Bagaimana perbedaan sinyal remote dan sinyal remote proyektor ?

Dilihat 1,52 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Kebanyakan remote tanpa kabel (*wireless*), dan remote VCR, DVD, AV ataupun proyektor video menggunakan remote IR. Mereka punya diode pemancar LED Infrared dan sebuah fototransistor sebagai penerima.

 

Panjang gelombang sekitar 830 nm, dan tidak kasat mata. Setiap tombol akan menghasilkan getaran yang dikode. Formatnya biasanya ada kode pemula untuk disinkronkan ke penerima, sebuah kode ID untuk mengvalidasi pengiriman, dan kode data yang selaras dengan tombol yang ditekan.  

 

Ketika TV penerima memecah kode, ia mencari sebuah ID yang valid dan kemudian menerima data sesuai dengan tombol yang ditekan kemudian memproses perintah. Data nya cukup panjang agar data diterima dan dipecahkan dengan benar dan sesuai sehingga tidak disalahkan sebagai sinyal dari alat lainnya.  

 

Biasanya besaran transmisi sekitar 40 KHz. Tapi bisa juga serendah 20 KHz atau lebih tinggi sampai 60 KHz atau di antaranya. Ada juga pemecah kode yang berkisar di 120 KHz. Beberapa transmitter sifatnya universal sehingga bisa untuk remote apa saja. Remote ini punya kode yang telah dirancang sebelumnya untuk TV dan DVR. Biasanya penerima punya tingkat sensitivitas yang tinggi dan dapat menerima gelombang sepanjang 750 sampai 1000 nm.

   

Sebagian besar remote dengan sistem IR untuk audio-video menggunakan protocol yang dikembangkan Phillips pada tahun 80an yaitu RC-5. Saya tidak yaking proyektor menggunakan yang sama. Saya curiga mereka menggunakan chipset yang sama untuk hemat biaya tapi mengganti sistem pemecahan kodenya.

 

Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang