Bagaimana prospek karir untuk seorang pengembang aplikasi Android?

Dilihat 463 • Ditanyakan 10 bulan lalu
1 Jawaban 1

Menjadi seorang Developer Android memang bukan hal mudah. Namun, bukan pula hal mustahil selama ada tekad dan kemauan. Memiliki keinginan untuk terus belajar untuk mengetahui cara membuat aplikasi Android menjadi salah satu kunci yang tidak boleh ditinggalkan. Pasalnya teknologi akan terus berkembang yang artinya semakin banyak informasi yang harus digali

Tidak jarang pengembang aplikasi Android meraup banyak keuntungan dari aplikasi android yang dikembangkannya. Menjadi seorang developer android merupakan proses yang tidak hanya melibatkan pemrograman. Ini tentang bagaimana menemukan sebuah informasi yang tepat, mengoptimalkannya, menerapkan pengetahuan tersebut, menulis kode, mencoba pendekatan yang berbeda, membuat kesalahan hingga akhirnya belajar dari kesalahan itu. Dengan demikian, kita akan mendapatkan pembelajaran, pengalaman dan karir tentunya. 

Di bawah ini telah diuraikan penjelasan singkat mengenai langkah-langkah apa yang harus dilakukan untuk menjadi seorang pengembang aplikasi Android dan bagaimanakah prospek karir seorang developer android ke depannya. Penasaran? Baca terus artikel ini sampai akhir, ya! :)


Menjadi Pengembang Aplikasi Android

Jika anda adalah seorang Java Developer sejati, berarti anda dapat mendalami Android tanpa diragukan lagi. Mempelajari frame work, belajar tentang langkah pengembangan, membaca bahan pada developer.android.com (sekarang situs ini mempunyai sumber yang sangat hebat dibandingkan sebelumnya), belajar membaca kode, dan ajukan banyak pertanyaan ke forum, merupakan kiat-kiat untuk dapat menjadi developer android yang handal. 


  


Secara ringkas, untuk menjadi seorang developer android, anda tidak hanya harus tahu cara membuat aplikasi android, tapi dibutuhkan persyaratan sebagai berikut:

  1. Kuasai bahasa pemrograman Java
  2. Pahami Arsitektur android (design, komponen aplikasi, penggunaan navigation, dan lain-lain)
  3. Jangan belajar menggunakan metode “copy – paste”. Kembangkan daya kreativitas Anda.
  4. Pelajari banyak hal, seperti penggunaan Android studio atau Eclipse IDE
  5. Gali informasi sebanyak mungkin. Anda dapat bergabung di dalam grup, forum, atau komunitas para developer.
  6. Banyak membaca buku-buku, tutorial dan ikuti kursus
  7. Follow orang-orang yang sudah terkenal di bidang Android development.


Prospek Masa Depan Developer Android

 

Seperti pengalaman pribadi saya, dulunya saya bekerja di sebuah perusahaan yang awal mulanya adalah perusahaan website, kemudian mereka mengembangkan layanannya sehingga bisa diakses dengan mudah melalui ponsel. Dari hal tersebut kemudian saya berpikir bahwa akan banyak perusahaan-perusahaan lain yang juga ingin mengembangkan layanannya agar mudah di akses melalui ponsel yaitu dengan membuat aplikasi layanan perusahaan di android.

Hal ini membuktikan bahwa ada banyak perusahaan yang akan merekrut developer android. Di samping itu umur aplikasi android masih muda, baru 4 tahun, masih dapat dihitung dengan jari akan tetapi aplikasi android berkembang dengan sangat cepat, sehingga memilih pekerjaan untuk menjadi seorang developer android merupakan pilihan karir yang cerdas dan menjanjikan. (Baca: Program bahasa apa yang dibutuhkan untuk pengembangan aplikasi Android?)




Meskipun menjadi seorang developer android terdengar hebat, tapi perlu diketahui bahwa menjadi seorang developer android bukanlah hal yang mudah. Diperlukan ketekunan dan ketelitian yang tinggi dalam memahami bahasa pemograman yang digunakan. Tentunya juga untuk menjadi seorang developer android memerlukan niat dan tekad yang besar agar pembelajaran dilakukan dengan sepenuhnya, tidak dengan setengah-setengah. Dan kreatifitas merupakan hal penting bagi seorang developer android untuk membangun aplikasi android yang keren.


Terjawab 9 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang