Bagaimana cara membedakan beras plastik dengan yang asli?

Dilihat 1,26 rb • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Isu beras plastik sempat menghebohkan publik dan telah menjadi perbincangan yang hangat di masyarakat. Hal ini memang tidak mengherankan karena beras merupakan makanan pokok masyarakat Indonesia. Jadi wajar saja kalau berita beredarnya beras plastik sempat meresahkan masyarakat. 


beras plastik


Tapi yang menarik perhatian saya adalah, ketakutan terhadap beras plastik dalam masyarakat agak sedikit berlebihan. Memang benar bahwa jika dilihat sekilas, ciri-ciri beras plastik memang mirip beras asli. Tapi sebenarnya cukup mudah untuk membedakan beras plastik dari beras asli, terutama setelah beras dimasak. 


Nah, di sini saya akan jelaskan lebih dalam mengenai hal ini. Tapi sebelum menjawab pertanyaanmu mengenai bagaimana cara membedakan beras plastik dan beras asli, saya rasa ada baiknya kalau kita lihat dulu beberapa aspek terkait beras plastik yang menghebohkan itu.



Kenyataan di Balik Maraknya Isu Beras Plastik


Pada tahun 1940, sebuah produk dipasarkan sebagai makanan menyenangkan datang ke pasar. Minute Rice adalah makanan yang saya rasa paling mirip dengan "beras plastik", dan meskipun hampir terlihat atau rasanya sama, kenyataannya, ini adalah beras yang sudah dimasak setengah matang. Saya tidak dapat menemukan satupun sumber jurnalistik yang dikenali sah yang melaporkan beras plastik, meskipun internet penuh dengan banyak cerita yang dramatis. 


cara membedakan beras plastik dengan yang asli


Beras palsu mungkin ada, tetapi hal tersebut adalah hal yang konyol karena beras plastik akan lebih mahal untuk diproduksi dibandingkan dengan beras asli, terutama jika petani di Cina tidak menghadapi masalah - masalah yang dihadapi oleh para petani Indonesia dalam menghasilkan beras. Selain itu, memproduksi beras plastik di Cina berarti mempertaruhkan nyawa mereka sendiri. Jika mereka memang mau mempertaruhkan hidupnya dengan cara seperti itu, akan jauh lebih setimpal kalau mereka memproduksi barang tiruan dari produk Hermes dan Louis Vuitton atau onderdil Mercedes-Benz.


Saya sangat percaya bahwa tidak ada beras palsu di pasaran. Pasalnya, hal itu akan dengan cepat ditemukan oleh salah satu dari agen bea cukai, dan informasi tersebut akan disebarkan dengan segera kepada semua negara yang melakukan perdagangan internasional pada bahan makanan. Di Amerika Serikat, sebuah usaha akan dibuat untuk melacak produk ke sumbernya. 


Tapi kalau kita membahas mengenai beras buatan, ini merupakan topik yang sepenuhnya berbeda. Beras ini dapat dibuat dan dibentuk dari tumbuhan yang mengandung zat tepung, dengan mineral, gula dan bermacam-macam tambahan nutrisi lainnya. Beras buatan yang dapat dipercaya tidak akan mengandung sesuatu yang bukan makanan atau komposisi yang berbahaya, dan tidak akan dilabeli sebagai beras alami untuk perdagangan internasional.


Kalau kita lihat dari pemikiran di atas saja, gagasan tentang adanya beras plastik sangat tidak masuk akalTerutama jika dilihat dari sisi biaya produksi yang lebih tinggi dibanding beras asli dan beratnya hukuman yang akan dikenakan kepada konspirator beras plastik tersebut. Mana ada orang yang mau mempertaruhkan nyawanya dengan memproduksi beras plastik tanpa adanya potensi keuntungan?


Saya sendiri baru selesai membaca berita dari BBC yang menguatkan keyakinan saya tentang tidak mungkinnya keberadaan beras plastik. Seperti yang dapat kamu baca di situ, pemeriksaan laboratorium forensik,  BPOM, Kementerian Perdagangan dan Kementerian Pertanian memberikan hasil negatif terkait unsur plastik di dalam beras yang dicurigai merupakan beras plastik. 


Pernyataan lain yang mematahkan adanya dugaan beras plastik diberikan oleh Hasanudin Abdurakhman, seorang doktor fisika yang memimpin perusahaan Jepang yang memproduksi bahan plastik. Dia mengatakan bahwa harga bahan dasar plastik akan jauh lebih mahal dari beras, sekalipun plastik daur ulang. Terlebih lagi teknologi untuk memproduksinyapun tidak sederhana.


Tapi... Kalau kamu masih penasaran tentang cara membedakan beras asli dan beras plastik saya akan jabarkan caranya di sini yang saya ambil dari berbagai sumber di internet termasuk.



CARA MEMBEDAKAN BERAS ASLI DAN BERAS PLASTIK


  • Beras asli berwarna bening, tapi di tengahnya tampak warna putih susu, sedangkan beras plastik hanya berwarna bening.
  • Tekstur beras asli cenderung lebih kasar, sedangkan beras plastik lebih halus karena terbuat dari plastik.
  • Saat dimasak, beras asli akan menyerap air, sedangkan beras plastik malah mengeluarkan air.
  • Ketika dimasukkan ke penanak nasi, tekstur beras asli akan menjadi lembut, sedangkan beras plastik cenderung menjadi keras, saat dikeluarkan juga semakin mengeras.
  • Saat dimasak, beras asli akan mengeluarkan aroma wangi yang tidak akan tercium pada beras plastik.
  • Beras asli mengandung glukosa dan karbohidrat, sehingga akan terasa manis saat dimakan, sedangkan berat plastik akan beraroma bahan kimia.
  • Saat memasak beras asli, air akan berubah warna menjadi keruh, sedangkan saat memasak beras plastik air tetap bening.


Di bawah ini adalah video beras plastik yang ditemukan di Filipina



  

Menurut saya pribadi, jika memang beras plastik benar beredar di masyarakat, seharusnya beras tersebut dapat dikenali dengan cukup mudah mengingat ciri-ciri beras plastik, termasuk tekstur dan aromanya yang jauh berbeda dari beras asli. Jadi kemungkinan seseorang makan nasi yang berasal dari beras plastik kecil sekali. 


Memang sebagian besar perbedaan antara beras plastik dan beras asli tampak ketika atau setelah beras dimasak. Tapi kamu juga dapat membedakan keduanya dari tekstur serta tampilannya. Salah satu perbedaan yang terlihat jelas adalah adanya bercak berwarna putih susu di bagian tengah beras asli, sedangkan pada beras plastik, beras hanya akan terlihat bening. Kalau kamu sudah biasa membeli beras, kamu pasti dapat dengan mudah mengetahuinya.

Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang