Bagaimana saya bisa menginduksi insomnia pada diri sendiri?

Dilihat 537 • Ditanyakan sekitar 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Insomnia adalah ketidakmampuan untuk tidur di saat anda membutuhkannya. Anda tentu tidak menginginkannya. Insomnia adalah penyakit yang cukup mengerikan dengan konsekuensi yang serius. Satu bentuk insomnia bisa menjadi fatal. Yang anda inginkan hanyalah tidak merasa begitu lelah. Itu beda masalahnya.


Kebanyakan orang-orang secara sengaja mengurangi tidur. Saat matahari terbenam, tubuh kita seharusnya mendapatkan sinyal untuk segera beristirahat. Tapi kita justru tetap menyalakan lampu dan memandangi handphone dan layar TV. Lalu kita berpikir kita bisa langsung bangun pagi seakan-akan tidak ada yang terjadi. Bukan begitu caranya. Orang-orang yang mematikan perangkat digitalnya dan lampunya setelah malam hari beristirahat pada jam 9 dan bangun lebih awal dan merasa segar. Tidur awal, bangun awal. Itu bagus!


Kurang tidur atau siklus tidur yang tidak benar mengganggu emosi dan kemampuan untuk berpikir jernih (meski anda tak merasa terganggu), melemahkan sistem kekebalan tubuh anda, dan rentan pada kematian. Jika tubuh anda lelah, anda harus tidur. Jika anda merasa terlalu lelah pada jam 8 malam, seperti kelelahan kronis, dan anda tidak merasa telah cukup bekerja hingga merasa begitu lelah dan ingin terjaga hingga jam 10 (alih-alih justru jam 3 pagi misalnya), maka itu hal yang berbeda dan beralasan.


Daripada memaksa diri dan bersusah payah untuk terjaga, cari tahu penyebab kelelahan anda. Bicarakan dengan dokter anda. Apakah anda kurang olahraga atau justru berlebihan? Apakah diet anda kurang sempurna? Apakah anda depresi atau sedang di bawah tekanan? (depresi, stress, dan kondisi sejenisnya mengakibatkan hilangnya energi). Jangan melawan tubuh anda. Dengarkan apa yang ia katakan.

Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang