Bagaimana rasanya memiliki asam urat?

Dilihat 519 • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Asam urat adalah penyakit yang kebanyakan dihubungkan dengan konsumsi berlebih makanan-makanan seperti daging, ikan, dan makanan dengan kandungan lemak yang tinggi. Penyebab sebenarnya adalah kondisi dimana cairan pada jaringan tertentu menjadi sangat jenuh dengan asam urat. Asam urat adalah produk dekomposisi dari DNA. Ia diekskresi oleh ginjal. Namun orang-orang tertentu yang terlalu berlebihan mengkonsumsi makanan-makanan diatas memproduksi lebih banyak asam urat daripada yang bisa diekskresikan ginjal. Asam urat adalah zat yang mudah larut sama seperti garam meja. Jika anda mencampur garam dalam air suatu saat anda akan mencapai satu titik dimana garam tak bisa larut lagi. Jika anda menurunkan suhu air yang melarutkan garam, suatu saat kemampuan air untuk melarutkan garam dengan kuantitas yang sama akan menurun hingga larutan itu menjadi jenuh dengan garam. Saat ini terjadi, pengendapan kristal-kristal garam muncul dari larutan itu.


Sama halnya yang terjadi dengan asam urat. Jika jaringan tubuh anda dipenuhi asam urat jenuh dan suhunya menurun, maka kristal asam urat bisa menumpuk pada area dimana mereka bisa mengiritasi bagian-bagian tubuh anda. Jadi asam urat biasanya terjadi pada kaki atau pergelangan kaki yang secara alami suhunya lebih dingin daripada bagian tubuh yang lain. Hal ini bisa menyebabkan rasa sakit yang luar biasa. Kasus yang sering terjadi bermula dari rasa sakit yang hebat pada jempol kaki anda. Anda akan melihat dan merasakan tanda-tanda umum dari inflamasi ekstrim sebagai tambahan rasa sakitnya, yakni kemerahan, bengkak, hangat dan kesulitan menggerakkan jempol.


Rasa sakitnya cenderung meningkat dalam 24 jam setelah episode pertama dan menurun setelahnya. Biasanya makin parah saat malam hari. Pada 20% pasien, asam urat bisa terbentuk di persendian di seluruh tubuh. Sebagaimana pada kasus semua jenis arthritis, lebih baik untuk memeriksakan ke Ahli Rematologi yang merupakan ahli untuk semua jenis arthritis dan penyakit autoimun. Mungkin memerlukan lebih dari sekedar tes laboratorium sederhana untuk membuat diagnosa. Praktisi yang terampil perlu mengambil cairan dari area yang terpengaruh untuk analisa laboratorium yang akurat tentang kondisi ini.


Tapi jika anda mengkonsumsi makanan yang sangat beragam, itulah kebiasaan pertama yang perlu anda ubah. Itu semua bisa hilang dengan cepat tanpa membuang waktu banyak dengan dokter. Cobalah selimuti kaki anda dengan selimut pemanas untuk melihat apakah itu membantu. Juga, sebagaimana ada benarnya dengan banyak hal yang terkait dengan kesehatan, anda harus selalu terhidrasi dengan baik. Anda harus selalu minum cukup air supaya urin anda langsung tak berwarna. Anda akan kemudian hidup lebih sehat.

Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang