Bagaimana rasanya di operasi plastik?

Dilihat 296 • Ditanyakan 9 bulan lalu
1 Jawaban 1

Hal ini sangat jelas tergantung pada prosedur yang bersangkutan. Banyak prosedur  tindakan kosmetik dilakukan di klinik kecantikan dengan bius lokal. Seharusnya itu dilakukan di rumah sakit. Sebagian besar tindakan operasi plastik kecil /bedah kosmetik kecil membolehkan pasien pulang pada hari yang sama, karena prosedur berlangsungnya operasi hanya sekitar 1-4 jam.

 Yang termasuk dalam daftar tindakan operasi kecil yaitu operasi plastik yang berhubungan dengan wajah, yakni :

  • blepharoplasty (operasi kelopak mata)
  • rhinoplasty (operasi yang bertujuan memperbaiki bentuk hidung)
  • septoplasty (operasi untuk mengubah bentuk atau posisi septum yang bengkok dengan memperbaiki tulang rawan dan tulang hidung)
  •  chin augmentation (operasi untuk membentuk kembali atau meningkatkan ukuran dagu)
  •  face-lift (operasi plastik yang bertujuan membuat wajah lebih kencang)
  • injections/fillers (menyuntikkan sejumlah zat ke dalam lapisan kulit)
  • chemical peels (metode pengelupasan kulit dengan menggunakan bahan kimia yang dioleskan ke wajah

Ketika tindakan operasi bergerak lebih jauh ke bagian bawah tubuh , seperti : operasi perbaikan payudara, tummy tucks, (operasi yang membuat perut jadi kencang dan rata) dan body lifts (operasi mengencangkan seluruh tubuh), terkadang pasien harus tinggal sehari karena prosedur yang lebih besar, untuk diamati apakah  ada drainase (pendarahan) di bawah tubuh pasien, dan dimonitor nyeri pasca operasi. Jika seorang pasien memiliki komorbiditas (penampilan bersamaan dari dua penyakit atau lebih), maka pasien akan disuruh tinggal lebih lama untuk keselamatannya.  Tetapi sebagian besar pasien pasti akan pulang keesokan harinya.


Di dalam ruang operasi pasien akan bertemu oleh semua tim medis: dokter anastesi, perawat, dan dokter bedah. Pasien akan dibawa ke kamar operasi. Pasien akan di buat setengah sadar (twighlight anesthesia) atau dibuat kehilangan kesadaran sepenuhnya (dokter anastesi memasukkan  tabung kecil yang terhubung ke ventilator ke dalam saluran napas pasien dan terus memonitor) dan petugas khusus akan terus mengontrol rasa sakit yang pasien alami. Luka bekas operasi akan dibersihkan dan diperban dengan cara yang steril. Para dokter bedah akan bekerja sesuai prosedur, akan selalu berhati-hati untuk membatasi pendarahan dan memaksimalkan segi estetika/kecantikan  (hal ini dilakukan untuk setiap kasus, tetapi ahli bedah kosmestik mempunyai obsesif yang lebih yang akan diberikan untuk pasien mereka dan faktanya bahwa biasanya prosedur ini berfokus pada daya tarik kecantikan).

Kemudian dokter anastesi akan membangunkan pasien dan mereka akan dibawa ke ruangan pasca anastesi untuk kenyamanan mereka, pengendalian rasa sakit dan pemindahan pemulangan ke rumah  atau ke unit rumah sakit dimana mereka akan dirawat.


Pasca operasi pasien akan diberikan daftar panjang petunjuk tentang merawat luka mereka, aturan memakai obat, kapan harus kembali kontrol ke dokter, dan tips-tips tingkatan aktivitas yang dapat dilakukan  dan lain sebagainya.

Sebagian besar pasien akan kembali ke dokter antara atau sekitar satu minggu setelah operasi untuk dibuka jahitannya, ganti perban dan melepas drain luka.

 

Biasanya mengambil waktu berbulan-bulan sebelum sebuah "produk akhir" di capai, tetapi kunjungan yang lebih awal akan memberikan kemajuan yang terus menerus dan membantu menjawab pertanyaan-pertanyaan bergerak maju






Terjawab 9 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang