Bagaimana orang dapat mulai mengikuti balap mobil?

Dilihat 553 • Ditanyakan sekitar 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

balap mobil


Balap mobil adalah suatu cabang olahraga yang melibatkan kendaraan. Balap mobil merupakan salah satu cabang olahraga tontonan yang paling diminati dan juga yang paling dikomersialisasi. Balap mobil pertama kali muncul pada tahun 1895, dan kini menjadi salah satu olahraga paling populer di dunia.


Untuk melangsungkan balap mobil diperlukan suatu tempat khusus. Pada umumnya tempat untuk balap mobil dinamakan sirkuit. Sirkuit membedakan jenis balap mobil apa yang akan digelar. Tiap sirkuit memiliki karakterisktik yang berbeda tergantung pembuatnya. Misalnya Daytona untuk mobil stock, Le Mans untuk mobil sport, dan Monaco untuk mobil formula. Tetapi, ada pula balap mobil yang tak membutuhkan tempat khusus seperti sirkuit, yaitu reli. Ketrampilan pembalap menjadi titik penentu keberhasilan untuk mencapai kemenangan.


Mengintip Dunia Balapan Liar

Banyak orang yang mengetahui kalau balapan liar itu berbahaya, tapi ada saja yang tetap melakukannya. Apalagi setelah film The Fast and the Furious dirilis beberapa tahun yang lalu, demam balapan liar di jalanan semakin digemari dan populer, walaupun tetap diadakan secara diam-diam. Balap mobil ini pasti dilakukan tanpa sirkuit karena biasanya diadakan di jalan raya yang sering dinamakan balap mobil liar. Balap mobil liar, oleh para anak muda yang menyukai sensasi, merasakan adanya keseruan dari melakukan hal tersebut. Biasanya para pembalap berkumpul di jalanan yang sepi pada malam hari dan beradu nyali di sana. Karena kepopulerannya, acara ini pun sampai dilakukan hampir setiap hari. Semua mobil yang dipakai bukan varian dengan perlengkapan standar yang artinya para pembalap tersebut sudah menyiapkan mobil modifan mereka sendiri. 

Bagi para pembalap liar itu, mereka merasa disinilah kemampuan mereka benar-benar diuji. Mereka tidak harus meminta sertifikat izin mengemudi atau apa pun yang berhubungan dengan balap legal. Hanya bermodalkan mobil balap liar super tangguh, nyali tinggi dan skill mumpuni, mereka bisa menggeber tunggangan andalannya. Siapa pun yang merasa 'sok hebat', dikabarkan banyak yang tidak selamat karena tingkat kesulitan lintasan dan aspek keselamatan yang kurang dipertimbangkan. Pada intinya, beradu skill tingkat tinggi untuk mengendalikan kuda besi mereka adalah syarat mutlak. Suasana setiap malam selalu dihiasi dengan deru mesin mobil yang kencang diimbangi dentuman audio system yang menggelegar. Lampu-lampu mobil menyala-nyala menyapa malam. Inilah potret Fast and Furious dunia nyata yang mereka sebut dengan 'Boy Racer'.

Balap mobil adalah olah raga otomotif yang sebenarnya dapat kita gunakan sebagai sarana yang positif menyalurkan bakat dan kemampuan balapan. Tetapi memang, balap mobil termasuk kategori olahraga mahal, itulah sebabnya ada banyak para pemuda di kota-kota besar melakukan adu balap mobil liar yang tidak memerlukan biaya yang besar hanya berani dan yakin bahwa mobil balap liar miliknya bisa menang .


Kelas-kelas dalam balap mobil

Tidak lengkap kiranya jika kita tidak membahas tentang klasifikasi dalam balap mobil. Klasifikasi ini merupakan penggolongan dari jenis balapan mobil yang sudah sangat populer di dunia balap.


Berbicara tentang balap mobil pasti kita akan mencium aroma adrenalin, berpacu di lintasan, berbelok-belok, menyalip, kecelakaan, dan lain-lain. Bicara tentang balap mobil tentu saja kendaraan yang digunakan adalah mobil, tetapi mobil dengan banyak modifikasi tentunya, terutama pada bagian mesin, bobot mobil, dan aerodinamis.

Penggunaan mobil balap mewajibkan pengendaranya memiliki keahlian tersendiri, karena dalam mengendarai mobil balap tidak sama dengan mengendarai mobil biasa. Jenis mobil balap di antaranya adalah mobil balap Formula 1, mobil balap NASCAR, mobil balap touring, mobil balap rally, dan lain-lain. Setiap jenis mobil balap memiliki karakteristik yang berbeda. Berikut adalah kelas-kelas balap mobil dan jenis mobilnya :


1. F1

Formula Satu, disingkat F1 (atau bernama lengkap FIA Formula One World Championship), adalah kelas balapan mobil formula tempat duduk tunggal yang tertinggi. Terdiri dari sejumlah seri balapan yang dikenal dengan istilah Grand Prix. Balapan diselenggarakan di dalam sirkuit atau jalan umum dalam kota yang ditutup untuk umum. Hasilnya menentukan dua gelar juara dunia, satu untuk pembalap dan satu lagi untuk konstruktor. Pada balapan, mobil balap dapat mencapai kecepatan 300 km/h (185 mph) yang dihasilkan oleh mesin yang dapat mencapai tenaga sebesar 850 daya kuda pada putaran mesin sekitar 18.000 rpm (per 2005).  Eropa adalah pusat tradisi Formula Satu dan tetap menjadi pusatnya hingga sekarang. Sekarang ini Grand Prix telah diadakan di seluruh penjuru dunia, dengan seri balapan baru di Bahrain, Tiongkok, Malaysia dan Turki. Formula Satu adalah balap mobil termahal baik dalam segi produksi maupun olahraganya. Aturan mainnya diatur oleh Fédération Internationale de l'Automobile (FIA), yang bermarkas di Place de la Concorde, Paris. Presidennya yang sekarang adalah Jean Todt, dan secara umum disponsori dan diatur oleh pemegang hak komersial resmi Bernie Ecclestone melalui berbagai perusahaan. 


2. Seri IndyCar atau IndyCar Series (dikenal dengan nama Verizon IndyCar Series untuk alasan sponsorship) adalah balapan kelas utama dari ajang balap mobil roda terbuka khas Amerika Serikat. Kejuaraan ini didirikan oleh pemilik Indianapolis Motor Speedway Tony George yang dimulai pada tahun 1996 sebagai pesaing untuk CART yang sebelumnya dikenal sebagai Indy Racing League (IRL). Mengutip kekurangan dari CART yaitu ketergantungan yang meningkat biaya balapan dan banyaknya pembalap non-AS, George kemudian menciptakan sebuah balapan alternatif dengan biaya lebih rendah. Pada tahun 2008, Seri IndyCar bergabung dengan Champ Car World Series (dahulu CART).


3. SLF

Superleague Formula (SLF) adalah sebuah balapan kelas formula, yang memulai balapan musim pertamanya pada tanggal 30 Agustus 2008 di sirkuit Donington Park, Inggris. Sesuai dengan namanya, balapan ini bermaksud untuk menggabungkan dua olahraga terpopuler di dunia, yaitu motorsport dan sepak bola. Semboyannya sendiri adalah: "The Beautiful Race – Football at 300km/h." dan "Superleague Formula: Combines the Passion of Football with the Thrill of Auto Racing."


4. Seri GP2, GP2 kependekannya, adalah bentuk balap motor roda terbuka yang diperkenalkan tahun 2005 setelah penghentian seri tambahan Formula Satu, Formula 3000. Format ini dicetuskan oleh Bernie Ecclestone dan Flavio Briatore, sementara Ecclestone juga memegang hak pemberian nama GP1. Tahun 2010, Seri GP3 diluncurkan sebagai kelas tambahan untuk seri GP2.


Rio Haryanto

Rio Haryanto


Menjadi Pembalap Mobil Profesional

Khususnya di Indonesia untuk menjadi pembalap mobil masih berat jika bersaing keluar negeri tetapi bukannya tidak mungkin karena ada juga pembalap Rio Haryanto yang bisa lolos ke ajang Grand Prix Formula 1 yang merupakan ajang balap mobil tertinggi di dunia.  Formula 1 yang merupakan kelas balap mobil tertinggi di dunia merupakan impian banyak pembalap khususnya pembalap mobil. Beberapa pembalap legendaris Formula 1 seperti Mario Andretti, Ayrton Senna, Jim Clark dan Michael Schumacher sudah sangat terkenal dan membuat orang yang menyukai persaingan di sirkuit balap mobil ingin seperti mereka. Dan apa saja tahapan untuk dapat mengikuti balap Formula 1? Berikut penjelasannya, dibaca ya…


  • SIM khusus balap 

Jika Anda sudah menyelesaikan studi di sekolah balap, langkah selanjutnya mintalah surat rekomendasi untuk bisa mendaftarkan diri dalam pengurusan SIM khusus balap. Dengan demikian, Anda akan punya hak untuk ikut dalam sebuah kejuaran balap.


  • Ikuti sekolah khusus balap untuk amatir 

Langkah berikut ini termasuk dalam tingkat awal sebelum Anda menjadi pembalap profesional. Memang langkahnya cukup panjang, oleh karenanya biasanya setiap pembalap dipersiapkan sejak ia masih belia. Saat masuk ke sekolah dan berlaga di sana, tunjukkan semua keahlian yang Anda punya karena disinilah para pencari bakat biasanya menaruh perhatian untuk membidik pembalap-pembalap berpotensi. Jika Anda bisa mendapatkan sponsor di tempat ini, maka gerbang menuju kelas profesional akan semakin lebar. Beberapa kelas balap punya kejuaraan sendiri dan bahkan sanggup menyediakan mobil untuk setiap adu balap. Akan lebih mantap lagi jika Anda sanggup menyabet beasiswa dan race poin sehingga peluang untuk mendapatkan lisensi balap level selanjutnya makin terbuka lebar.  


  • Cobalah balapan go-kart 

Balapan gokart merupakan start yang sangat bagus untuk memulai debut. Rio Haryanto pun harus melakukan tahap ini sebelum akhirnya terjun di balap Grand Prix Formula 1 (F1) dan hal tersebut tentunya terjadi untuk semua pembalap. Membeli mobil gokart sendiri mungkin akan menghabiskan cukup dana. Jadi cara terbaik, coba-coba saja dulu di tempat penyewaan agar Anda menemukan celah dan trik mengendalikan mobil gokart itu.  


Gokart

Gokart jadi modal utama balap formula 1


  • Saatnya mendapatkan lisensi Gokart 

Beberapa organisasi yang memang mewadahi dunia balap gokart sengaja membuka pintu untuk memberikan jalan bagi para pemula mengenal mobil sport. Step mendapatkan SIM untuk gokart ini perlu dilakukan sebelum menjamah level yang lebih tinggi. Namun, untuk menginjak level yang lebih tinggi, Anda harus lulus beberapa tes sesuai akreditasi dari sekolah yang sudah Anda ikuti. Atau setidaknya setidaknya profisiensi selama berkarir di balap dengan level yang masih Anda pegang, sebelum beranjak ke level berikutnya.  


  • Membeli mobil Gokart 

Belajar menjadi profesional tentu saja tidak murah. Bukan hanya soal tenaga atau waktu saja yang harus dikorbankan, tapi juga materi. Oleh karenanya, untuk latihan yang kian intensif, Anda pun disarankan untuk membeli mobil kart sendiri. Hal tersebut untuk menentukan setingan mobil dengan skill yang Anda miliki, sehingga Anda pun akan semakin menyatu dengan mobil. 


  • Ikut Balapan Gokart 

Setelah mendapatan lisensi resmi, kini saatnya Anda mulai kembali ke dunia balap. Semakin sering Anda mengikuti kejuaran balap, dan merangsek ke skala lebih besar, semakin menanjak pula kesempatan untuk naik kelas ke profesional. Jika memang target terbesar Anda masih untuk Formula 1, maka perbanyaklah berkarir dan tingkatkan strata Anda.


  • Selesaikan masa sekolah 2 tahun di event racing junior 

Formula 1 selalu mewajibkan driver untuk menguasai dan berpengalaman dengan satu mobil yang sama. Maka dari itu, cara terbaik yakni menjajal mobil tersebut di berbagai kejuaran. Sebenarnya ada banyak event yang bisa digeluti sebelum melaju ke ranah grand prix. Tapi sebelum itu semua, setidaknya diwajibkan mengikuti satu atau lebih di level junior.


  • Saat Usia 18 Tahun 

Pembalap Formula 1 harus sesuai standar usia minimum sebelum mendapatkan lisensi. Beberapa pembalap muda dari seluruh dunia sebenarnya punya kualifikasi bagus untuk masuk ke level grand prix, tapi karena faktor usia, langkah mereka pun harus tertahan sejenak. Jika Anda termasuk masih terlalu muda, cobalah untuk menggali pengalaman di level kejuaran yang cocok dengan umur tersebut.


  • Akumulasi 40 race points 

Ada kualifikasi berupa sejumlah poin yang diambil dari performa dan posisi di kelas race junior. Poin maksimum untuk naik ke puncak diwajibkan sanggup memperoleh 40 selama tiga tahun terakhir berkecimpung di berbagai kejuaraan. Setelah itu, barulah Anda berkesempatan untuk mendapatkan lisensi Formula 1. 


  • Akumulasi menyetir selama 300 jam di mobil F1 

Syarat berikutnya untuk memperoleh lisensi F1 yakni dengan jam terbang yang kian tinggi. Kualifikasi tersebut terangkum dalam 300 jam pengalaman berkendara dengan mobil F1 yang dihitung baik selama proses latihan atau pun test drive. 


  • Mencari tim sponsor 

Langkah berikutnya adalah mencari tim yang cocok dan mau menjadi promotor untuk berlaga, seperti halnya Rio Haryanto yang akhirnya dipinang oleh Manor Racing. Jika tim yang berani tertarik dengan kemampuanmu tergolong besar, biasanya mereka memiliki sponsor sendiri untuk menunjang biaya. Biasanya, mereka akan menawarkan kontrak secara per musim kompetisi.


  • Goda Banyak Sponsor 

Sebagian besar pembalap Formula 1 memiliki sponsor yang mendukung pendanaan selama musim balapan. Untuk menarik ketertarikan sponsor, Anda harus berani menunjukkan prestasi gemilang dan menarik opini positif publik. Jika ada sponsor yang mau memberikan dukungan kepada karir Anda, biasanya mereka akan meminta photoshoot atau memakai produk mereka. Balapan memang termasuk dalam ragam dunia olahraga dengan anggaran sangat besar, sehingga setiap pembalap harus mencari sponsor untuk menunjang prestasi.  


  • Membayar untuk berlaga di F1 

Membayar untuk bisa ikut berlaga di dalam suatu kegiatan termasuk balap F1 merupakan hal yang lumrah. Ya, daripada dibayar, pembalap harus siap membayar mahal. Maka dari itu, hubungan simbiosis mutualisme dengan para sponsor wajib hukumnya untuk selalu dijaga karena dengan uang tersebut, seorang pembalap akan mampu untuk tetap bertahan di F1.

Sama halnya dengan Rio Haryanto yang membutuhkan dana sebesar 15 juta Euro (sekitar Rp 223 Milyar) untuk debut di F1. Harga tersebut masih cukup ringan dibandingkan pabrikan racing lain yang punya biaya jauh lebih besar, karena nantinya akan berpengaruh dengan konfigurasi mesin dan teknologi mobil. Oleh karenanya, lumrah jika mobil Manor Racing yang sempat ditinggali Rio kurang mampu bersaing dengan brand lainnya seperti Ferrari, Renault, atau malah Mercedes-Benz, meski secara mesin ia mengusung kepunyaan Mercedes-Benz. 


Untuk bisa mengikuti balap mobil, seorang pembalap serius sangat mempertimbangkan segalanya. Ia rela mengeluarkan berapapun dana atau uang untuk dapat berlaga di even-even balapan. Lalu mengapa tidak menjadikan balapan sebagai karir masa depan? yang terpenting adanya kemauan, konsisten dan komitmen. Jangan pernah menganggap semua bisa didapatkan dengan cara instan. Percaya diri dan berlatih giat adalah kunci utama. Semoga berhasil!

Terjawab hampir 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang