Bagaimana menghilangkan bekas luka di lengan setelah waxing?

Dilihat 245 • Ditanyakan 8 bulan lalu
1 Jawaban 1

Pada umumnya, cara menghilangkan rambut pada bagian kaki dan tangan biasa menggunakan alat cukur, tapi sekarang ada cara yang lebih mudah, praktis, dan tahan lama, yaitu menggunakan waxing. Waxing adalah sebuah metode praktis untuk menghilangkan rambut di bagian tubuh yang tidak diinginkan, seperti pada bagian lengan, kaki, ketiak atau bagian tubuh lain yang mengganggu penampilan. Rambut tersebut tidak hanya dihilangkan pada bagian atas saja, tapi diberantas hingga ke akarnya. Selain itu, waxing juga dapat mengangkat sel kulit mati sehingga kulit akan menjadi lebih segar dan lembut. Kulit kering akan terangkat selama proses waxing dan secara tidak langsung kulit akan menjadi remaja kembali. Namun terkadang, setelah waxing kulit tampak merah dan timbul gatal-gatal sehingga kulit akan menjadi luka. Hal ini memang sering terjadi setelah pemakain waxing. Ruam kecil atau benjolan pada kulit dampak paling umum karena penggunaan waxing yang terlalu panas sehingga membuat kulit terbakar. Tak perlu khawatir, kamu bisa menghilangkan bekas luka setelah melakukan waxing. 


Menghilangkan Bekas Luka Pada Lengan Setelah Waxing

Ruam merah pada kulit atau iritasi setelah melakukan waxing sering terjadi karena ada tipe kulit yang sensitif terhadap benda-benda tertentu. Luka yang ditimbulkan kadang membekas, dan untuk mengatasi bekas luka setelah waxing perlu dilakukan beberapa hal dan tahapan.

Cara menghilangkan bekas luka setelah waxing untuk mengatasi ruam atau iritasi kulit pada lengan ada beberapa, antara lain:

  • Kompres menggunakan air dingin atau es, ini untuk meredakan bitik-bintik merah dan sakit akibat iritasi kulit. Usapkan air dingin atau es pada lengan kemudian ratakan pada bagian yang tedapat ruam.
  • Lidah buaya bisa digunakan untuk mengatasi bekas luka setelah waxing karena lidah buaya dapat menghilangkan iritasi pada kulit. Oleskan lidah buaya pada lengan yang terkena iritasi atau ruam tersebut.
  • Vitamin E atau minyak teh berguna dalam meredakan iritasi dan gatal setelah waxing dan membantu kulitmu sembuh. Cuci tangan dan oleskan tipis pada kulit. Pastikan jangan di pijat, lakukan 3 kali dalam sehari selama 3 hari pertama munculnya luka. 
waxing


  • Sebagai cara menghilangkan bekas luka setelah waxing yang selanjutnya bisa menggunakan salep topikal berguna untuk mempercepat penyembuhan. Salep topikal mengandung polymyxin B sulfate, seperti bacitracin zinc dan neosporin yang mencegah infeksi. 
  • Gunakan daun binahong karena daun binahong dapat mengatasi iritasi pada kulit atau ruam. Haluskan daun binahong sampai lembut dan oleskan tipis pada daerah yang terjadi iritasi atau ruam. 
waxing


Cara menghilangkan bekas luka setelah waxing bisa dilakukan dengan alami yang tidak mempunyai efek samping. Terkadang timbulnya rasa gatal atau benjolan kecil pada lengan setelah melakukan waxing. Gatal- gatal yang ditimbulkannya sulit hilang dan rona kemerahan setelah melakukan penghilangan rambut memang kerap terjadi. Hal ini disebabkan karena area tersebut kehilangan rambut yang melindunginya dan terjadi gesekan pada pakaian yang dikenakan sehingga terjadilah iritasi.

Obat gatal-gatal pada kulit yang biasa digunakan setelah melakukan waxing biasanya menggunakan obat salep yang mengandung Polymyxin B Sulfate seperti Bacitracin Zinc dan Neosporin yang dapat mencegah infeksi pada kulit.


     waxing


Sebaiknya bila timbul gatal-gatal yang cukup parah, jangan menggunakan obat gatal-gatal pada kulit secara sembarangan. Konsultasikan pada dokter kulit terlebih dahulu untuk mengatasinya. Jika setelah mencoba hal-hal yang diuraikan di atas dan tak ada perubahan, kamu baru temui ahli kulit. Karena meski jarang terjadi, infeksi bisa saja menyebar dan harus ditangani langsung oleh ahlinya. Untuk daerah ketiak, setelah melakukan waxing sebaiknya jangan menggunakan deodorant terlebih dahulu.

Sebelum melakukan waxing kamu sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu pada salon yang menanganinya bahwa kulit yang kamu punya sensitif sehingga dalam melakukan waxing akan lebih berhati-hati. Penanganan yang baik dan benar dalam melakukan waxing tidak akan menimbulkan iritasi kulit. Selamat mencoba! 

Terjawab 7 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang