Bagaimana perusahaan obat memutuskan nama-nama obat resep?

Dilihat 245 • Ditanyakan 7 bulan lalu
1 Jawaban 1

Nama generik atau nama "asli" yang diberikan untuk obat, substansi farmasi atau produk biologi dapat digunakan oleh semua perusahaan yang ingin mengacu pada zat tersebut. Hal ini membedakannya dari nama dagang (merk), yang dimiliki oleh perusahaan yang memasarkan produk tertentu.


Di US, nama generik  secara resmi disebut USAN (United State Adopted Name/Nama Adopsi Amerika) dan digunakan sebagai sebutan yang penting dan unik untuk zat aktif. Hal tersebut terlihat pada nama dagang perusahaan pada label obat, iklan, dan informasi - informasi lainnya dan juga diminta dalam pengajuan FDA dan pada deskripsi  zat kimia obat. 


Filosifi "Satu zat, satu nama" dibalik penamaan umum membantu mengidentifikasi dengan jelas zat aktif di antara merk - merk atau nama dagang, perumusan, atau kombinasi produk yang berbeda. Berbeda dari nama generik, merk berbeda - beda dari datu perusahaan dengan perusahaan lainnya dan di satu negara dengan negara lainnya. Merk dan nama generik untuk merk zat aktif : Cialis Generic: tadalafil Brand: Colemin, Lipex, Zocor, Vytorin Generic: simvastatin, merk: Gleevec, Glivec, nama generik: imatinib mesylate .


Bagaimana nama diberikan? Proses pemberian nama USAN, mengacu kepada "negosiasi" dimulai ketika perusahaan farmasi atau perwakilannya melakukan pengajuan untuk menamakan suatu zat. Hal tersebut berakhir dengan pernyataan adri adopsi, sebuah dokment yang secara resmi menetapkan USAN ke zat spesifik tertentu. Sebelum pernytaan adopsi dikeluarkan, perusahaan yang mensponsori, dewan USAN dan Kelompok ahli pemberian nama harus menyetujui satu nama tunggal untuk zat tersebut.

USAN mempertimbangkan beberapa kriteria dalam mengevaluasi nama - nama yang potensial:

  • Apakah nama tersebut mencerminkan manfaat dari obat dan cocok dengan skema nama?
  • Seberapa baik nama tersebut diterjemahkan ke dalam bahasa selain bahasa Inggris?
  • Seberapa mudah nama tersebut untuk diucapkan dan diingat?
  • Apa arti dari nama tersebut?

Kebanyakan nama baru terdiri dari tiga bagian:awalan, sisipan, asal kata. Awalan tidak berarti apa - apa, membedakan obat dari obat lainnya di kelas yang sama. Sisipan digunakan kadang - kadang, mengklasifikasikan lebih lanjut. Asal kata mengindikasikan tempat di dalam skema tata nama.


Itu adalah beberapa aturan yang diguanakn dalam memberikan nama obat - obatan. Meski begitu area ini sangat dinamis dan tidak ada yang pasti Sistem pemberian nama akan terus berevolusi  seiring dengan adanya zat - zat baru yang dikembangkan dan dipasarkan oleh industri farmasi.

Terjawab 7 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang