Bagaimana rasanya mengidap meningitis?

Dilihat 8,62 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Meningitis adalah penyakit yang disebabkan oleh peradangan pada selaput pelindung yang menutupi saraf otak dan tulang belakang yang dikenal sebagai meninges. Peradangan biasanya disebabkan infeksi dari cairan yang mengelilingi otak dan sumsum tulang belakang. Sistem saraf otak bisa rusak pada banyak kasus. Meningitis terjadi bisa disebabkan oleh lima faktor yaitu virus, bakterial, jamur, amuba, dan beberapa penyakit lain. Penyakit ini sering menyerang bayi dan balita tapi tak jarang orang dewasapun terkena penyakit ini. Kondisi kesehatan seseorang yang renta terhadap suatu penyakit atau pada saat daya tahan tubuh menurun penyakit ini akan mudah masuk. Meningitis adalah radang membran yang menyelubungi otak dan sumsum tulang belakang. Gejala meningitis secara umum demam tinggi secara mendadak yang disertai sakit kepala yang hebat tak kunjung reda serta terdapat ruam merah pada kulit. Tapi untuk memastikannya harus dilakukan dengan beberapa tes kesehatan. Virus dapat masuk ke tubuh manusia melalui aliran darah dan bergerak menuju meninges atau selaput pelindung otak dan sumsum tulang belakang. Ketika telah sampai pada selaput pelindung otak maka akan terjadi radang atau meningitis.


menginitis


Neisseria meningitidis merupakan penyebab paling umum dari meningitis bakterialis. Bakteri ini bisa hidup dalam tubuh manusia terutama pada daerah hidung dan tenggorokan tanpa menyebabkan infeksi. Apabila kondisi dalam tubuh kita menurun maka bakteri ini bisa melawan dan mengalahkan sistem kekebalan tubuh manusia sehingga mengakibatkan radang pelindung selaput otak atau meningitis. Demikian juga dengan bakteri streptococcus pneumoniae juga hidup di hidung dan tenggorokan manusia tanpa menimbulkan infeksi dimana kondisi tubuh dalam keadaan tidak sehat atau daya tahan tubuh menurun maka bakteri ini bisa menyerang dan menyebabkan meningitis. Bakteri ini lebih sering menyerang pada bayi dimana kondisi bayi sistem kekebalan tubuhnya belum sepenuhnya berkembang.

Bakteri yang lainnya adalah mycobacterium tuberculosis atau yang kita kenal dengan penyakit TBC bakteri ini biasanya menyerang organ tubuh terutama pada pernapasan paru-paru kemudian masuk ke aliran darah dan mengakibatkan radang pada pelindung selaput otak.

Meningitis bakteri akut biasanya terjadi ketika bakteri memasuki aliran darah dan berpindah ke otak dan sumsum tulang belakang. Tetapi juga bisa terjadi ketika bakteri secara langsung menyerang meninges, sebagai akibat dari telinga atau sinus infeksi, atau patah tulang tengkorak, atau setelah melakukan beberapa operasi pada daerah kepala.


menginitis


Mengenal Penyakit Meningitis Dan Gejalanya

Gejala penyakit meningitis adalah demam tinggi yang terjadi secara tiba-tiba disertai sakit kepala yang hebat. Untuk mengetahui secara pasti apakah kamu terserang meningitis atau tidak tentunnya kamu harus mengetahui secara mendetail riwayat dari penyakit yang kamu derita biasanya gejala dari penyakit ini semua orang mengalaminya misal sakit kepala dengan demam tinggi apabila mengalami gejala-gejala awal seperti dibawah ini sebaiknya hubungi dokter dan melakukan pemeriksaan secara intensif. Penyakit meningitis adalah penyakit yang bisa menyerang kapan saja karena bakteri atau virus bisa masuk lewat udara atau lingkungan yang kurang sehat.

Gejala meningitis secara umum pada orang dewasa antara lain:

  • Deman tinggi secara mendadak. 
  • Sakit kepala yang parah. 
  • Muntah atau mual dan kepala terasa pusing. 
  • Leher terasa kaku susah digerakan. 
  • Kejang. 
  • Kurang nafsu makan dan minum. 
  • kebingungan atau perubahan kesadaran.
  • Kepekaan terhadap cahaya. 
  • Mudah lelah dan sering mengantuk dan kesulitan bangun. 
  • Terdapat ruam pada kulit. 

Meningitis adalah peradangan yang terjadi selaput pelindung yang menutupi saraf otak penyakit ini tidak hanya menyerang orang dewasa saja mpenyakit meningitis juga menyerang bayi dan balita karena pada bayi sistem kekebalan tubuhnya belum cukup berkembang.


meningitis


Gejala menigitis pada bayi dan balita antara lain:

  • Demam tinggi.  
  • Menangis tanpa henti. 
  • Tidak mau menyusu. 
  • Tidak nafsu makan.
  • Sebuah tonjolan yang lembut di atas kepala bayi atau ubun-ubun. 
  • Kekakuan pada tubuh bayi terutama pada leher. 
  • Kejang. 
  • Terdapat ruam pada kulit.

menginitis


Sangat penting sekali untuk melakukan vaksinasi lengkap pada bayi atau balita sehingga daya tahan tubuh akan meningkat dan menyusui bayi secara ekslusif sehingga bayi mempunyai antibodi yang diberikan ibunya dengan baik.


Pengobatan Untuk Penyakit Meningitis

Penyakit ini harus mendapatkan perawatan yang baik sehingga tidak menimbulkan konflikasi pada daerah lain. Pengobatan penyakit meningitis dilihat dari penyebabnya dan gejala meningitis terlebih dahulu. Untuk penyakit meningitis yang disebabkan oleh virus dokter akan mengobati gejala yang ditimbulkannya dan menunggu infeksi sembuh dengan sendirinya. Sedangan yang ditimbulkan oleh bakteri dokter akan menyarankan untuk melakukan perawatan di rumah sakit agar dapat dipantau oleh dokter dan perawat. Pengobatannya biasanya dengan terapi antibiotik dan kadang-kadang dberikan obat antivirus. Kortikosteroid juga dapat digunakan untuk mencegah terjadinya komplikasi karena radang yang berlebihan.

Antibiotik diberikan untuk mengobati bakteri pada radang selaput otak.

Untuk mengetahui secara pasti penyakit meningitis dokter akan membuat diagnosa dengan mencari bakteri dalam sampel cairan tulang belakang. Untuk mendapatkan cairan memasukkan sebuah jarum suntik ke bagian punggung bawah dimana cairan dalam kanal tulang belakang dapat diambil. Dokter juga akan melakukan serangkain tes termasuk tes darah dan rentgen pada otak. 

Apabila tidak ada konflikasi lain dan dapat disembuhkan dengan antibiotik dan terus dipantau perkembangannya sampai benar-benar sembuh maka pasien diperbolehkan pulang dengan selalu menjaga kesehatan dengan baik dan selalu melakukan kontrol kesehatan secara rutin. Penyakit meningitis bila diobati sejak awal maka pasien akan sembuh dengan baik.


menginitis


Tips-tips agar terhindar dari penyakit meningitis

Penyakit ini terjadi karena virus atau bakteri atau sebab lain yang berhubungan dengan penyakit yang menyertainya.

Mengatasi penyakit meningitis antara lain:

  • Memahami pentingnya meningitis bakteri. Kondisi ini merupakan keadaan darurat medis dan membutuhkan perhatian dan perawatan segera.
  • Selalu memcuci tangan apabila telah melakukan aktivitas. Agar dapat terhindar dari bakteri.  
  • Abapila sedang hamil hindari makanan yang mentah usahakan agar selalu makan makanan yang telah dimasak terlebih dahulu. 
  • Hindari mengonsumsi penyedap rasa micin.
  • Makan makanan yang bergizi dan vitamin yang cukup agar daya tahan tubuh menjadi kuat.
  • Perbanyak minum air putih sesuai dengan takaran sehari 8 gelas

Dari penjelasan di atas penting sekali kamu harus menjaga kesehatan dengan baik memperhatikan pola makan, olahraga secara teratur, dan Selalu hidup bersih. Rasanya mengidap menigitis memang sangat tidak mengenakan harus melakukan serangkain tes yang melelahkan dan selalu mengonsumsi obat-obatan yang dberikan oleh dokter. Untuk itu selagi kamu sehat harus banyak bersyukur dengan menumbuhkan gaya hidup sehat dan bersih. Ingat bahwa sehat itu indah!


Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang