Bagaimana cara mengatasi bekas jerawat?

Dilihat 1,24 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

galena jerawat wajah


Untuk sebagian besar orang, jerawat beserta bekasnya merupakan hal yang sangat mengganggu dan paling tidak diinginkan kehadirannya. Jelas saja munculnya jerawat di wajah merupakan hal yang mengganggu selain karena rasa sakit dan perih akibat jerawat yang membengkak di wajah, jerawat juga dapat menurunkan rasa percaya diri seseorang. Karena itulah untuk sebagian besar orang yang tak menginginkan hal ini terjadi, perawatan wajah merupakan hal yang sangat penting.


Selain keberadaan jerawat yang mengganggu, hal lain yang mengganggu dari jerawat adalah bekas jerawat. Banyak sekali cara menghilangkan jerawat dan bekasnya bisa kita temukan, namun tentu saja hal itu tentu tidak semuanya ampuh. Mungkin hal itu ampuh untuk menghilangkan jerawat namun tidak dengan bekas jerawat. Bekas jerawat dikenal sulit sekali untuk dihilangkan. Bisa memakan waktu lama untuk menghilangkannya atau bahkan tidak bisa hilang sama sekali. Berbagai cara dari menggunakan berbagai macam produk kecantikan sampai menggunakan cara alami menghilangkan bekas jerawat.


Namun anda tidak perlu khawatir! Saya akan memberikan anda beberapa cara menghilangkan jerawat dan bekas jerawat serta beberapa cara untuk merawat kulit anda agar tetap sehat dan cantik.



Berbagai Cara Mengatasi Jerawat Dan Bekas Jerawat


galena mengatasi jerawat

Jerawat adalah masalah kulit yang umum terjadi pada semua orang apalagi ketika memasuki masa remaja. Hal ini juga sering kali terjadi pada orang dewasa. Produksi minyak berlebih serta penyumbatan pada kelenjar sebaceous menjadi faktor munculnya bakteri yang menyebabkan timbulnya jerawat. Anda tidak perlu khawatir. Dengan mengikuti beberapa cara perawatan wajah serta cara-cara mengatasi jerawat dan bekas jerawat di bawah ini masalah tersebut dapat diatasi dengan mudah.



1. Menggunakan Produk Rumah


  • Gunakan perasan lemon 

Cara satu ini bisa dibilang salah satu cara alami menghilangkan bekas jerawat. Lemon memiliki sifat yang bisa memutihkan kulit secara alami. Guankan perasan lemon langsung ke bekas luka dan biarkan 15 sampai 20 menit, atau gunakan perasan lemon dalam masker dan biarkan saat tidur. Ingat! Langsung lembabkan kulit setelah penggunaan. Jika tidak ada lemon, jeruk nipis juga bisa digunakan sebagai pengganti lemon karena memiliki sifat yang sama.


  • Kupas kulit menggunakan soda kue

Soda kue bisa mengupas kulit terluar dan bisa mengurangi kelihatannya bercak hitam pada kulit. Gunakan ini pada wajah anda, dan laukan gerekan memutar dan biarkan di wajah selama 2 menit, setelah itu bilas dengan air bersih dan keringkan dengan handuk. Jangan diusap, wajah anda sekarang sangat mudah teriritasi.

Anda juga bisa menggunakan soda kue untuk menghilangkan titik hitam, caranya sama, tapi tunggu 15 menit dan gunakan soda kue yang lebih banyak.


  • Madu

Madu adalah solusi yang baik utnuk menghilangkan jerawat, karena madu memiliki sifat anti bakterial yang ampuh dan dapat menghilangkan peradangan dan kemerahan. Gunakan cotton bud untuk mengambil madu dan usapkan ke daerah yang terkena jerawat. Diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air.

Madu itu baik untuk wajah yang mudah teriritasi dan akan membuat kulit anda lembab. Madu adalah obat kulit yang tidak mengandung zat yang berbahaya, jadi kulit sensitif masih bisa menggunakan madu sebagai perawatan jerawat.


  • Lidah Buaya 

Lidah buaya mempunyai sifat yang melembabkan. Dapat menghilangkan bekas luka, luka bakar, dan jerawat. Lidah buaya bisa melembabkan wajah dan menghilangkan noda jerawat. Gel lidah buaya bisa digunakan di wajah dan tidak perlu di bilas setelah penggunaan. Diamkan saja sampai gel lidah buaya tersebut meresap kedalam bekas jerawat anda.

Untuk menghilangkan luka yang dalam, gunakan minyak pohon teh sebelum gel lidah buaya untuk membuat kulit anda lebih putih.


  • Es batu

galena es batu untuk wajah


Cara satu ini sangatlah mudah di buat di rumah dan dapat menghilangkan jerawat dan mengurangi peradangan. Cara memakainya mudah, cukup membungkus es batu dalam handuk dan usapkan pada wajah yang terkena jerawat selama 1 atau 2 menit sampau wajah terasa kebal.

Anda bisa membekukan air teh dari pada air biasa. Air teh memiliki sifat anti bakteri dan menghilangkan peradangan.


  • Campuran gel kayu cendana

galena kayu cendana

Kayu cendana memiliki sifat yang dapat menyembuhkan bekas luka, dan mudah di buat di rumah. Campurkan gel mawar dan campurkan dengan bubuk kayu cendana. Gunakan gel ini pada wajah selama 30 menit, lakukan ini setiap hari sampai luka meghilang.


  • Cuka apel

Cuka apel dapat membuat PH anda stabil karena cuka apel memiliki sifat yang basa yang dapat menetralkan asam. Cara penggunaannya larutkan cuka apel dalam air, dan gunakan handuk atau kapas dan letkan pada jerawat selama 2 menit.




2.  Menggunakan Obat Wajah


  • Mulai dengan krim Kortisol 

Krim ini dapat mengurangi peradangan dan mempercepat penyembuhan. Konsultasi kepada dokter untuk emceari krim kortisol yang cocok untuk anda.

Krim kortisol tersedia dalam bentuk resep maupun apotek. Jangan lupa membaca label dan cara penggunaan.


  • Gunakan krim pemutih kulit

Krim ini mengadung bahan seperti kojic acid, arbutin, licorice extract, mulberry extract and vitamin C. dan dengan itu krim ini bsa memutihkan wajah dan mencegah kehitaman akibat pigmentasi berlebih. Hindari penggunaan krim yang mengandung hydroquinone, karena ini terbukti dapat memicu kanker dan iritasi pada wajah.


  • Gunakan glycolic atau salicylic acid

galena produk salicylic acid

Glycolic atau yang lebih dikenal dengan salicylic acid banyak di temukan di berbagai jenis obat-obatan seperti obat untuk perawatan wajah, lulur, dan balsem. Ini bisa membantu wajah mengupas kulitnya yang lama dan menggantikan dengan sel kulit yang mudah dan halus dan menghilangkan kehitaman.

Konsultasi kepada dokter untuk mengetahui glycolic atau salicylic acid apa yang cocok untuk kondisi wajah atau kulit anda.


  • Gunakan retinoid

Retinoid merupakan sumber vitamin A untuk kulit dan biasanya tersedia di banyak produk krim dan obat kulit yang ada di pasaran. Retinoid ini dapat memicu pertumbuhkan sel kulit sehingga lebih banyak sel kulit yang diproduksi dan membuat anda semakin tampak lebih muda.

Anda bisa mendapatkan retinoid di apotek , tapi retinoid yang lebih ampuh hanya dapat di dapatkan dari resep dokter. Retinoid juga sangat sensitif dengan sinar UV, jadi gunakan krim ini saat malam hari dan hindari sinar matahari.


  • Coba metode laser

Jika bekas jerawat anda tidak hilang hilang sampai beberpa bulan, maka anda boleh mencoba perawatan laser. Ini akan menghilangkan pigmen berlebih dan memicu pertumbuhan kolagen. Ini juga bisa mengisi lubang pada kulit yang membuat kulit lebih halus dan kencang. Lakukan metode ini 4 atau 6 bulan sekali.

Konsultasi dengan dokter anda, apakah anda harus melakukan ini atau tidak. Apakah anda layak mendapatkan perawatan ini atau wajah anda tidak cocok untuk menerima perawatan ini. 



3. Perawatan Wajah

galena merawat wajah


  • Hindari wajah anda dari matahari 

Sinar UV adalah musuh dari wajah putih dan bersih. UV juga akan memburuk kondisi jerawat pada kulit anda, maka itu jika anda mau keluar, anda bisa gunakan senscreen dengan SPF 30 atau lebih. Anda bisa menggunakan topi atau penutup wajah.


  • Gunakan produk wajah yang ringan

Tidak mengandung banyak zat kimia berbahaya dan pengawet. Hindari penggunaan produk wajah yang keras dan abrasif kerena ini akan membuat kulit anda teriritasi. Hindari menggunakan air panas untuk memberikan wajah anda, karena ini akan membrikan wajah anda luka bakar yang minor. Hindari penggunaan handuk atau lap yang sering digunakan untuk hal lain selain wajah anda.


  • Sering-sering mengupas kulit 

Ini akan membatu wajah anda menghilangkan kulit mati dan menunjukan kulit yang lebih muda dan kencang yang ditutupi oleh sel kulit mati. Jerawat biasanya terjadi di bagian kulit paling atas. Jadi pengupasan akan mempercepat hilangnya jerawat dan luka sisa jerawat.


  • Hindari memegang jerawat atau luka

Walaupun ini sangat mudah di lakukan, jangan memecahkan jerawat anda. Karena ini akan memperburuk jerawat. Tangan anda memiliki banyak bakteri, sama juga jerawat anda. Jika anda memecahkan jerawat, anda hnya akan melepaskan bakteri ke seluruh wajah. Dan hanya akan membuat jerawat anda lebih banyak. Jadi sebisa mungkin, jangan memegang jerawat anda.


  • Minum banyak air dan atur pola makan yang sehat 

galena merawat kecantikan kulit dengan minum air putih


Ini tidak akan membuat jerawatan anda hilang seketika, tapi ini akan membantu kulit anda sembuh dan memperbaiki dirinya sendiri. Konsumsi makanan yang banyak mengandung banyak vitamin A, C, dan E. Minum juga akan membuat kulit anda tetap lembab.

Vitamin A terdapat pada makanan seperti brokoli, bayam, wortel. Selain itu, dalam vitamin C terdapat pada makanan seperti jeruk, ubi, dan alpukat. Sebisa mungkin kurangi makanan yang berminyak dan manis.



Jerawat bisa muncul kapan pun dalam kondisi seperti apapun. Kulit yang kotor dan berminyak memiliki potensi tinggi munculnya jerawat. Faktor gaya hidup dan penggunaan produk kecantikan juga bisa mempengaruhi. Untuk mengurangi potensi munculnya jerawat tersebut, selalu menjaga kebersihan dan kesehatan kulit anda merupakan hal yang paling utama.

Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang