Bagaimana rasanya menaiki kapal perang?

Dilihat 1,89 rb • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Bagi negara maritim seperti Indonesia, jajaran armada angkatan laut sangatlah penting keberadaannya untuk menjaga keutuhan wilayah negara ini. Dan salah satu alutsista yang sangat dibutuhkan oleh angkatan laut adalah kapal perang atau kapal tempur


Kapal perang Indonesia adalah bagian yang sangat penting untuk menjaga kedaulatan NKRI pada sisi kelautan. Sedangkan untuk sisi udara, dibutuhkan armada pesawat tempur yang canggih dan siap tempur setiap saat. Selain itu, angkatan darat juga merupakan bagian yang penting dalam mempertahankan NKRI pada sisi keamanan tiap pulaunya.


Menaiki sebuah kapal perang akan memiliki rasa dan pengalaman yang cukup berbeda jika dibandingkan dengan menaiki kapal penumpang maupun kapal barang (kapal sipil). Bagi seorang pelaut atau personel angkatan laut, menaiki sebuah kapal perang, terlebih lagi kapal perang yang super canggih atau kapal perang yang cukup bersejarah, akan memberikan pengalaman dan kenangan tersendiri yang sulit untuk dilupakan begitu saja.


kapal perang


Bertugas di Kapal Perang


Bagi orang yang tidak biasa menaiki kapal perang, meskipun itu seorang personel angkatan laut, perasaan sesak, sempit dan terkurung adalah hal yang lumrah. Namun juga akan memberikan sebuah sensasi pengalaman baru yang sangat berharga dan tak terlupakan. 


Dalam sebuah kapal tempur, semuanya hanya diberi warna abu-abu atau kuning muda, serta akan ada banyak sekali kabel listrik serta pipa-pipa yang menjalar di seluruh badan kapal.


Semua bagian di kapal perang penuh dengan peralatan elektronik, mesin-mesin, sistem persenjataan, perbekalan, dan akomodasi. Meskipun ada sensasi perasaan sesak dan sempit, namun Anda dapat bergerak cukup leluasa. Namun memang semua tempat diatur sedemikian rupa untuk memaksimalkan efisiensi tempat tersebut. 


Pada kapal perang, semuanya diatur dengan sangat rapi, tidak barang yang diletakkan begitu saja di sembarang tempat. Karena hal ini akan sangat mempengaruhi kinerja kapal serta semua awaknya. Selain itu, sebuah kapal perang, termasuk kapal perang Indonesia, selalu dalam kondisi yang sangat bersih dan kering. Hal ini memang sangat diperlukan untuk menunjang performa maksimal awak kapal serta kapal perang itu sendiri.


kapal tempur


Setidaknya terdapat dua hal yang harus Anda perhatikan saat menaiki kapal perang, yaitu:


  1. Kapal perang memang dirancang untuk perang yang mengutamakan kecepatan dan efisiensi, bukan untuk dinikmati kenyamanannya. Pada beberapa kapal perang, juga dilengkapi dengan sabuk pengaman sehingga tidak ada satu orang pun awak kapal yang terlempar dari kursinya saat cuaca buruk terjadi. Jumlah jendela kapal perang juga tidak begitu banyak, sehingga referensi visual terhadap horison akan sangat minim sekali, bahkan mungkin tidak ada, sehingga mencegah seseorang mengalami mabuk laut. 
  2. Lingkungan pada kapal perang adalah lingkungan yang sangat profesional. Setiap orang memiliki tugas dan peran masing-masing. Mereka tahu apa yang harus dilakukannya, termasuk ketika dalam keadaan darurat. Hal ini sangat diperlukan karena satu sama lain saling bergantung untuk memenuhi tugas dan perannya. 

Perasaan yang Anda alami saat menaiki kapal perang (bertugas di sebuah kapal perang) adalah sesuatu yang sulit dijelaskan dengan kata-kata. Hal ini akan memberi Anda pengalaman batin yang luar biasa. Hubungan dan persahabatan yang Anda jalin dengan kru kapal lainnya selama bertugas di sebuah kapal perang, akan bertahan cukup lama bahkan ketika Anda sudah turun dan tidak bertugas di kapal perang tersebut. Pengalaman hidup yang sungguh luar biasa.


kapal induk


Jenis dan Fungsi Kapal Perang


Meskipun Anda hanya mengenalnya sebagai kapal perang, namun terdapat beberapa jenis kapal perang. Antara lain kapal induk, kapal kombatan, kapal patroli, kapal angkut, kapal selam, dan kapal pendukung. Sedangkan berdasarkan generasinya, terdapat tiga kategori, yaitu kapal perang layar, kapal Pre Dreadnought, dan kapal Post Dreadnought. 


Selain itu, ada juga pembagian lainnya berdasarkan sifat kapal perang terhadap radar, yaitu kapal perang konvensional dan kapal perang siluman. Ada satu hal yang unik, biasanya penamaan kapal perang dengan nama laki-laki. Berbeda dengan penamaan kapal biasa yang lebih sering menggunakan nama perempuan.


Secara mendasar, fungsi utama kapal perang adalah untuk menegaskan status perairan suatu negara dan menjaga keamanan perairan negara tersebut. Termasuk di dalamnya melindungi perdagangan dan beragam aktivitas perairan lainnya. Gangguan keamanan di laut akan mudah dihalau apabila suatu negara memiliki kapal-kapal perang, terlebih lagi yang canggih dan tangguh. Seperti kapal perang angkatan laut AS saat ini. 


kapal perang


Pada zaman dahulu, kapal perang juga digunakan untuk menjelajah lautan, mengangkut barang dagangan, atau bahkan barang-barang jarahan. Pada masa kini, fungsi kapal perang lebih ditujukan untuk keamanan dan kekuatan. Armada angkatan laut akan menjadi tangguh apabila dilengkapi dengan kapal tempur yang terbaik dan tercanggih. Terutama bagi negara-negara yang memiliki kawasan perairan lautan yang luas, seperti Indonesia. 


Kapal perang Indonesia haruslah kapal perang yang mampu bergerak cepat dan tangkas dalam melintasi lautan Indonesia serta mencapai pulau-pulau terpencilnya. Oleh karena itu, kapal perang Indonesia terbesar se Asia Tenggara adalah hal yang membanggakan.


Memiliki angkatan laut yang tangguh memang membutuhkan biaya dan sumberdaya yang cukup besar. Hal ini dibutuhkan agar jumlah armada yang dibutuhkan dapat tercukupi dengan baik, selain itu juga agar armada tersebut dapat beroperasi dengan layak, tanpa kendala apapun. 

Dan hal ini sangat berpengaruh pada perkembangan politik kawasan atau geopolitik negara yang bersangkutan. Dan Indonesia sebagai negara maritim, sudah sepantasnya untuk lebih memperhatikan sejauh mana kemampuan angkatan laut dan angkatan udaranya. Sebagaimana slogan angkatan laut Indonesia, Jales Veva Jaya Mahe, Di Laut Kita Jaya. 


angkatan laut


Jadi, meskipun ada kesan sesak dan sempit saat Anda pertama kali menaiki kapal perang, namun itu hanyalah sensasi sesaat saja. 


Pengalaman yang sebenarnya adalah pengalaman batin yang luar biasa yang sulit untuk diceritakan secara lisan maupun dengan tulisan. Terlebih lagi apabila Anda adalah seorang personel angkatan laut. Rasa persahabatan dan persaudaraan akan terjalin dengan erat dan bertahan hingga waktu yang sangat lama, meskipun Anda sudah tidak lagi berada di kapal perang tersebut. 


Dan satu lagi, angkatan laut bagi negara maritim seperti Indonesia ini adalah kekuatan yang sangat penting untuk menjaga keutuhan dan keamanan negara dari segala macam ancaman yang ada di lautan. Semoga artikel singkat ini memberi pencerahan untuk Anda.

Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang