton Film Gratis


Sebagaimana telah dijelaskan di atas, bahwa kualitas audio dari sebagian besar film streaming tidak begitu bagus dibandingkan dengan film DVD adan Blu-ray karena untuk mesiasati besarnya bandwith. 


Meskipun begitu, ada juga penyedia tayangan film streaming yang menghadirkan kualitas audio film dengan sangat bagus, setara film DVD atau Blu-ray. Netflix sebagai salah satu penyedia film streaming menggunakan bandwith yang besar untuk menghadirkan kualitas audio yang bagus ini. Pada situs ini Anda dapat menikmati nonton tv streaming dengan kualitas film yang sangat bagus, layaknya nonton di bioskop. 


Namun bagi Anda yang ingin menikmati atau menonton film secara gratis, maka Netflix bukanlah pilihan. Karena situs ini adalah situs penyedia layanan film online berbayar.


bluray 2

'

Sedangkan untuk yang gratis, ada banyak situs film gratisan di internet. Ada yang mudah di akses ada juga yang agak ribet dan penuh iklan pop-up yang menyebalkan. 


Oleh karena itu, jika Anda ingin mengunduh atau download film atau nonton secara gratis di internet, sebaiknya cari informasi terlebih dulu situs mana yang asik, menarik, dan nyaman untuk mengunduh atau nonton film gratis di internet. 


Pastikan juga kualitas film yang Anda unduh tersebut, karena seringkali film yang disajikan oleh situs-situs tersebut memiliki format yang sangat tidak memuaskan. Baik dari segi audio maupun dari segi videonya. Bahkan seringkali ada juga yang suaranya telah di-dubbing dengan bahasa India, Rusia, China, dan lain sebagainya. 


Oleh karena itu, sering-seringlah mencari info yang membahas tentang kualitas video dan audio dari film streaming ataupun yang unduh gratis.

Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang