Bagaimana mengatasi ketombe parah?

Dilihat 811 • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1



Ketombe. Mendengar kata yang satu ini, pikiran langsung tertuju dengan pakaian yang berwarna hitam. Ya, kerap kali seseorang berkelakar bahwa menghindari pakaian yang berwarna hitam merupakan cara mengatasi ketombe yang paling ampuh, sebab dengan tidak memakai pakaian berwarna gelap ketombe tidak akan terlihat dengan jelas jika jatuh ke baju ;) Ketombe memang bukan gangguan kesehatan yang membahayakan, namun munculnya ketombe tentu sangat mengganggu. Mengapa? Karena dengan adanya ketombe, Anda dapat kehilangan kepercayaan diri, mengganggu penampilan, terkesan kotor dan tidak pandai menjaga kebersihan diri.


Pada dasarnya ketombe merupakan sesuatu yang normal, selama jumlahnya tidak berlebihan dan tidak menimbulkan rasa gatal yang hebat. Ketombe sebenarnya adalah pengelupasan kulit mati yang terjadi di kulit kepala, sel-sel kulit mati yang normal terkelupas dalam pergantian kulit setiap bulan, untuk diganti oleh sel-sel baru yang lebih sehat. Jika sel kulit mati yang terkelupas jumlahnya sedikit, hal ini wajar-wajar saja, namun jika terjadi dalam jumlah banyak maka perlu diwaspadai. 

Lalu, sebenarnya apa sih penyebab ketombe muncul di kulit kepala? Untuk lebih jelasnya yuk simak ulasan berikut ….


Apakah Penyebab Ketombe?

Kebersihan kulit kepala seringkali dianggap menjadi masalah utama yang menyebabkan timbulnya ketombe, namun hal itu bukanlah faktor utama dan tunggal, banyak faktor yang lain. Sebelum diulas mengenai bagaimana cara mengatasi ketombe, ada baiknya kita ketahui dulu beberapa faktor penyebab ketombe :

  • Usia – Ketombe dipengaruhi oleh usia seseorang. Biasanya ketombe lebih banyak muncul pada usia remaja, karena pada usia tersebut kelenjar minyak sedang bekerja dengan sangat aktif. 
  • Meningkatnya Produksi Minyak - Meningkatnya produksi minyak di kulit kepala dapat disebabkan oleh makanan tinggi lemak, stres, iklim, maupun obat-obatan yang akan meningkatkan aktivitas kelenjar lemak. 
  • Sisir Rambut - Kebersihan sisir rambut seringkali diabaikan, padahal penggunaan sisir rambut yang kotor dan berminyak sangat berpengaruh terhadap kebersihan kulit kepala yang secara tidak langsung berkaitan dengan masalah ketombe yang Anda hadapi. 
  • Sisa Shampoo - Ketika mencuci rambut dan menggunakan shampo, pastikan Anda membilasnya dengan bersih. Sebab sisa sampo yang tidak terangkat dapat menjadi penyebab timbulnya ketombe.  
  • Penggunaan Shampo Anti Ketombe - Keramas dengan menggunakan shampo anti ketombe setiap hari justru bisa merangsang timbulnya ketombe. Mengingat bahan kimia yang ada didalamnya, sebaiknya gunakan shampo anti ketombe 2-3 hari sekali. 
  • Jarang atau terlalu sering keramas - Penggunaan shampo yang terlalu sering dapat menyebabkan kulit kepala menjadi kering, sehingga sangat mudah untuk ketombe tumbuh, di sisi lain jika jarang berkeramas, kulit kepala akan mengalami penumpukan kotoran yang dapat menjadi sarang ketombe. Sebaiknya keramas dilakukan secara rutin 2 hari sekali dan gunakan merk shampo yang sesuai dengan jenis kulit kepala dan rambut anda. 
  • Penggunaan Hair Dryer – Sering menggunakan hair dryer setelah mencuci rambut tidak baik bagi kesehatan rambut, selain dapat membuat rambut menjadi kering, hair dryer juga membuat kulit kepala menjadi panas sehingga menjadi sumber penyebab rambut berketombe. 
  • Produk Perawatan rambut - Piihlah jenis produk perawatan rambut seperti shampo, kondisioner, vitamin rambut atau produk kecantikan rambut lainnya yang sesuai dengan jenis kulit kepala Anda. Produk-produk tersebut mengandung bahan kimia dan tentunya memiliki efek pada kulit kepala dan rambut Anda . Jika salah memilih jenis produk perawatan rambut justru dapat menyebabkan masalah ketombe lebih parah. 
  • Makanan – Sebaiknya hindari mengkonsumsi makanan yang dapat merangsang tumbuhnya ketombe, seperti makan-makanan pedas, makanan tinngi lemak, gorengan, dan jenis makanan yang mengandung gula tingi. Selain itu kekurangan zat besi, vitamin B atau asam lemak juga bisa menyebabkan kulit kepala beserpih dan gatal. 
  • Sinar Matahari di Siang Hari - Jika anda sering berada di luar rumah saat siang hari yang terik tanpa pelindung rambut, maka kepala yang kepanasan bisa menyebabkan sel kulit cepat mati dan berubah menjadi ketombe. 
  • Stres – Stress memiliki dampak buruk yang sangat banyak bagi kesehatan tubuh, tidak terkecuali ketombe. Tanpa disadari, stress dapat menjadi penyebab utama kulit kepala gatal dan muncul ketombe berlebihan.  
  • Infeksi jamur - Gejala atau tanda bahwa ketombe disebabkan oleh infeksi jamur diantaranya adalah rambut mudah patah atau rapuh, muncul lapisan bersisik di kulit kepala disertai reaksi radang dan gatal yang mengganggu, warna rambut menjadi abu-abu dan kusam, ada kontak dengan orang yang diketahui menderita infeksi jamur. Perlu dipahami bahwa Infeksi jamur sangat mudah ditularkan dari satu orang ke orang lain dan penularan dapat terjadi melalui penggunaan benda -seperti sisir, topi, handuk- secara bersama-sama. 

Itulah beberapa faktor penyebab ketombe berlebihan pada rambut Anda. Sedapat mungkin hindari hal-hal diatas agar rambut bebas dari ketombe


Cara Mengatasi Ketombe

Bila ketombe telah tumbuh berlebihan dan menimbulkan rasa gatal yang sangat mengganggu, sebaiknya harus segera ditangani. Penanganan ketombe pada prinsipnya adalah menurunkan jumlah produksi lemak. Berikut ini akan diuraikan mengenai cara mengatasi ketombe, termasuk diantaranya dengan menggunakan bahan-bahan alami

  • Mencuci rambut dengan menggunakan sampo antiketombe yang mengandung selenium sulfide atau zinc pyrithion. 
  • Hilangkan Ketombe Dengan Makan Makanan Sehat – Batasi konsumsi makanan dan minuman yang justru memicu pertumbuhan jamur kulit, misalnya minuman beralkohol atau makanan tinggi lemak. Konsumsi makanan yang dapat membantu Anda menyingkirkan ketombe dan mencegah agar tidak datang kembali, seperti : sayur-sayuran hijau, konsumsi protein, ikan dan daging non lemak, telur, kacang-kacangan dan bisa juga dengan mengkonsumsi suplemen minyak ikan. 
  • Hindari menggaruk kulit kepala secara berlebihan  
  • Memberikan obat anti jamur, yang dapat berupa obat minum maupun obat topical (dioleskan langsung pada tempat terkena). Biasanya lama pengobatan berkisar 6-12 minggu. 
  • Bila ketombe belum hilang juga dan semakin parah berkonsultasilah dengan dokter agar dapat diberikan obat dengan dosis dan cara pemakaian yang tepat. 

Selain itu ketombe dapat juga dihilangkan dengan menggunakan bahan-bahan alami, seperti :

  • Daun Pandan - Lumatkan/tumbuk beberapa lembar daun pandan, tambahkan segelas air dan aduk hingga merata. Peras ramuan dan saring. Lalu oleskan pada kulit kepala dan rambut hingga merata, tunggu hingga satu jam sebelum dibersihkan. 
  • Lemon - Keasaman dalam perasan lemon mengandung asam yang dapat membantu memecah jamur yang sering menjadi penyebab timbulnya ketombe.  
  • Aloe Vera – Ketombe sering disebabkan oleh sel-sel tumbuh dan mati yang terlalu cepat, aloe vera dapat membantu mengembalikannya ke keadaan normal. Caranya oleskan gel Aloe Vera secara merata pada kulit kepala selama kurang lebih 15 menit sebelum mencuci rambut. 
  • Garam - Garam dapat membantu menyingkirkan dan mengatasi ketombe. Jika Anda mau, gunakan bersamaan dengan shampo agar dapat meresap dan bekerja secara maksimal. Pijat lembut kulit kepala dengan menggunakan 3 sendok makan garam yang telah dibasahi sebelumnya selama 2-3 menit. Lalu bilas dan bersihkan dengan shampoo seperti biasa.
  • Baking Soda - Baking soda dapat menyingkirkan kulit mati yang berlebihan, membunuh jamur yang ada pada kulit kepala dan membantu menghilangkan ketombe pada rambut Anda. Campurkan satu sendok makan baking soda dengan satu cangkir air hangat, aduk terlebih dahulu sebelum digunakan. Lakukan ini sebagai pengganti shampo. Mungkin pada awalnya rambut akan terasa lebih kering, namun minyak alami yang ada pada rambut akan memulihkannya segera, dan rambut Anda akan jauh lebih seimbang daripada ketika menggunakan shampo biasa. 



Nah, itulah beberapa cara mengatasi ketombe yang dapat Anda lakukan sehari-hari. Semoga informasi diatas bermanfaat ya dan dapat membantu Anda untuk membasmi ketombe yang membandel. Satu hal yang perlu diingat jika memang kondisi kulit kepala semakin parah, ketombe yang muncul sudah sangat berlebihan dan menimbulkan radang, Anda harus segera menemui dokter dan lakukan konsultasi. Anda mungkin akan menjalani perawatan kulit kepala dan diberikan obat sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Selamat Mencoba!



Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang