Bagaimana rasanya memiliki gangguan bipolar ?

Dilihat 214 • Ditanyakan 7 bulan lalu
1 Jawaban 1

Saya memiliki gangguan bipolar, seperti halnya yang dilakukan ibu saya, jenis orang yang "tampaknya" bipolar untuk orang yaitu, energi saya, kreativitas, ketidakstabilan, kelincahan dan mudah gregariouness mengkonfirmasikan banyak stereotip populer yang membayangkan tentang orang-orang bipolar. Bawasannya saya pikir hanya di ekstrem kegilaan mereka dan depresi sebenarnya hanya dimengerti oleh orang-orang biasa. Yaitu : intensitas terbaik mereka, tidak seperti orang yang normal yang pernah mengalaminya ( kegilaan khususnya, kualitatif akhir yang berbeda dari yang sehat unutuk keadaan mood ), tetapi pada sebagian besar mereka sama sekali tidak berbeda dari mood kekuatan maksimal yang semua orang tahu : hanya lebih-jadi, lebih tahan lama, terputus dari penyebab normatif.


Untuk apa harus memahami gangguan bipolar "terasa seperti", ingatlah untuk hal berikut : Bipolar adalah kurangnya tentang ketidakstabilan suasana hati jangka pendek dari suasana hati jangka panjang tentang siklus yang dapat bertahan bulan,tahun, dalam kasus yang jarang bisa puluhan tahun. ( Lihat F.M. Mondimore untuk lebih lanjut tentang siklus dan durasi). Instabilitas merupakan bagian tersebut, tapi bukan bagian satu-satunya. Efek kumulatif dari siklus ini  pada pembentukan kepribadian adalah signifikan.


Pada masa kecil secara radikal mengubah minat dan sikap pada garis waktu tersebut salah satu mengembangkan rangsangan tertentu, kesembronoan, distractibility atau mungkin itu adalah hanya saya. Tapi ini adalah bagian utama dari bipolar : dengan kepribadian yang dibentuk kuat seumyur hidup, berfluktuasi dengan suasana hati. Siklus tumbuh dengan kekuatan dari waktu ke waktu. Ini bererti bahwa pada awalnya dengan kegilaan misalnya, kamu hanya dalam suasana hati yang besar, maka kamu benar-benar dalam kreatif luar buasa, kinetik, suasana hati menawan; maka kehidupan semua pihak ada padamu dan kamu merasa cukup gairah libido; kemudian kamu melakukan hal-hal yang tidak bertanggung jawab dan mengupayakan melarikan diri dari penyakit kejiwaan; maka kamu dalam keadaan sakit jiwa, disiksa oleh halusinasi acousticovisual, ketakutan, dan kecenderungan kamu sendiri untuk bereaksi yang tidak dapat diterima yang benar dari prilaku. Perkembangan ini dapat terjadi pada hari, minggu, bulan atau tahun. Perkembangan yang sama cenderung untuk menahan depresi, kegilaan, ( hypomania, ke mana jelas lebih rendah)  yang benar-benar sulit untuk menggambarkannya.


Saya berusaha  menjelaskan pada diri saya sendiri dengan pengalaman mania singkat disini : Apakah bukan episode mania rasanya? Dalam kegelapan diriku sendiri, aku bisa melihat bahwa pikiran saya tidak sendiri sama sekali : diri saya hanya kehampaan yang ada dalam keadaan teror murni dan kebencian , dan pikiran saya berputar di sekitar puing-puing angin tornado. Pikiran saya sinting, menjijkkan, keji , dangkal, menjijikkan tetapi dengan tempat ini aku tidak bisa tinggal  lagi bersama mereka cukup lama untuk membenci mereka. Mereka mengganggu saya tapi saya tidak bisa hadir untuk  mereka.Aku berkata dalampikiran saya "Oh Tuhan, oh Tuhan, oh Tuhan, tidak ada, tidak ada, tidak ada; oh Tuhan, apa-apa, tidak ada, oh Tuhan, aku tidak, tidak apa-apa, tidak ada, Tuhan , dewa. " Secara berkala saya akan melihat apa yang saya asumsikan adalah phosphene, dan itu akan berubah menjadi suatu yang nyata ; Aku melihat bentuk ungu bercahaya menjadi matahari , dan matahari menjadi rambut pirang aku di masa kanak-kanak .Dan saya menyadari bahwa saya telah menghancurkan anak tidak berdosa ini dan gigi saya untuk membungkam diri saya, karena saya ingin berteriak begitu keras bahwa saya akan merobek diri saya sendiri menjadi berantakan, akan meledak dengan semprotan darah.


Aku sakit dengan rasa bersalah dan takut; Aku tak punya apa-apa dalam diriku lagi; Aku merasa menghianati diriku sendiri,yang telah yatim sendiri ketika membutuhkan seseorang yang paling saya dengar dalam pikiran saya : " Mengapa aku membunuhnya oh Tuhan, ia membutuhkan seseorang , dia membutuhkan seseorang, mengapa aku membunuhnya, aku sudah membunuhnya, oh Tuhan, aku sudah membunuhnya". Saya ditangkap dengan keinginan untuk memperoleh akses fisik  dan menghancurkan otak saya, dorongannya merasa di masa kecil ketika saya memiliki sakit kepala berat. Aku menggenggam rambut dan berusaha untuk menariknya keluar, aku ingin merobek kulit kepala  dan mencapai tengkorak dan menghancurkan pikiran ,berebut dan mengobrak abrik aparat jahat dan hal ini menyedihkan jari saya, merobek keluar keberanian dari seluruh mimpi pada diri saya. Aku tidak bisa dengan rambut saya , membenci diriku sendiri untuk itu, kehilangan benang pemikiran ini , dan kembali menjerit diam dan menangis. 


Tentang depresi, Jamison menulis : Dalam bentuk yang parah, depresi melumpuhkan semua dinyatakan kekuatan penting yang membuat kita manusia, meninggalkan sebaliknya suram, putus asa,  dan negara yang tadinya pulas......Hidup ini tidak berdarah pulseless, namun hadir cukup untuk memungkinkan horor mencekik dan nyeri. Semua bantalan tersesat, segala sesuatu yang gelap dan kekeringan perasaan.


Silp menjadi sia-sia adalah pertama secara bertahap, kemudian mengucapkan, berpikir, yaitu sebagai pervasively terkena depresi pada suasana hati, yang tidak sehat, bingung, dan stupor. hal ini juga bimbang,ruminative, tegas, dan menghukum diri sendiri. tubuh adalah  tulang -lelah; tidak ada kemauan ; tidak ada yang diupayakan, dan tidak ada sama sekali yang nampak layak. tidur adalah terfragmentasi , sulit dipahami atau semua , memakan . Seperti gas yang tidak stabil, sebuah kelelahan iritasi merembes ke setiap celah dari pikiran dan tindakan. Untuk mengetahui apa itu " terasa seperti" adalah mengetahui tentang qualia, dengan pengalama  fenomenologis, orang bipolar yang merupakan pertemuan orang yang tidak terpengaruh. saya tidak berpikir ada banyak dari ini yang akan mengamuk, menjadi kreatif, memiliki tamperamen yang mengerikan, tidak mampu mempercayai reaksi emosional diri sendiri : Ini mempunyai berat terntu ketika saya daftar mereka, mendiskusikan mereka sebagai tragedi individu, mereka dapat meratakan secara unik. tapi semua orang kehilangan itu; setiap orang memiliki saat-saat  mereka sedang karisma, keratif keberhasilan, kekuatan, prestasi, dan semua orang berjuang dengan diri mereka sendiri. Kamu mungkin tidak berhalusinasi tapi saya yakin kamu bisa memahami seperti apa pikiran untuk berbuat jahat, bereaksi gila-gilaan. Jika kamu belum kehilangan kendali diri dalam kehidupan, yang akan datang.


 Kami bipolar adalah orang yang memiliki kecenderungan untuk menghibur diri dengan mengatakan bahwa kita lebih pengalaman dengan kekuatan fenomena yang khas merupakan pemilihan : kita yang elit, lebih hidup, lebih dalam! 

Jamison sendiri pada penelitiannya yang sangat baik seniman bipolar telah diperkuat di sini: penggabungan Westem populer tentang kegilaan, bakat seni, dan melodrama memungkinkan semacam sentimental yang menganggap diri sendiri: ya aku gila, tapi aku juga mungkin dalam beberapa waktu sulit untuk membangun jalan yang sangat berlian ! Mungkin hal ini berlaku untuk beberapa, tapi tampaknya sebagian besar saya hanya sebagai bahan cerita yang menghibur, semacam inversi yang menggambarkan sebagai resentiment  : mengatakan bahwa penyakit ini benar-benar semacam kesehatah , semacam melihat lebh dalam, adalah dusta. Saya suka hidup saya banyak, tapi tidak nyaman dengan gangguan ini secara terus menerus, terutama karena  aku kadang-kadang bingung untuk menjadi percaya diri.


 Memang salah satu gejala gangguan bipolar adalah  bahwa pesien sering bingung pada dirinya yang seorang seniman. ( Atau lebih umum: pengecualian itu.Sepanjang sejarah, "kebesaran"telah berubah dalam ekspresinya. Sebuah gejala penting dari bipolar, kebesaran pernah diungkapkan oleh seorang wanita yang mengatakan mereka hamil dengan raja atau Mesias, orang percaya mereka adalah raja atau Mesias; saat , kegialaan kita kurang kerajaan dan agama; kita semua tidak percaya khusus pengucualian dari satu jenis ke jenis yang lain). Terakhir aku sedang dalam pengobatan sekarang, selam hampir dua belas tahun , pada pengobatan yang sama selama bertahun-tahun dan setiap tahun.


 Bagi saya cara yang paling abadi yang bipolar "terasa" yang berbeda adalah bagaimana saya tidak bisa percaya reaksi saat. Ketika seseorang mengatakan sesuatu untuk  dan kamu mengenalinya sebagai penghinaan, sebagai penyalahgunaan , kemarahan kamu dengan reaksi sesuai dan kamu dapat berkomitmen untuk itu; kamu dapat membuat beberapa penentuan berdasarkan dengan nilai-nilai, alasan yang kamu pilih dengan sebuah tindakan yang berbeda. Aku bahkan tidak percaya bahwa seseorang menghina saya. Saya tidak bisa mempercayai persepsi emosional atau reaksi saya. Itu adalah hal aneh tentang bagaimana rasanya, setelah debu gangguan yang sebenarnya mengendap, satu dekade : Kegilaan terbuka telah mereda dan kunjungan hanya sebentar, gagasan bahwa aku seorang seniman yang rahasia ini tidak masuk akal, dan apa yang tersisa adalah lebih atau kurang yang biasanya hidup dimana saya harus menekankan  "Kesehatan Mental"(memprioritaskan tidur yang teratur ) dan yang saya selalu ragu tentang apa yang saya pikirkan dan rasakan, seperti yang kita semua mungkin haras tahu.




Terjawab 6 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang