Bagaimana pasien dapat menentukan apakah dokter ahli jantung nya adalah merekomendasikan jumlah optimum stent setelah angiografi ( dan bukan jumlah yang berlebihan )?

Dilihat 513 • Ditanyakan sekitar 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Anda bisa mencoba untuk mendapatkan second opinion dan berharap dokter ahli jantung ((cardiologist) tersebut akan jujur.


Masalahnya meskipun dokter ahli jantung (cardiologist) itu benar-benar jujur dan tidak sedang mencoba untuk meningkatkan pendapatannya, cardiologist tidak akan tahu apakah pemasangan stent akan mendapatkan hasil yang di inginkan sampai mereka benar-benar memasangkannya di jantung dan kemudian melakukan tindak lanjut angiogram. Jika hasil sirkulasi darah koroner masih suboptimal, maka mereka akan langsung memasangkan lebih banyak stent saat itu juga karena anda memang sedang berada di meja prosedur, atau mereka berhenti dan merekomendasikan untuk dilakukannya operasi .


Anda bisa meminta dokter ahli jantung anda memperlihatkan hasil  angiogram  dan menunjukkan di sebelah mana mereka berencana untuk memasangkan stent dan setidaknya anda dapat melihat dengan mata anda sendiri seberapa luas penyakit tersebut. Jika ada hal yang terlihat mencurigakan, maka anda dapat bertanya mengapa mereka merekomendasikan 10 stent untuk satu titik penyakit yang terlihat pada angiogram. 


Untuk hal yang rumit selebihnya, hanya karena seseorang mempunyai arteri yang tersumbat bukan berarti arteri yang utama harus di buka juga. Orang juga dapat mempunyai aliran darah kolateral dari pembuluh darah lain yang memberi makan jaringan , yang seharusnya diberi makan oleh pembuluh darah asli yang terblokir. Cara terbaik untuk menentukan apakah aliran darah ke jantung cukup memadai adalah apakah pasien memiliki gejala - nyeri dada, perubahan pada hasil EKG (Elektrokardiogram), kelainan gerak pada echocardiography (USG jantung),  enzim jantung tinggi pada hasil tes darah.  Bahkan, jika bagian jantung kelihatannya mempunyai aliran darah yang bagus dengan angiografi, jika pasien mengalami nyeri dada dan echocardiogram menunjukkan jantung mempunyai gerakan yang abnormal (tidak biasa), maka perlu ada peningkatan aliran darah dan oksigen ke area tersebut, baik itu melalui obat-obatan, pemasangan balon angioplasty, pemasangan stents, atau operasi.  


Situasi anda terdengar sulit. Perlu adanya  rasa kepercayaan pada dokter anda, tetapi jika dokter anda mempunyai "konflik kepentingan pribadi" , maka rasa percaya itu akan sulit diberikan. 

Terjawab sekitar 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang