Bagaimana cara menghilangkan bekas luka dan gatal setelah waxing?

Dilihat 903 • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Biasanya, banyak orang yang menghilangkan rambut pada bagian kaki dan tangan dengan menggunakan alat cukur atau dicabut. Tapi seiring berkembangnya teknologi, sekarang ada cara yang lebih mudah dan praktis untuk memusnahkan rambut-rambut atau bulu di tubuh, yaitu menggunakan wax atau lilin.


Waxing dapat membantu menghilangkan rambut di bagian tubuh yang tidak diinginkan, seperti pada bagian lengan, kaki, ketiak, bagian tubuh lain yang mengganggu penampilan, hingga kemaluan. Rambut tersebut tidak hanya dihilangkan pada bagian atas saja, tapi diberantas hingga ke akarnya dan tidak akan kembali dalam waktu yang singkat hingga banyak orang merasa bahwa waxing lebih baik daripada cukur.


Namun terkadang kulit terasa perih dan gatal karena iritasi setelah kita melakukan waxing. Hal ini wajar terjadi, namun tentu akan sangat mengganggu aktifitas sehari-hari dan bekas yang biasanya berupa ruam merah dan bengkak pasti mempengaruhi penampilan kita.


Berikut ini, mari kita simak beberapa cara menghilangkan bekas luka setelah waxing yang mudah dan murah!



Iritasi Setelah Waxing



Luka dan gatal setelah waxing adalah efek samping waxing paling umum yang biasanya disebabkan oleh alergi bahan kimia yang terdapat dalam kandungan wax dan cairan wax yang terlalu panas untuk kulit kita. Jika cairan wax terlalu panas, reaksi di kulit kita bisa terlihat seperti bekas luka bakar dan dibutuhkan waktu cukup lama untuk menghilangkannya.


Selain itu, iritasi juga bisa terjadi karena terjadinya peradangan pada akar rambut. Hal ini bisa dihindari dengan memastikan bahwa area yang akan di-wax telah bersih dan steril dari kotoran.


Selanjutnya adalah iritasi yang disebut dengan ingrown hair. Ingrown hair adalah keadaan ketika rambut tumbuh ke dalam dan menusuk daging. Hal ini biasanya dikarenakan arah pencabutan wax yang salah sehingga sisa rambut tertekuk juga ke sudut yang salah. Meskipun harus ditangani dengan serius, rasa gatalnya bisa diatasi dengan mengaplikasikan obat gatal-gatal pada kulit.


Proses waxing yang salah tidak hanya menyebabkan ingrown hair, tapi juga bisa menimbulkan selulitis dan jerawat-jerawat kecil karena kelenjar minyak yang tersumbat folikel bulu rambut yang rusak.




Cara Menghilangkan Bekas Luka dan Rasa Gatal Setelah Waxing



Walaupun beberapa luka, rasa gatal, dan iritasi yang sudah cukup berat akan cukup sulit untuk dihilangkan dengan cepat, beberapa cara menghilangkan bekas luka setelah waxing di bawah ini mampu membantu meredakannya untuk sementara.


Hal yang harus kamu lakukan adalah sebagai berikut:

 
  • Kompres menggunakan air dingin atau es, ini untuk meredakan bitik-bintik merah dan sakit akibat iritasi kulit. Usapkan air dingin atau es pada lengan kemudian ratakan pada bagian yang tedapat ruam. Selain itu luka bakar akibat wax yang terlalu panas juga bisa diatasi dengan cara ini, namun gunakanlah air mengalir di atas luka selama beberapa saat.
  • Lidah buaya bisa digunakan untuk mengatasi bekas luka setelah waxing karena kandungan dalam lidah buaya dapat membantu meredakan peradangan (inflamasi) dan mengatasi iritasi pada kulit. Oleskan lidah buaya pada lengan yang terkena iritasi atau ruam tersebut. Jika tidak ada lidah buaya segar, bisa gunakan gel lidah buaya yang banyak dijual bebas di apotek.
  • Vitamin E atau minyak teh. Mereka berguna dalam meredakan iritasi dan gatal setelah waxing dan membantu kulitmu sembuh. Cuci tangan dan oleskan tipis pada kulit. Pastikan jangan dipijat, lakukan 3 kali dalam sehari selama 3 hari pertama munculnya luka. 
waxing


  • Cara menghilangkan bekas luka setelah waxing yang selanjutnya adalah dengan menggunakan salep topikal. Salep topikal kortikosteroid berguna untuk mempercepat penyembuhan dan mengandung polymyxin B sulfate, seperti Bacitracin zinc dan neosporin yang mencegah infeksi. Namun harap diingat bahwa salep ini adalah obat keras dan sebaiknya tidak digunakan tanpa resep atau anjuran dari dokter terkait agar tidak terjadi alergi yang membuat kulitmu semakin parah.
  • Daun binahong. Daun ini telah lama dikenal sebagai obat asam urat, tapi ternyata, daun binahong juga bisa digunakan sebagai obat gatal-gatal pada kulit, dapat mengurangi peradangan dan iritasi, ruam, kulit melepuh, eksim, kulit bersisik, hingga kulit kering tanpa efek samping. Ada banyak yang menjual olahan daun binahong di apotik dan siap diaplikasikan di kulit. Tapi jika kamu mengingingkan yang alami, remas-remas daun binahong hingga keluar airnya. Sapukan air tersebut di area yang membutuhkan, lalu biarkan selama 20 menit, lalu bilas hingga bersih.
waxing


  • Apabila luka yang kamu miliki sudah cukup parah, coba juga untuk mengunakan daun sambung nyawa. Daun ini mungkin cukup jarang didengar oleh orang awam, namun sebenarnya cukup mudah ditemukan dan sudah lama dikenal sebagai obat penyakit dalam. Daun sambung nyawa dapat berfungsi untuk menyembuhkan luka dan infeksi, hingga luka bekas gigitan ular. Untuk menggunakan daun ini, ambil sekitar 10 lembar dan tumbuk hingga cukup halus. Balurkan tumbukan daun ini di daerah yang terluka atau terinfeksi dan diamkan selama sekitar 15 menit.


Sebagian besar cara yang telah diuraikan di atas adalah yang terbaik dan teraman untuk dilakukan sendiri di rumah. Namun apabila iritasi dan gatal yang kamu rasakan tidak kunjung menghilang, maka sebaiknya segeralah kunjungi dermatolog kepercayaanmu. Masalah kulit jangan dianggap sepele, karena bisa merambat ke permasalahan yang lainnya juga.


Tentu saja semua gatal dan radang kulit tersebut bisa dicegah, dengan cara selalu menjaga kebersihan alat dan kulit sebelum melakukan waxing dan memilih tempat yang tepat juga. Jangan sembarangan pilih tempat waxing yang belum terpercaya dan tergiur dengan harga yang sangat miring. 

Pelajari dulu tempat perawatan tersebut dan pastikan bahwa para pekerjanya adalah benar-benar para profesional yang telah terlatih. Kamu tentu tidak mau menyesal belakangan, kan?


Selain itu, juga hindari dengan mematuhi hal-hal yang tidak boleh dilakukan setelah waxing, seperti menggunakan deodoran atau semacamnya.


Namun, saat ini ada banyak toko kecantikan yang menyediakan bahan-bahan wax dengan harga terjangkau dan kita bisa melakukannya sendiri dengan mudah di rumah. Banyak orang telah mencoba dan sepertinya hasilnya cukup baik. Dengan meracik sendiri wax yang akan kita gunakan, setidaknya kita akan terhindar dari luka bakar karena kita tahu seberapa panas suhu yang kuat diterima oleh kulit kita.


Semoga bermanfaat!

Terjawab sekitar 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang