Bagaimana rasanya hidup dengan HIV/AIDS?

Dilihat 25,7 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

HIV (Human Immunodeficiency Virus) merupakan virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia sehingga tubuh menjadi lemah dalam melawan infeksi. HIV adalah virus yang dapat menyebabkan penyakit AIDS. Pertama-tama, sangat penting untuk membedakan antara HIV dengan AIDS.

HIV merupakan virus yang menginfeksi dan menghancurkan tipe sel darah putih tertentu (sel CD4+), sel-sel ini merupakan bagian terpenting dalam sistem imun tubuh. Sel ini membantu dalam memperhatikan diagram yang memperlihatkan ketentuan waktu infeksi HIV. Pada saat penemuan HIV, tidak ada tanda atau gejala apapun dan seseorang akan tetap merasa sehat dan biasanya tidak sadar kalau mereka terinfeksi HIV. 

Sekitar 6-9 minggu setelah penemuan awal, ada "penyakit serokonversi" singkat (dengan gejala seperti flu) yang jelas. Fase latency ini bisa berlangsung selama beberapa tahun, dengan orang itu tetap merasa sehat. HIV yang bereplikasi nantinya akan menginfeksi lebih banyak sel CD4+, hal ini akhirnya akan menyebabkan defisiensi imun. Sistem imun tubuh tidak dapat berfungsi dengan baik dan orang yang terkena HIV akan rentan terkena infeksi dan tipe kanker tertentu sehingga memicu munculnya penyakit AIDS.

Bagaimana rasanya hidup dengan HIV atau AIDS? Tentunya kamu ingin mengetahui lebih banyak tentang  penyakit AIDS dan virus HIV.


aids



Penyakit AIDS dan Virus HIV


AIDS adalah penyakit disebabkan sindrom yang merupakan koleksi penyakit yang terjadi ketika HIV telah mengurangi sel CD4+ sampai ke tingkat dimana infeksi-infeksi dan kanker bisa terjadi. Penyakit ini merupakan kondisi yang mendefinisikan AIDS setiap penyakit punya jangkauan gejalanya sendiri sehingga seseorang dengan AIDS bisa memiliki jangkauan gejala berbeda yang lebih luas. Kalau dibiarkan saja penyakit ini, maka gejalanya akan semakin parah. Orang itu akan merasakan sakit yang sangat menyakitkan mungkin juga bisa kehilangan berat badan yang semakin menurun dan akhirnya meninggal.

AIDS adalah penyakit yang sangat menakutkan karena belum ada obat yang mampu mengatasinya. Sebelum meningkat menjadi penyakit AIDS, kini ada terobosan baru untuk menghentikan virus HIV ke tingkat lebih rendah yaitu bisa menggunakan obat Antiretroviral modern yang sangat efektif untuk memberhentikan replikasi HIV dan menjaga seseorang tetap sehat, itulah kenapa sangat penting untuk seseorang melakukan tes kalau mereka telah terkena HIV. AIDS adalah penyakit yang tidak menular secara langsung melalui kontak udara seperti virus-virus yang lain.


aids


Ciri-ciri HIV AIDS


Ciri HIV AIDS memang tidak bisa dilihat begitu saja pada orang yang terinfeksi, namun ada serangkaian tes darah yang bisa kita lakukan untuk mengetahuinya.

Namun, ciri HIV AIDS secara umum yang bisa diketahui antara lain:

  • Untuk gejala awal biasanya terkena flu berat tapi biasanya bisa sembuh dengan pengobatan yang tepat.
  • Cepat terkena infeksi karena tidak adanya imun di dalam tubuh.
  • Infeksi paru-paru.
  • Infeksi diare yang parah.
  • Demam tinggi sampai dengan 38 derajat celsius.
  • Sakit tenggorokan yang parah.
  • Sariawan pada mulut sering terjadi.
  • Cepat terinfeksi penyakit sampai tahap akhir bisa terkena kanker.
  • Tidak mempunyai nafsu makan.
  • Berat badan bisa menurun secara drastis.

aids



Hidup Dengan Penderita HIV/AIDS


Tidak ada yang perlu ditakutkan untuk hidup bersama penderita HIV/AIDS karena virus ini tidak menular dengan mudah. Masalah lain tentang bagaimana rasanya seseorang yang hidup dengan HIV, itu tentang aib dan diskriminasi yang dapat terjadi pada orang yang terinfeksi virus tersebut. Hal ini dapat membuat seseorang dengan HIV merasa sangat diasingkan, kesepian, depresi dan kecewa.

Penularan HIV/ AIDS di antaranya melalui:

  • lewat ibu-ke-janin saat hamil, lahir atau diberi ASI;  
  • lewat darah langsung atau tranfusi darah.
  • lewat kontak seksual.
  • Jarum suntik bekas yang terinfeksi HIV.

Tips Lain Untuk Menghidari HIV Atau AIDS


Pola hidup sehat yang harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari untuk bisa terhindar dari penyakit yang mematikan. Tips untuk bisa terhindar dari HIV atau AIDS antara lain:


  • Pola makan yang sehat dan tidak menggunakan obat-obatan terlarang.
  • Hindari jarum suntik bekas, apabila dalam masa perawatan di rumah sakit sebaiknya kamu menanyakan agar jarum suntik yang digunakan harus baru.
  • Untuk ibu-ibu yang sedang menjalankan KB suntik agar menggunakan jarum suntik yang baru. Jangan mau disuntik apabila menggunakan jarum suntik bekas. Kita harus menanyakan apakah jarum suntik yang digunakan baru? Hal ini agar dokter atau perawat selalu diingatkan oleh kita kadang ada rumah sakit atau tempat bidan dimana kita akan KB merasa sayang apabila menggunakan jarum suntik baru mereka tidak mengindahkannya.
  • Untuk melakukan tranfusi darah di rumah sakit yang benar-benar mempunyai laboratorium yang bisa mendeteksi virus sehingga darah yang akan dimasukkan ke tubuh pasien terhindar dari virus yang membahayakan.
  • Melakukan Hubungan intim dengan sehat sebaiknya dengan pasangan yang syah (suami istri).
  • Melakukan hubungan intim dengan menggunakan kondom akan lebih aman.
  • Memilih pasangan hidup dengan benar mengetahui latar belakang kehidupannya dan riwayat penyakit yang dideritanya.
  • Selalu mendekatkan diri pada Sang Pencipta agar selalu dilindungiNYa dari segala penyakit.

aids


Dengan melihat penularannya maka kamu tidak perlu merasa khawatir jika hidup bersama dengan orang yang terkena HIV atau AIDS. Empat tipe penjelasan ini dapat dihindari, dan tidak ada resiko penularan lewat udara. Orang-orang yang hidup dengan HIV perlu diterima, diberikan kehangatan, kebaikan, dan perawatan yang baik agar mereka bisa hidup seperti orang lainnya. 

Seorang yang terkena virus HIV bisa hidup selama 9 sampai 11 tahun tanpa pengobatan. Dengan pengobatan dan terapi Antiretroviral modern, penderita akan tetap sehat dan ini merupakan hal yang bagus. Terapi itu dapat mengurangi HIV sampai di bawah tingkat yang dapat dideteksi oleh tubuh. Terapi ini mengurangi infeksi secara drastis, alasan lain bagi orang-orang yang berpotensi mengidap virus ini untuk segera memeriksakan diri mereka ke dokter atau laboratorium. Jangan malu untuk melakukan tes ini semua untuk kebaikan dimasa datang. Untuk yang telah terkena HIV atau AIDS sebaiknya jangan menularkannya pada orang lain dengan menjalin hubungan intim pada orang yang tidak terkena. Hal ini untuk menghindari keturunannya akan tekena penyakit tersebut. Jika akan melakukan hubungan intim sebaiknya menggunakan pengaman seperti mengunakan kondom. Biasakan untuk hidup sehat jangan rusak hidupmu dengan hal-hal yang akan merusak kehidupanmu. Berpikirlah positive itu akan sangat baik untuk menumbuhkan rasa percaya diri dan meningkatkan semangat dalam menjalani kehidupan ini.

Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang