Bagaimana rasanya menjadi orang asing di Jepang?

Dilihat 453 • Ditanyakan 10 bulan lalu
1 Jawaban 1

Jepang menjadi negara yang cukup populer di dunia. Perkembangan teknologinya yang maju, budaya masyarakatnya yang unik, makanan khas Jepang yang terkenal menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara. Sehingga semakin banyak orang yang menanyakan, apakah tinggal di Jepang cukup menyenangkan bagi orang asing? Saya akan berbagi sedikit pengalaman tentang bagaimana rasanya menjadi orang asing di Jepang. Tentu tidak semua pengalaman ini menyenangkan, anda cukup mengambil bagian-bagian penting untuk dijadikan pelajaran. 


tinggal di jepang


Bagaimana rasanya menjadi orang asing di Jepang? Sebelumnya perlu diketahui bahwa ada perbedaan maksud dari istilah tinggal di jepang. Apakah kita tinggal di jepang sebagai turis, atau tinggal di jepang sebagai pekerja dan pelajar. Jika kita ke Jepang dengan sebagai wisatawan, tentunya hal ini tidak termasuk kategori tinggal di Jepang. 


Seorang wisatawan masuk ke Jepang diberikan akses melalui visa kunjungan wisata. Visa jenis ini memberikan kita jangka waktu tinggal di Jepang dalam waktus angat singkat. Kecuali jika kita adalah warga negara united state of Amerika (USA). karena Amerika tidak memiliki jenis visa "liburan kerja" seperti negara lainnya. Visa "Liburan Kerja" itu hanya berlaku untuk beberapa negara saja (Kanada, Perancis, Australia).Biasanya visa jenis ini mengizinkan seseorang untuk tinggal di negara tersebut selama 90 hari. Namun hal ini juga tergantung dengan negara asal kita. 


Kalau kita tetap bersikeras ingin tinggal lama di Jepang dengan menggunakan visa wisatawan, ada satu cara yang cukup beresiko untuk dicoba.  Caranya yaitu berkunjung sebagai turis ke Korea sejenak, kemudian pergi kembali ke Jepang dengan visa wisatawan yang lain. Namun, cara ini tidak dijamin aman untuk kamu! 


kehidupan di jepang

Selagi kita di Jepang menggunakan visa wisatawan, tentu saja tidak terhitung sebagai warga negara Jepang. Alhasil kita tidak memperoleh izin untuk bekerja secara legal di Jepang. Selain itu kita juga tidak memperoleh pencakupan medis, dan hal lainnya seperti membeli sepeda atau memiliki telepon genggam. Kegiatan itu termasuk ke dalam kategori ilegal bagi pemegang visa wisatawan. Sulit juga bagi kita yang  ingin menyewa apartemen. Alternatifnya adalah kita menyewa penginapan foreigner-friendly yang memberikan waktu sewa yang pendek.


Berbeda dengan jenis visa sebelumnya. Khusus untuk memperoleh Visa bekerja perlu beberapa syarat yang cukup ringan. Tetapi umumnya jenis visa ini hanya akan berakhir dalam setahun. Meskipun ada beberapa batasan kerja, tetapi secara keseluruhan hal itu tidak terlalu penting. Karena umumnya kita sudah cukup mendapatkan pengalaman tinggal di Jepang dengan waktu satu tahun tersebut. Dengan visa ini, kita akan lebih mudah mendapatkan telepon genggam, dll.


Pilihan lain yaitu kita bisa tinggal di Jepang dengan Visa Pelajar. Jenis visa ini lumayan mirip dengan visa Liburan Kerja. Bedanya untuk memperoleh visa pelajar lebih berdasarkan pada persyaratan pelajar daripada persyaratan kerja. Pemegang visa pelajar bisa mengambil kerja paruh waktu ( sekitar 20 jam atau kurang dalam seminggu).


Bagaimana dengan tinggal di Jepang, dengan Visa Investor? Tidak banyak yang bisa diceritakan tentang jenis visa ini. Untuk mendapatkannya, kita perlu mengisi kertas sebanyak formulir-formulir visa lainnya. Hanya saja lebih kearah tujuan bisnis.


Ini bagian pentingnya ketika kita akan mempersiapkan diri sebagai orang asing yang akan tinggal di Jepang:

  1. Kita akan mengisi formulir yang sangat banyak.
  2. Kita akan ditanya dengan pertanyaan yang sama terus-menerus tentang asal kita dan alasan datang ke Jepang.
  3. Belajarlah bahasa Jepang dan budaya orang Jepang jika kita berencana untuk tinggal di Jepang dalam jangka waktu yang lama.  Ada banyak orang asing yang telah tinggal di Jepang lebih dari 10 tahun dan masih belum bisa berbahasa Jepang sedikitpun. Ini akan menyulitkan mereka. Kecuali kalau kita tinggal di salah satu kota besar (Tokyo, Osaka, dll). Kita tidak akan  memiliki banyak masalah untuk berkeliling atau apapun itu walaupun tidak bisa berbahasa Jepang.
  4. Akan sulit bagi orang asing yang tinggal di area pedesaan, jika tidak siap. Tentunya hal ini tergantung di area mana kamu tinggal. Kita mungkin akan ditatap terus menerus. Pilihannya hanya satu, yaitu tetaplah tersenyum, mengangguk dan terus melangkah maju. Jika tetap merasa sebagai orang aneh dan tidak nyaman berada di antara masyarakat Jepang,maka satu-satunya pilihan adalah meninggalkan Jepang.
  5. Yang ini mungkin belum berubah. Walaupun kamu bisa berbahasa Jepang, berbicara dengan orang asli Jepang biasanya akan memberikan respon seperti ini pada kita,"Oh tidak, orang ini tidak bisa berbahasa Jepang, aku akan mencoba menggunakan bahasa Inggris, kalau begitu."  Hal ini terkadang menjengkelkan, tetapi biasanya akan terjadi - cukup mengulang kata-katamu dengan bahasa Jepang dengan tenang, atau berganti ke bahasa Inggris dan memainkan permainan "memahami apa yang mereka maksudkan".
  6. Menurut pengalaman dari seorang teman yang tinggal di Jepang, jika kita  berada ditempat yang tidak seharusnya,ada kemungkinan kita akan diberhentikan dan dimintai kartu registrasi atau passport. Jadi, siapkan dokumen identitas di mana pun berada selama di Jepang.

budaya jepang


Dari semua poin-poin diatas, dapat disimpulkan kalau banyak orang Jepang yang suka merasakan budaya negara lain. Kalau kita termasuk orang yang ramah-tamah, kamu akan sangat mudah untuk mendapat teman baru. Alasannya adalah budaya orang Jepang dikenal memiliki rasa sopan-santun yang tinggi.


Terakhir... Baik buruknya pengalaman merasakan kehidupan di Jepang juga ditentukan oleh apa yang kita lakukan disana. Kalau kita secara alamiah memiliki sifat ramah-tamah dan bisa bahasa Jepang, maka kita akan memiliki waktu yang sangat berharga selama tinggal di Jepang. 


Walaupun poin-poin yang dijabarkan di atas lebih fokus ke bagian susahnya, masih ada pengalaman yang patut dimiliki. Paling tidak, simpan nasihat ini dan berjuanglah! maka kita akan membuat perbedaan dengan pengalaman menarik selama tinggal dan menikmati kehidupan di Jepang.

Terjawab 10 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang