Bagaimana saya bisa sembuh dari anemia padahal saya sedang diet vegan?

Dilihat 593 • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Ya, anda bisa pulih meskipun sedang diet vegan.  Tapi seberapa cepat pemulihannya tergantung pada seberapa rendah tingkat zat besi dan hemoglobin yang hilang. Dan juga jenis anemianya -- apakah akibat defisiensi zat besi atau B12?


Saya pernah punya anemia sejak muda (saat itu saya makan ikan dan daging). Berkaca kembali pada saat itu, pencernaan saya sedang tidak dalam kondisi baik dan diet saya tidak memasukkan banyak sayuran. Saya menjadi vegan selama bertahun-tahun, termasuk saat hamil 9 bulan dan dua tahun menyusui, dan tingkat zat besi saya bagus. Cara mudah untuk mendapatkan zat besi tanpa mengkonsumsi suplemen apapun: beli sebuah periuk kecil yang terbuat dari besi. Tuang satu gelas air di periuk itu dan biarkan semalaman. Pagi harinya minum airnya. Ion-ion dalam air bereaksi dengan kuali dan air mengandung zat besi yang mudah diserap tubuh.


Jika disebabkan B12, konsumsilah suplemen, dan juga susu kacang dalam diet anda. Jika anemia defisiensi zat besi, masukkan makanan-makanan ini dalam daftar diet anda:

Protein Nabati: Tofu, kacang-kacangan, kacang polong, kacang hitam, seitan, dan tempe

Kacang-kacangan dan biji-bijian: kacang tanah, kacang almond, kenari

Sayuran: sayuran hijau, rumput laut, bayam, labu

Buah: jus buah plum

Ekstra: sirup gula blackstrap, bibit gandum, coklat hitam


Tips lainnya: Sandingkan makanan-makanan di atas dengan yang kaya akan vitamin C, seperti jeruk, kubis, sawi, kol, lada, stroberi dan tomat. Masak dengan kuali yang terbuat dari besi. Dan jika anda punya keraguan, coba cari ahli diet yang mempunyai spesialisasi dalam diet nabati/vegan. (http://plantbaseddocs.com)

Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang