Bagaimana cara menjadi pribadi yang unik dan menarik dalam lomba pidato bahasa Inggris?

Dilihat 1,57 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Cara berbicara di depan umum yang baik tidaklah mudah untuk dilakukam. Terkadang beberapa orang memiliki kesulitan dalam menyampaikan poin dari pidato yang disampaikan. Apalagi jika itu adalah pengalaman pidato pertama ditambah dengan menggunakan bahasa asing, mungkin rasa gugup orang tersebut menjadi berlipat kali ganda. Tetapi, ada juga yang lebih percaya diri dengan menggunakan bahasa asing. 


Hal yang terpenting yang harus anda ciptakan saat berbicara di depan banyak orang adalah rasa percaya diri, lalu didampingi dengan kemampuan menguasai topik yang akan anda bawakan. Tak sedikit pula yang memiliki kesalahan meski masih di pembukaan pidato karena gugup. 


perkenalan diri dalam pidato


Anda sudah tahu fakta-faktanya dan anda siap berpidato. Tersisa satu hal, yaitu anda kurang memoles bagian tertentu seperti yang anda inginkan. Saat berbicara tentang wawancara, presentasi, pertemuan penting, dan situasi apapun ketika anda harus membuat kesan terkenal, terlihat profesional itu sama pentingnya dengan menjadi profesional.


Tapi “terlihat profesional” itu berarti lebih dari sekedar memiliki koper kualitas top, sepatu Italia, laptop termahal, dan senyum terindah yang membuat malu selebriti Hollywood. 


Di artikel ini, saya akan membagi beberapa tips yang mungkin tak pernah terpikirkan sepanjang karir anda. Peluangnya, satu (atau lebih) dari tips-tips ini akan membantu anda memenangkan hati atau memberi kesan bagi banyak orang, .



Hal yang Harus Diperhatikan dalam Berpidato


Banyak hal-hal kecil dan sepele yang bisa menggangu anda saat berpidato sehingga merusak konsentrasi anda atau bahkan membuat anda semakin gugup. 


Untuk menghindari hal-hal tersebut serta sedikit membantu anda menemukan cara berbicara di depan umum yang baik, beberapa hal yang harus anda perhatikan saat hendak berpidato adalah:



1. Pakailah baju yang sesuai


Menggunakan penampilan standar bisnis biasanya cukup untuk kebanyakan pertemuan. Tapi ketika tingkat kepentingannya meningkat, anda harus menyesuaikannya dengan penampilan personal anda. Dan hal ini tidak berhenti pada leher saja. Anda tidak hanya harus menggunakan baju terbaik anda, tapi anda juga harus melakukan perawatan yang benar. 


Jangan mengira rambut anda “satu minggu lagi” baru dipotong. Potonglah beberapa hari sebelum hari besar anda. Dan pakaian anda juga tidak seharusnya hanya tampak bagus; tapi juga harus nyaman. 


Satu hal terakhir yang anda inginkan yaitu berada di depan orang banyak dan perhatikan apakah celana anda terlalu ketat atau longgar atau sepatu anda yang sesak. Jika anda harus memakai hak, jangan menggunakan hak yang terlalu tinggi. Dan jangan lupa wewangian. Nah mungkin anda mengira ini semua adalah tips yang sudah jelas, tapi orang-orang bisa (dan bahkan kadang-kadang) terlalu berlebihan.


cara berbicara di depan umum


2. Pemanasan


Mungkin anda tidak tahu, tapi ini adalah tubuh anda, dan kemampuan anda untuk mempresentasikan diri anda sendiri itu dipengaruhi langsung oleh kondisi tubuh. Jika anda bangun untuk melakukan presentasi atau mengikuti pertemuan penting dan otot-otot anda dingin dan kaku, maka akan terlihat pada postur dan presentasi anda. 


Pastikan anda memiliki waktu khusus untuk melemaskan otot-otot anda supaya hangat dan siap bergerak. Lemaskan lengan, kaki, punggung, dan leher anda. Dengan otot yang rileks pidato anda akan berjalan lancar dan anda lebih rileks. Anda juga perlu memberi kesempatan untuk suara anda melakukan pemanasan sebelum memulaipidato.



3. Isi perut anda


Pernahkah suatu ketika anda sedang berada di pertemuan atau wawancara dan perut anda berbunyi cukup keras hingga semua orang dalam ruangan mendengarnya? Anda mungkin mengira ini akan menjadi momen yang lucu dimana orang-orang akan tertawa. Tidak. Itu tidaklah profesional. Pastikan anda makan sebelum anda mempresentasikan materi anda. Tapi jangan berlebihan.


Apa yang lebih buruk daripada perut keroncongan, bagian belakang yang ribut atau kebutuhan untuk panggilan alami. Tentu anda bisa punya waktu luang saat presentasi ketika di kamar mandi/jeda istirahat. Tapi jika anda sedang dalam wawancara dan perut anda itu membuatnya dikenal orang lain, maka anda terlihat kurang-dari-profesional. 


Dan isi perut tidak hanya tentang mendiamkannya, tetapi anda juga perlu cukup bahan bakar untuk melalui prosesnya. Jika anda tidak mengonsumsi kalori yang cukup, tubuh anda akan memberitahu anda – hal ini pasti akan diketahui orang lain.


cara pidato yang baik


4. Pilih peraga dengan hati-hati


Jika anda berpidato dengan menggunakan powerpoint, anda memerlukan hal ini. Saya pernah melihat presentasi yang terlihat sangat amatir. Sepele, hanya karena pembicaranya membawa gelas kopi McDonald’s selama ia berbicara atau papan tulis atau sandaran papan tulis yang tidak bekerja. Saat menggabungkan potongan-potongan presentasi anda, jangan meninggalkan hal-hal yang detil. 


Jika anda butuh minum (dan anda harus membawa air), pastikan gelas minum anda (dan tempat minum, jika anda banyak minum) bersih, simpel, dan berkelas. Jangan menggunakan gelas yang ada moncongnya atau botol air minum untuk olahraga. 


Jika presentasi anda membutuhkan sandaran atau papan tulis putih, pastikan semuanya solid, bekerja sebagaimana mestinya, dan terlihat baru atau setidaknya bersih dan kokoh. Jika anda bergantung pada handout, pastikan sudah tersusun, terstaples, dan ditumpuk rapi atau dibagikan di kursi setiap audiens. 


Semakin sedikit interupsi yang anda lakukan saat sedang presentasi atau pertemuan, semakin baik. Jangan berhemat. Jika anda membayar murah untuk sandaran atau papan putih, anda mungkin akan bergelut dengan mereka lebih dari yang anda kira. Keluarkan uang untuk perlengkapan yang solid dan anda akan mendapatkan hasil yang solid.



5. Ganti mode handphone anda ke silent mode (mode hening)


Audiens anda tidak perlu tahu berapa banyak orang menelepon atau mengirim pesan pada anda, dan tidak ada yang lebih tidak profesional daripada menghentikan presentasi atau menginterupsi wawancara hanya untuk menjawab telepon atau pesan. 


Ada beberapa pengecualian untuk aturan ini. Jika istri anda akan melahirkan, itu salah satunya. Jika itu yang terjadi (atau hal lainnya yang sama mendesaknya), jelaskan situasinya pada audiens supaya mereka mengerti. Di luar hal itu, ubah mode handphone anda menjadi silent atau matikan saja. Sehingga tidak akan ada yang menggangu jalannya pidato anda dari pembukaan pidato sampai selesai



6. Perhatikan waktu


Ingatlah bahwa waktu adalah uang. Orang lain tidak hanya membayar anda agar anda melayani mereka, tapi audiens anda punya hal-hal lain yang harus dilakukan. Tetap berpegang pada waktu yang sudah diberikan dan anda akan baik-baik saja. Dan itu bukan berarti anda mengakhirinya lebih awal. Saat sebuah perusahaan membayar untuk waktu anda, mereka ingin mendapatkan yang setimpal dengan uang yang mereka keluarkan. 


Jangan meremehkannya. 


Dan jika anda sedang dalam sebuah wawancara, jangan bertindak seakan-akan anda memiliki hal lain yang lebih penting. Termasuk juga dalam hal tepat waktu. Sebagai aturan dasar yang baik, anda harus siap berangkat dengan alokasi waktu yang diberikan. Ini bukan berarti anda harus datang saat tepat jam dimulainya acara. 


pidato yang baik


7. Bersiaplah


Ini benar-benar terjadi, jika anda menggunakan sebuah laptop untuk pidato melalui proyektor. Jangan mengandalkan apapun pada host anda (diluar proyektor). Bawa segala konektor yang anda butuhkan, sekaligus baterai cadangan dan adaptor AC untuk laptop anda. Anda tentu tidak mau host anda berputar-putar hanya untuk mencari sesuatu agar presentasi anda berjalan dengan baik. Kesiapan juga termasuk memastikan apakah anda punya cukup literatur untuk audiens anda. 


Selalu bawa lebih banyak dari yang anda butuhkan. Perkirakan lebih awal berapa banyak peserta yang akan menanyakannya, jadi anda bisa memastikan bahwa suplai anda lebih dari cukup. Dan juga bawa ekstra digital copy dari presentasi anda. Anda tak pernah tahu, karena alasan apa, presentasi anda akan corrupt dalam PC. Bawa serta presentasi anda dalam CD dan flashdisk untuk jaga-jaga.



8. Kenali audiens


Ingatkah anda dengan nasehat yang diberikan di sekolah tentang menulis amplop untuk resume anda? Pernahkah anda memulai surat dengan “Kepada yang bersangkutan”? Saya rasa tidak. Jadi kenapa memulai sebuah presentasi tanpa mengenal audiens anda? Hal ini bisa sangat krusial dalam menyampaikan presentasi profesional ataupun pertemuan. 


Jika anda sedang memberikan presentasi tentang jaringan kepada sekelompok administrator UNIX atau Linux, jangan membicarakan istilah-istilah Windows. Jika anda sedang berhadapan dengan kelompok administrator Windows, jangan mengejek mereka dengan memamerkan betapa hebatnya kung fu UNIX itu.



9. Jangan bercanda


Sedikit humor akan membantu untuk membangun koneksi yang lebih jauh dengan audiens anda. Tapi jangan manfaatkan acara itu sebagai media anda untuk stand up comedy. Anda akan terlihat kurang profesional dan lebih seperti seorang badut. Tentu saja, cairkan kebekuan dengan anekdot yang lucu atau rileks-kan situasi saat terlalu banyak informasi yang diberikan bersamaan. 


Namun jangan menunjukkan diri anda sebagai pelawak atau komedian. Anda tidak akan dianggap serius ketika serius itu dibutuhkan. Dan mungkin anda tidaklah selucu yang anda pikirkan. Jadi, biarkan profesional yang melakukan komedinya.


cara berpidato


Menurut saya perkenalan diri yang baik di awal pembukaan pidato adalah yang bisa menarik perhatian audiens. Biasanya yang memperkenalkan diri secara lucu dan unik bahkan yang menjelekkan diri sendiri akan mendapat banyak perhatian. Namun jika hal itu dilakukan secara berlebihan, maka akan menuai rasa tidak suka para penonton. 


Anda harus membatasi gurauan anda. Ceritakanlah hal yang menarik tentang diri anda, sehingga orang akan terus memperhatikan apa yang anda bicarakan. Itulah hal-hal yang saya anggap cukup membantu anda untuk dapat memperkenalkan diri dalam pidato dengan bahasa Inggris di depan banyak orang. 


Saya harap anda tidak gugup dan menghancurkan suasana saat anda mulai berpidato. Jika hal itu terjadi, maka tips yang telah saya berikan tak akan membantu anda.

Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang