Bagaimana saya bisa kecanduan untuk berolahraga?

Dilihat 487 • Ditanyakan sekitar 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Alasan utama orang-orang tidak berolahraga adalah mereka memulai dengan terlalu banyak harapan. Bahkan walaupun olahraga selama beberapa jam setiap minggu terasa simpel dalam pikiranmu, sebenarnya tidak - inilah kenapa ada banyak orang disekitar kita yang ingin berolahraga, tapi masih belum melakukannya. Ini juga kenapa mayoritas olahragawan baru berhenti dalam 6 bulan pertama. Apa yang terjadi adalah karena olahraga adalah sesuatu yang baru, pada pikiran tak sadar mu itu akan terlihat menyramkan: "Bisakah aku melakukannya?", "Bisakah aku terus mengikutinya?", "Bagaimana kalau aku gagal?". Saat hal itu terjadi, amigdala (bagian otakmu) mengeluarkan respon serang atau terbang. Respon ini berarti, untuk melindungimu dari bahaya dan akan bekerja dengan baik kalau, misalnya kamu melihat ular berbahaya didepanmu. Namun, ketika datang untuk membuat kebiasaan sehat yang baru untuk diri kita sendiri, hal ini bisa sangat berbahaya. Saat respon ini menyala, aktivitas di bagian lain otakmu (seperti korteks prefontal) yang mengontrol pemikiran rasional dan kreativitas akan menjadi lambat. Uups, pemikiran rasional tidak dapat bekerja lagi!!!! Inilah kenapa bahkan walaupun orang ingin berolahraga, mereka tidak bisa membuat diri mereka melakukannya. Pikiran rasionalnya TIDAK bekerja!!!! Kalau kamu benar-benar ingin  ketagihan untuk berolahraga, kamu perlu menggunakan cara inkonvensional untuk menanamkan kebiasaan baru ini kedalam dirimu sendiri....

  1. Memahami kalau menjadi ketagihan itu dikontrolkan oleh pikiran tak sadarmu. Kamu tidka ibsa, misalnya mengatakan kepada dirimu sendiri "Kamu sekarang idak bisa hidup tanpa olahraga" dan membuatnya terjadi.

  2. Itu artinya, supaya dapat ketagihan olahraga, kamu perlu melakukan beberapa hal yang tidak masuk akal bagi pikiran sadar mu (secara formal dikenal sebagai korteks prefrontal), tapi masuk akal untuk pikiran tak sadarmu (+dan kamu harus menghindari membangunkan amigdala).

  3. Mulai dengan langkah bayi. Langkah itu melibatkan melakukan 2 push-up setiap hari. Atau, 2 squat. Tapi tidak lebih dari itu. Langkah-langkah seperti itu sangat mudah yang tidak menyalakan respon serang-atau-terbang.

  4. Sekarang, pikiran sadar mu sudah mulai memberontak ide ini: "Ini terlalu kecil", "Aku tidak melihat bagaimana hal ini akan membuatku ketagihan". Seperti yang sudah kukatakan sebelumnya, latihan olahragamu itu tidak perlu masuk akal bagi pikiran sadarmu! Pikiran rasional mu TIDAK bekerja!

  5. Saat kamu menemukan langkah yang sangat kecil mu ini, kamu sekarang perlu mengikatnya dengan aktivitas yang kamu lakukan setiap hari. Contohnya: bangun tidur di pagi hari, menggosok gigimu, makan siang, menidurkan anak-anak, mandi, baca buku di tempat tidur sebelum tidur, dll. Ini adalah "jangkar"nya.

  6. Sekarang, harusnya kamu memiliki rangkaian aktivitas yang baik: misalnya, aku akan melakukan 2 push-up setelah aku mencuci wajahku dipagi hari.

  7. Sekarang, kamu sudah siap untuk memulainya! Lakukan aktivitas barumu selama satu minggu. "Jangkar" ini akan membantumu mempermudah membuat kebiasaan olahragamu.

  8. Ketika kamu lupa melakukan aktivitas baru mu, jangan khawatir. Cukup melakukannya ketika kamu ingat tentang itu, dan kemudian mencoba untuk mengikuti rencana nya keesekan harinya.

  9. Setelah sekitar satu minggu kamu akan membuat langkah yang sangat kecil ini menjadi kebiasaan. Terus lakukan dan kamu akan (mungkin sebulan atau dua bulan?) menemukan dirimu menambah bagian tangga olahraga ini (misalnya, 10-20 menit) melewati minggu-minggu mu.

Proses ini bekerja karena cara ini mengajarkan otak tak sadarmu kalau olahraga itu tidak menyeramkn. Saat otak tak sadarmu merasa nyaman dengan olahraga, berarti kamu akan beban untuk berolahraga sebanyak yang kamu mau! Ditmbah lagi, langkah yang sangaaat kecil ini yang sudah membangun jalur baru dalam otakmu yang besekarang "meminta untuk berolahraga". Inilah dimana bagian ketagihan masuk...

Terjawab sekitar 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang