Bagaimana rasanya menjalani operasi ambeien?

Dilihat 3,5 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Wasir atau ambein adalah nama lain dari penyakit hemoroid pada istilah medis. Wasir dan ambeien adalah penyakit yang sama salah satu tanda dari wasir yaitu adanya benjolan disekitar anus apabila kamu mengejan karena BAB keras atau karena terlalu berat mengangkat beban. Biasanya akan sembuh dengan sendirinya tapi ada juga yang harus dimasukkan kembali benjolan tersebut. Wasir adalah pelebaran pembuluh darah vena pada daerah dubur akibat aliran darah balik vena yang tidak sempurna karena kerusakan pada katup vena. Hal ini biasanya terjadi pada saat konstipasi atau BAB keras atau orang yang sering bekerja menggunakan otot perut. Untuk menghindari agar gejala ambein tidak muncul, kamu harus memperhatikan pola makan yang sehat yaitu tercukupi kebutuhan serat dalam tubuh, sehingga BAB akan lancar dan tidak terjadi sembelit atau BAB keras. 

Ambeien adalah penyakit yang sangat mengganggu karena benjolan yang keluar disekitar dubur akan tarasa sakit apabila terjadi radang dan rasa nyeri pada saat duduk. Hal yang paling menyiksa adalah saat BAB kadang dalam kasus yang serius bisa mengeluarkan darah dan benjolan membesar tidak bisa dimasukkan kembali. Jika hal ini terjadi, maka satu-satunya jalan yang bisa dilakukan hanyalah dengan operasi. Tentu saja, operasi ambeien bukanlah sesuatu yang menyenangkan. 


wasir


Penanganan Wasir atau Ambeien


Ambeien adalah penyakit yang umum dan siapa saja bisa mengalaminya terutama pada usia di atas 40 tahun, kebanyakan duduk, BAB keras karena kurang serat, dan melakukan pekerjaan berat bisa menimbulkan ambeien atau wasir. Ada  beberapa gejala untuk mengatasi ambeien yang harus kamu ketahui:

  • Terdapat benjolan yang keluar saat BAB namun bisa masuk sendiri saat berhenti mengejan tanpa perlu tindakan khusus. Penanganan ambeien  cukup diberi obat yang bisa dibeli di apotik untuk mengurangi pembengkakkan dan menjaga pola makan sehat.
  • Saat BAB mengeluarkan tetesan darah segar biasanya benjolan hanya terjadi setempat dan berukuran kecil. penganannya diberikan obat topikal, obat suppositoria, dan menjaga pola makan serta banyak minum.
  • Benjolan akan keluar saat mengejan dan benjolan tidak bisa masukkan dengan sendirinya dan membutuhkan bantuan untuk memasukkannya. Pada saat mengejan terasa nyeri dan saat duduk juga akan mengalami nyeri. Penanganan yang perlu dilakukan segera periksakan ke dokter atau rumah sakit sehingga akan dilakukan penanganan yang tepat.
  • Benjolan akan keluar tidak bisa dimasukkan kembali walaupun dengan bantuan tangan dan tidak bisa didorong masuk mengalami nyeri yang amat sangat disertai dengan keluar darah. Penangnannya segera periksakan ke dokter atau rumah sakit sehingga akan ditangani dengan tepat. Biasanya hal ini perlu tindakan operasi.

                  wasir


Pada kasus yang serius harus dilakukan operasi untuk mengurangi benjolan di dalam dan diluar dubur. Operasi dilakukan apabila benjolannya cukup besar dan tidak bisa didorong masuk kembali rasa sakit yang tak tertahankan. 



Tips-Tips Setelah Melakukan Operasi Ambeien


Setelah menjalani operasi wasir kamu akan sehat kembali tidak ada rasa sakit lagi apabila BAB dan tentunya kamu harus menjaga agar wasir tidak muncul kembali. 

Hal-hal yang perlu diperhatikan setelah menjalani operasi wasir:

  • Menjaga pola makan dengan baik terutama serat yang cukup, makan buah-buahan yang segar, dan banyak minum air putih.
  • Tidak diperbolehkan mengangkat beban berat atau melakukan pekerjaan dengan menggunakan otot perut.
  • Hindari makanan yang terlalu pedas karena dapat merangsang timbulnya ambein atau peradangan disekitar dubur.
  • Hindari duduk terlalu lama karena duduk terlalu lama akan mempercepat timbulnya ambeien atau wasir.
  • Hindari kebiasaan mengejan dengan kuat saat BAB.
  • Olahraga ringan secara teratur sebaiknya melakukan olahraga yang ringan saja dan jangan olahraga yang berat misal angkat beban.
  • Hindari mengonsumsi makanan yang berlemak.
  • Usahakan agar makanan yang diolah lembek seperti nasi tim
  • Banyak makan sayur-sayuran.
  • Minum susu secara teratur karena susu dapat melancarkan buang air besar dengan lancar.

wasir


Istilah lain dari ambeien adalah hemoroid, atau sering kali disebut dengan wasir. Walaupun kamu telah melakukan operasi wasir bukan berarti wasir tidak akan muncul kembali. Wasir dapat muncul kembali apabila kamu tidak bisa menjaga pola makan yang sehat dan tidak pernah melakukan olahraga dengan baik. Cobalah membiasakan dengan makan-makan yang mengandung serat, buah-buhan, dan sayur-sayuran yang cukup karena makanan tersebut dapat memperlancar buang air besar sehingga kamu terhindar dari wasir yang sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Makanan berlemak dan alkohol dapat mempercepat terjadinya ambeien karena lemak dapat mengendorkan otot-otot disekitar dubur. 


Siapa saja yang beresiko terserang ambeien?


Ambeien adalah meningkatnya tekanan darah di sekitar anus dan rektum gejala ambeien disebabkan karena terlalu lama mengejan saat buang air besar, duduk terlalu lama dan mengangkat beban berat. 

Orang beresiko terkena hemoroid antara lain;

  • Berat badan yang berlebihan.
  • Batuk yang terus menerus
  • Memiliki riwayat keluarga yang terkena hemoroid.
  • Orang hamil karena menahan beban bayi yang ada di kandungan.
  • Melakukan hubungan intim melalui anus.
  • Usia semakin  tua sehingga penopang jaringan tubuh disekitar anus menjadi lemah.
  • Sering mengangkat beban berat.

hemoroid



Salah satu gejala ambeien adalah munculnya benjolan yang terdapat pada anus apabila kamu melakukan buang besar terdapat benjolan bisa berukuran kecil atau besar. Hal ini terjadi karena pelebaran pembuluh darah vena pada daerah dubur akibat aliran darah balik vena yang tidak sempurna. Bisa terjadi pada siapa saja, tapi biasanya orang dewasalah yang paling sering mengalami keluhan tersebut. 

Sebenarnya wasir dapat disembuhkan dengan cara alami dengan mengunakan tanaman herbal yang ada disekitar kita, tapi sebagai alternatif terakhir apabila sudah pada tingkat yang serius. Jika benjolan telah membesar mengeluarkan darah segar, tidak bisa dimasukkan lagi, dan akan merasakan sakit yang amat sangat, maka ambeien tersebut tidak bisa lagi disembuhkan dengan obat-obatan dan tindakan operasi harus dilakukan. 


Jangan khawatir, operasi ambeien pasti aman bila dilakukan oleh dokter ahli bedah dan rasa sakit akan hilang setelah menjalankan operasi kamu bisa istirahat yang cukup dan setelah sembuh melakukan aktifitas seperti biasa. Setelah operasi, jagalah pola hidup sehat dengan baik agar wasir tidak muncul kembali. 


Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang