Bagaimana minum alkohol dapat membunuhmu kalau hati tumbuh kembali?

Dilihat 493 • Ditanyakan sekitar 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Dalam jangka panjang, konsumsi alkohol yang tinggi menyebabkan perubahan dalam struktur hati yang menyebabkan terjadinya sirosis hati: jaringan yang normal digantikan dengan jaringan yang rusak yang tidak lagi berfungsi. Hati beregenerasi dalam banyak kondisi setelah menyingkirkan bagian - bagiannya. Jaringan - jaringan akan tumbuh kembali dalam ukuran awalnya meskipun setelah menyingkirkan setengah dari bagian tersebut atau bahkan lebih.


Dalam percobaan pada tikus dimana hati disingkirkan dan ditanam pada bagian laginnya di tubuh, jumlah jaringan hati tetap konstan. Tapi, meskipun sirosis hati tidak beregenerasi dengan baik, tapi yang diregenerasi adalah jaringan yang rusak, bukan jaringan yang berfungsi.


Pernah ada percobaan untuk menyingkirkan bagian dari sirosis hati dengan harapan mendapatkan kembali fungsi hati yang normal dengan regenerasi, tapi ternyata jaringan yang baru tumbuh juga tidak dapat berfungsi dengan baik. Jadi hal tersebut tidak ada gunanya, kecuali kalau kita membicarakan mengenai donor hati sehat yang hidup, dimana hati mereka akan tumbuh kembali ke kondisi awal dengan baik, dalam waktu paling tidak beberapa minggu atau beberapa bulan.

Terjawab 11 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang