Bagaimana perbandingan rasisme antara Amerika, Malaysia dan Indonesia?

Dilihat 484 • Ditanyakan 11 bulan lalu
1 Jawaban 1

Rasisme adalah suatu sistem kepercayaan atau doktrin yang menyatakan bahwa perbedaan biologis yang melekat pada ras manusia menentukan pencapaian budaya atau individu bahwa suatu ras tertentu lebih superior dan memiliki hak untuk mengatur ras yang lainnya.  Orang yang rasis adalah orang yang meyakini bahwa karakteristik turunan yang dibawa sejak lahir secara biologis menentukan perilaku manusia. Doktrin rasisme menegaskan bahwa darah adalah penanda identitas bangsa-etnis.


Kata rasisme merupakan kata yang berasal dari bahasa Inggris yaitu racism. Rasicsm terambil ataupun berasal dari kata race yang mempunyai beberapa arti, yaitu: Pertama, suatu kelas populasi yang didasarkan dari kriteria genetik. Kedua, kelas dari genotip-genotip. Ketiga, setiap populasi yang secara genetis berbeda dengan populasi lainnya (ras atau warna kulit).


Di sini saya tidak mau berkomentar tentang rasisme di Malaysia, tapi aku tinggal di Indonesia selama 1 tahun. AS lebih rasis dibanding semua kelompok yang ada di Indonesia. Bahkan etnis putih seperti Irlandia dan Italia pun di diskriminasi. Rasisme AS termasuk perbudakan, segregasi, genosida Indian Amerika, penggantungan dan pengeroyokan.

Grup tersebut masih tertekan dan didiskriminasi. Orang AS melihat orang kulit hitam, latin, Indian sebagai ancaman. Satu hal yang kusuka hidup di luar AS adalah aku tak lagi dipelototi dan dianggap sebagai ancaman. Di Indonesia ada 2 grup yang di diskriminasi, Cina dan Papua. Banyak orang Indonesia tak suka kesuksesan bisnis orang Cina. Pada kudeta 1965, banyak orang Cina dibunuh dan diusir. Pada kerusuhan 1998 perempuan Cina diperkosa dan bisnis orang Cina dijarah.

Papua dipaksa menjadi bagian Indonesia. Militer membunuh ribuan orang Papua yang ingin merdeka. Ada penyebaran piliha favorit antara kulit putih atas kulit hitam. Ini tak begitu masuk akal karena orang Indonesia aslinya berkulit gelap. Itu cuma tipuan produk pemutih supaya laku.


Terjawab 11 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang