Bagaimana membuat film kartun yang karakternya mirip diri sendiri?

Dilihat 3,09 rb • Ditanyakan sekitar 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

     

Animasi merupakan gambar bergerak yang terdiri dari beberapa gambar. Film kartun/animasi, atau biasa disingkat animasi, adalah film yang merupakan hasil dari pengolahan gambar tangan sehingga menjadi gambar yang bergerak. Sebuah animasi memiliki daya tarik tersendiri bagi siapapun orang yang menontonnya. Mulai dari animasi yang lucu, menantang, hingga membuat kita terinspiriasi dari apa yang disampaikannya. 

Membuat animasi kartun seperti yang biasa kita lihat di TV atau media informasi yang lain terkadang membuat kita tertarik juga untuk belajar bagaimana caranya membuat sebuah film kartun tersebut. Film kartun/animasi saat ini bukan lagi milik orang-orang yang ahli di bidang desain, pemrograman, animasi, dan lain-lain . Namun, saat ini hampir semua orang bisa membuat film kartun/animasi sendiri dengan kemajuan teknologi yang ada.

Bagi anda yang ingin menjadi animator tidak perlu bekecil hati karena industri animasi sendiri bukan hanya di perfilman tetapi juga di periklanan dan lain-lain. Seperti film-film lainnya, animasi perlu waktu, kesabaran, dan banyak perencanaan jika ingin sempurna, tetapi siapa saja yang memiliki komputer dapat membuat film animasi pendek tersebut.

Di bawah ini adalah langkah sederhana bagaimana cara membuat film animasi bagi anda yang ingin menjadi animator atau sekedar hobi. Mari kita lihat :


Membuat Film Animasi Pendek

Sebenarnya saya pribadi tidak tahu banyak mengenai software animasi, anda bisa mencarinya sendiri melalui internet (Google) atau membaca buku-buku yang ada. 

Tetapi sejauh yang saya ketahui, dalam membuat animasi dibutuhkan kesabaran dan kerja keras, karena menciptakan animasi yang mungkin hanya berdurasi 5-7 menit, bisa menghabiskan waktu yang cukup panjang. Saya tidak tahu apakah cukup realistis jika mempelajari dasar-dasar animasi saja, kemudian dapat membuat/menciptakan film animasi pendek dalam waktu kurang dari sebulan, menurut saya, anda harus bekerja dengan sangat keras. Animasi bukanlah sesuatu yang dapat dilakukan oleh setiap orang dengan mudahnya, walaupun dengan menggunakan teknologi modern, tetapi tetap saja untuk dapat membuat animasi yang baik dibutuhkan latihan keras dan berulang-ulang.

Membuat film kartun/animasi itu dibutuhkan ketelitian, keuletan, dan tentunya kesabaran. Asal ada tekad dan kemauan pasti bisa. Adapun langkah-langkah cara membuat film animasi, secara garis besarnya adalah sebagai berikut :

  1. Menentukan genre anime (romance, school, horror, action, dan lain-lain)
  2. Menentukan dasar pembuatan anime tersebut (misal dari manga)
  3. Membuat storyboard
  4. Menggambar karakter, dan menggambar per frame
  5. Tahap digital, disini hasil gambar sketsa di kertas di scan kemudian diolah secara digital
  6. Merekam dialog (dubbing, seiyuu/pengisi suara)
  7. Composing, mixing, lipsync, dan remastering
  8. Merender video menjadi format video. 

Banyak yang bilang, bahwa ada banyak tutorial animasi di youtube. Mungkin anda dapat mempelajarinya dan mengerti dengan cepat. Salah satunya seperti tutorial dari Anime Studio ini :




Jika anda ingin membuat  karakter animasi yang mirip dengan anda (tahapan pada poin no. 4), anda harus dapat menggambar atau membuat sketsa karakter kartun yang benar-benar mirip diri anda. Jika anda menginginkan animasi pendek yang anda buat terlihat menarik, anda harus memiliki ketrampilan menggambar yang bagus, juga ketrampilan menjiwainya

Anda mungkin akan membutuhkan drawing tablet untuk komputer anda (komputer yang memungkinkan pemakainya untuk menggambar langsung di dalamnya layaknya menggambar di atas kertas menggunakan pensil), kecuali anda bisa menggambar menggunakan mouse.

Jika anda menginginkan suara dalam animasi pendek yang anda buat, maka anda membutuhkan mic yang baik. Menurut saya sangat tidak mudah untuk bisa menemukan software animasi yang gratis. Walau begitu untuk suara dan musik, terdapat banyak sekali koleksi di Internet mengenai efek suara dan musik gratis yang dapat anda temukan melalui Google.

Saya memang tidak memiliki banyak pengalaman dalam membuat animasi sendiri, saya hanya mencoba menjawab sejauh yang saya ketahui, saya hanya mencoba membantu untuk memberikan beberapa saran.

     

Nah, Itulah langkah- langkah sederhana bagaimana membuat film kartun/animasi pendek karya sendiri. Buatlah gambar animasi bergerak yang luar biasa sesuai dengan imajinasi anda! Tapi satu hal yang mungkin menjadi tantangan anda adalah ide dan kreatifitas anda sendiri. Software animasi sudah keren, drawing tablet sudah memadai, tinggal bagaimana anda berlatih membuat film keren dan menjadi animator yang baik. Semoga informasi diatas memudahkan anda yang ingin membuat video animasi dengan lebih cepat dan menarik. Selamat mencoba! (Baca: Bagaimana membuat film Green Lantern yang bagus?)

Terjawab 8 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang