Bagaimana mengatasi bekas luka herpes di wajah secara alami?

Dilihat 45,2 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Siapa yang tidak mengenal penyakit herpes? Ternyata herpes bukan hanya penyakit yang ditimbulkan oleh hubungan seksual yang tidak sehat saja, penyebab herpes bisa bermacam-macam. Namun, penyebab utama herpes adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh virus dan infeksi virus yang menyebar masuk kedalam pori-pori dan jaringan kulit.


Penyakit herpes adalah sejenis penyakit kulit yang menular. Penyakit herpes memiliki karakter yang sangat unik dan bandel, karena sangat dimungkinkan bagi penderita yang sudah pernah mengalami penyakit herpes beresiko tinggi akan kembali mengalaminya dalam jangka waktu tak menentu. Penyakit herpes sebenarnya bisa menyembuhkan dirinya sendiri walaupun waktu untuk dirinya menyembuhkan diri tidak menentu, bisa cepat namun bisa sangat lama. Selain itu penyakit ini juga mampu memberikan bekas luka pada wajah yang kurang sedap dipandang. Oleh karenanya banyak orang yang pernah mengidap penyakit ini berusaha cara menghilangkan bekas luka di wajah dengan berbagai macam metode.


Penyakit herpes bisa juga dialami dikarenakan daya tahan tubuh atau imunitas tubuh yang menurun. Adapun gejala herpes yang akan muncul disaat tubuh terinfeksi oleh virus, awal mulanya bisa hanya demam saja seperti reaksi tubuh pada umumnya. Kulit pun juga akan terasa panas dan juga terasa sakit akibat infeksi virus, lalu muncul gatal gatal dan juga menyebabkan mati rasa dibagian tubuh yang di infeksi. Setelah itu akan muncul ruam kulit secara perlahan lahan yang seperti melepuh dan berisikan air. 


Luka yang terbentuk di permukaan kulit akibat infeksi herpes dan peradangannya memang sangat tidak menyenangkan apabila menjadi bekas luka, apalagi jika bekas luka tersebut terletak di wajah. Orang yang terkena penyakit herpes atau yang sudah sembuh seringkali merasa minder karena penampilannya yang kurang baik. Apalagi bekas luka di wajah karena penyakit herpes tidak bisa ditangani secara asal-asalan dengan penggunaan obet-obatan di pasaran. Sehinga sangat dibutuhkan cara menghilangkan bekas luka di wajah yang tepat dan efektif agar hal tak menyenangkan tersebut bisa teratasi.


Meskipun sebenarnya bekas luka bisa hilang dengan sendirinya, tapi beberapa orang mengaku terganggu akibat keberadaan bekas luka tersebut. Khususnya bagi kaum perempuan yang kurang percaya diri terhadap penampilannya karena memiliki bekas luka di wajah. Namun untuk sekarang kita tidak perlu merasa cemas, berikut ini adalah beberapa cara ampuh yang bisa dicoba, baik secara alami maupun dengan 




Cara Mengatasi Bekas Luka Herpes di Wajah Secara Alami


Sebenarnya ada dua cara menghilangkan bekas luka di wajah yang akan saya bagikan kali ini, yaitu medis dan alami. Namun sebelum kita mencoba cara medis, sebaiknya kita terapkan perawatan bekas luka secara alami dulu, khususnya untuk luka yang belum terlalu parah. Beberapa bahan alami yang bisa kita aplikasikan antara lain:


1. Lidah buaya



Tanaman yang satu ini sangat berkhasiat bagi perawatan kulit. Selain bermanfaat untuk merawat rambut, lidah buaya juga bisa kamu jadikan sebagai penghilang bekas luka secara alami. Beberapa penelitian membuktikan gel tanaman herbal ini diperkaya dengan kandungan lignin dan asam amino. Kedua senyawa tersebut dapat membantu melembabkan kulit, mencegah peradangan, dan mempercepat regenerasi sel. Cara menghilangkan bekas luka dengan lidah buaya:


  • Siapkan tanaman lidah buaya yang masih segar, lalu ambil gel di dalamnya.
  • Setiap selesai mandi oleskan gel lidah buaya ke seluruh bagian bekas luka.
  • Diamkan kurang lebih selama 1 jam sampai meresap, setelah itu bilas air dingin.

Akan tetapi sebagai catatan penting, jangan sampai kulit kita terkena getah lidah buaya. Karena getah tanaman ini bisa memicu munculnya iritasi dan rasa gatal.


2. Madu


Manfaat madu untuk kulit memang sudah tidak diragukan lagi. Kandungan nutrisi yang cukup lengkap membuat madu cukup digemari di masyarakat. Tidak hanya bermanfaat menjaga kesehatan saja, tapi juga efektif dalam mengoptimalkan regenerasi sel kulit baru. Cara menghilangkan bekas luka di wajah dengan madu :


  • Sediakan madu alami secukupnya saja.
  • Bersihkan area luka, lalu oleskan madu tadi secara merata.
  • Diamkan sampai benar-benar meresap dan kering.
  • Bilas dengan memakai air dingin sampai bersih.

Agar hasilnya maksimal kita bisa mengombinasikan antara madu dan lidah buaya sekaligus.


3. Minyak zaitun



Jika dirumah tidak ada madu, kamu bisa mencoba memakai minyak zaitun. Olive oil atau minyak zaitun memiliki banyak sekali manfaat bagi kulit. Selain sebagai penghilang bekas jerawat, minyak zaitun juga dapat menghilangkan bekas luka lama. Bahkan jika digunakan rutin minyak zaitun berkhasiat menjaga kulit tetap awet muda. Cara menghilangkan bekas luka dengan minyak zaitun :


  • Siapkan minyak zaitun secukupnya, kamu bisa membelinya di supermarket terdekat.
  • Setiap selesai mandi oleskan minyak zaitun secara merata ke bagian bekas luka. Lalu diamkan sejenak selama 1 – 2 jam agar meresap.
  • Jika sudah benar-benar meresap bilas dengan air dingin sampai bersih.

Bila dirasa perlu, maka kombinasikan juga minyak zaitun dengan lidah buaya atau madu agar hasilnya lebih maksimal.




Dalam perjalanan pengobatan yang dilakukan untuk menghilangkan bekas luka juga bisa dilakukan secara medis dikarenakan ada beberapa orang ingin  segera menghilangkan bekas lukanya secara cepat. Pengobatan bekas luka melalui medis ini biasanya menggunakan salep, obat-obatan, terapi sinar laser atau bahkan tindakan operasi plastik. Semua ini dilakukan agar proses penyembuhan wajah bisa berlangsung secara cepat.


Untuk menghilangkan bekas luka akibat goresan, krim atau gel adalah pilihan yang tepat. Biasanya salep penghilang bekas luka yang dijual bebas mengandung campuran steroid, vitamin E, dan silikon. Selain kandungan steroid, dokter juga akan meresepkan krim penghilang bekas luka dengan kandungan antihistamin pada bekas luka yang menyebabkan efek gatal-gatal.


Namun tindakan medis di atas seringkali mengakibatkan efek samping yang mengganggu. Seringkali pasien yang mencoba cara medis ini mengalami kesusahan karena kondisi genetik yang tidak bisa menyesuaikan bahan kimia yang menjadi komposisi salep. Jika bekas luka yang kita alami semakin parah atau tidak bisa teratasi, sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter sebelum memakai salep penghilang bekas luka tersebut agar tak menyebabkan komplikasi.


Sebagai catatan, sebaiknya kita lakukan cara-cara medis di atas hanya dengan bantuan ahli medis yang sudah terpercaya dan bersertifikat. Sebab jika sembarangan, takutnya efek buruknya akan menimpa diri sendiri. Kulit cantik yang menjadi idaman tak jadi dimiliki lagi.


Itulah beberapa cara menghilangkan bekas luka secara alami dan medis. Sebelum mencoba medis sebaiknya kita gunakan cara alami dulu minimal dua bulan secara rutin dua kali sehari. Apabila tidak ada perkembangan yang signifikan, kita bisa langsung mencoba salah satu cara medis di atas dengan bimbingan dokter spesialis terlebih dahulu.Selamat mencoba, semoga bermanfaat :)


Terjawab sekitar 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang