Dapatkah memperbesar bisep hanya dengan dumbel?

Dilihat 572 • Ditanyakan sekitar 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Memiliki bentuk tubuh yang proporsional dan juga altetis mungkin menjadi idaman banyak pria. Untuk mendapatkan tubuh atletis dan juga gagah ini bukanlah masalah yang sulit sebenarnya. Jika Anda berniat mendapatkan tubuh yang altetis ini, bisa memulainya dengan melatih bagian tubuh, yaitu bagian lengan. Karena biasanya otot yang mudah untuk dibentuk adalah otot bisep dan trisep pada lengan. Pada prakteknya, lengan adalah bagian tubuh yang paling sering digunakan selain kaki. Itulah mengapa banyak kita temukan orang yang memiliki lengan kuat namun memiliki postur tubuh biasa saja.


Otot bisep adalah kelompok otot yang ada pada lengan atas bagian dalam, yang jika anda menekuk atau menegangkan lengan maka bicep akan mengembang atau mengeras. Otot bisep adalah sekumpulan otot yang sangat kecil. Bisep adalah otot yang memiliki dua bagian yang dimulai dari bagian deltoideus dan bagian bawah siku. Fungsi utamanya untuk memutar pergelangan tangan ke bawah dan untuk mengangkat serta membengkokan lengan. Sedangkan otot trisep merupakan otot di bagian luar lengan atas. Bentuknya memanjang dibelakang bisep. Nah, otot lengan ini dapat terlatih secara tidak sadar hanya dengan melakukan pekerjaan sehari-hari terutama jika anda adalah pekerja lapangan. Jadi cara melatih otot lengan, baik itu otot bisep dan trisep, membutuhkan waktu yang relatif singkat dibanding dengan melatih otot perut. 


Pada umumnya otot bisep tidak terlalu terlihat pada orang biasa, namun bagi orang yang suka berolah raga dan latihan di gym maka otot bisep bisa terlihat dengan latihan yang teratur. Sebenarnya cara melatih otot lengan dan membentuknya lebih mudah dibandingkan melatih dan membentuk otot perut atau otot dada. Hal ini karena pada lengan tidak banyak lemak yang menumpuk . Bagi yang rajin pergi ke gym tentu tidak sulit membentuk otot bisep karena ada banyak alat yang bisa digunakan untuk membentuk otot tersebut asal dilakukan latihan secara teratur, maka dalam waktu singkat akan terlihat hasilnya. Namun bisakah latihan serupa dilakukan di rumah walaupun hanya menggunakan sepasang dumbel?


Nah bagi anda yang sedang berniat membentuk dan memperbesar otot bisep, anda bisa melakukan latihan tersebut dirumah tanpa harus ke gym lho, meskipun anda hanya memiliki sepasang dumbel, asalkan anda mengikuti tips di bawah ini. Penasaran kan? Yuk baca terus artikel ini sampai tuntas ya..  



Tips Memperbesar Otot Lengan


Adalah hal yang mungkin untuk memperbesar lengan atau bisep walaupun anda hanya memiliki sepasang dumbel. Anggaran yang tidak memungkinkan untuk membeli peralatan olahraga yang mahal atau karena tidak adanya waktu untuk pergi ke gym -apapun alasannya itu- sepasang dumbel cukup untuk membuat anda sehat dan bugar. Mungkin anda belum tahu tentang hal ini, bawah menggunakan beban bebas (seperti dumbel) lebih tradisional dan jauh lebih baik daripada menggunakan mesin modern dan mewah. Namun meskipun begitu, ada beberapa syarat-syarat yang harus diperhatikan untuk mencapai hasil yang maksimal, yaitu:


  • Adjustable Dumbbells


Anda harus mempunyai adjustable dumbbells (dumbel yang bobotnya dapat diatur sesuai kebutuhan). Tidak seperti dumbel biasa dengan bobot yang tetap, adjustable dumbbells memungkinkan anda untuk meningkatkan atau menurunkan jumlah bobotnya (beban). Hal ini penting bagi kemajuan setahap demi setahap dari latihan anda: artinya ketika anda akan berkembang lebih kuat, anda harus meningkatkan jumlah beban dalam berlatih agar otot anda tetap terbentuk. Harga adjustable dumbbells tidak terlalu mahal, biasanya sekitar 1,5 juta – 3 juta rupiah.


  • Bangku Latihan (Exercise Bench)

Anda harus menggunakan bangku latihan (exercise bench). Satu hal yang keren tentang penggunaan beban bebas adalah, anda bisa menargetkan dari hampir semua kelompok otot dengan menggunakan beban bebas tersebut. Namun begitu, kebanyakan latihan dumbel membutuhkan bangku latihan. Memiliki bangku latihan akan memungkinkan anda melakukan berbagai variasi olahraga, yang artinya anda akan bisa melatih semua kelompok otot anda dengan berbagai segi yang beragam. Hasilnya menjadi lebih cepat dan lebih baik. Jika anda tidak mau menghabiskan banyak uang untuk ini, maka anda bisa beli bangku latihan bekas atau bisa juga menggunakan bangku biasa di rumah asalkan sesuai atau cocok untuk tujuan ini.


  • Latihlah Seluruh Tubuh Anda

Latihlah seluruh tubuh anda. Jika anda tidak melatih setiap kelompok otot yang ada di tubuh anda, percayalah bahwa anda tidak akan mendapat hasil yang bagus. Sekali lagi, memperhatikan masing-masing bagian tubuh adalah hal yang paling penting. Juga, latihlah semua otot untuk satu atau dua kali dalam seminggu. Lebih dari ini tidak disarankan, kecuali jika anda berlatih untuk mengembangkan daya tahan tubuh.


  • Fokuslah Pada Gerakan Compound

Mayoritas latihan anda harus berupa gerakan compound. Latihan isolasi juga bagus, tetapi jika berbicara pembentukan otot, gerakan compound dianggap lebih baik. Tetapi, ingatlah bahwa untuk beberapa kelompok otot sulit sekali menggunakan gerakan compound. Jadi untuk kasus pengecualian ini boleh dengan latihan isolasi. Contohnya untuk otot bisep, umumnya semua latihan bisep biasanya latihan yang dilakukan seperti hammer curl dan consentrated curl, dimana hal tersebut merupakan latihan isolasi. Namun latihan compound yang baik untuk bisep sebenarnya adalah Pull Up, yang mana hal itu sulit untuk dilakukan bagi sebagian besar pemula.


  • Buat Rencana Olahraga dan Patuhi

Anda juga harus membuat rencana olah raga dan mematuhinya. Juga, rubahlah rencana latihan anda setiap dua atau tiga bulan sekali untuk menghindari masa plateau atau masa datar yaitu kondisi dimana kita tidak lagi merasakan progres dari latihan kita. Meskipun anda hanya mempunyai dumbel, anda masih bisa menambahkan variasi dalam latihan anda. Masukkan latihan dengan dumbel serta latihan menggunakan beban tubuh dalam rencana olahraga anda. Latihan menggunakan beban tubuh (body weight exercise) ini sangat penting bagi anda, yang mana anda tidak perlu mempunyai banyak pilihan dengan beban.


  • Beli Peralatan Tambahan

Jika memungkinkan, belilah beberapa peralatan tambahan, untuk keperluan latihan anda dirumah. Misalnya, abs roller untuk melatih otot perut, matras yoga untuk melakukan push up, EZ curl Bar agar anda bisa mendapatkan lebih banyak variasi dalam latihan anda, lompat tali (jump rope) untuk cardio atau apapun peralatan lainnya yang anda suka. Menjadi kreatif dengan latihan anda adalah penting, agar anda tetap termotivasi dan tidak menjadi bosan.  



Abs Roller


Demikianlah tips memperbesar bisep dengan hanya menggunakan dumbel. Jadi intinya, cara melatih otot lengan,  harus diperlukan usaha yang rutin dan konsisten. Tidak ada cara yang instan. Jangan sampai niat anda untuk berhasil membentuk otot lengan kandas di tengah jalan. Hal terpenting yang perlu diingat, saat berlatih tubuh akan kehilangan banyak cairan. Oleh karena itu, anda membutuhkan asupan air yang cukup. Air putih bisa membantu konsentrasi anda tetap stabil. Di samping itu juga kurangi konsumsi makanan cepat saji, makanan olahan, ataupun makanan tinggi gula. Makanan-makanan tersebut akan menumpuk jadi lemak dan membuat latihan anda sia-sia. Agar tubuh lebih sehat, imbangi dengan mengonsumsi sayuran hijau, buah-buahan tropis, dan kacang-kacangan. Dan juga lakukan latihan secara rutin namun juga jangan memaksakan diri. Berhentilah saat anda merasa lelah, dan konsumsi asupan nutrisi yang cukup. Semoga artikel ini bermanfaat. Selamat berlatih dan semoga berhasil!

Terjawab 9 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang