Bagaimana saya dapat mengatasi perasaan taku yang tidak rasional terhadap dokter gigi?

Dilihat 757 • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Menurut saya ketakukutanmu dapat dimengerti. Bagi rata - rata orang, kunjungan ke dokter gigi bukan hal yang menakutkan. Kasusmu mungkin agak berbeda.


Untuk mengendalikan rasa takutmu, saya rasa kamu kamu mengetahui dengan tepat apa yang kamu rasakan ketika kamu pergi ke dokter gigi:

  • Perasaan tidak pasti. Selain kunjungan yang kamu lakukan secara umu, kamu tidak tahu apa yang akan dilakukan dokter gigi kepadamu. Apakah mereka akan mencabut gigimu? Apakah mereka akan menggunakan suntikan? Sesuatu yang tidak kamu ketahui sama sekali? Berapa lama waktu yang mereka butuhkan? 10 menit? 20 menit? Satu jam? Terlepas dari berbagai prosedur, kamu mungkin berpikir apa yang akan mereka lakukan selanjutnya. Peralatan aneh seperti apa yang akan mereka gunakan? Suara berdenging apa itu? Dan kemudian kamu akan bertanya - tanya kapan mereka akan berhenti membor?
  • Rasa takut. Kalau kamu sebelumnya pernah menjalani prosedur tertentu dan itu terasa sakit, kamu mungkin akan merasa takut setiap kali kamu harus melakukannya lagi. Kalau kamu takut pada suntikan, kamu akan takut pada setiap prosedur yang melibatkan suntikan.
  • Rasa sakit. Kadang kamu benar - benar merasakan sakit, tapi seringkali itu hanya perasaan tidak nyaman atau ilusi dari rasa sakit. Untuk mengklarifikasi hal ini: Hanya rasa sakit yang sebenarnya yang bisa membuatmu berteriak atau berusahan melepaskan diri. Tidak ada tanda - tanda sebelum hal itu terjadi dan biasanya itu tidak berlangsung lama . Rasa tidak nyaman dan ilusi dari rasa sakit adalah yang kamu rasakan ketika mereka melakukan pengeboran (ketika kamu sudah dibius) atau ketika mereka memasukkan jarum
Ada cara - cara yang dapat kamu lakukan untuk mengendalikan perasaan - perasaan tersebut.

  • Kunjungilah dokter gigi secara berkala - Untuk melakukan check up dan mengedukasi dirimu mengenai kesehatan mulutmu secara keseluruhan. Jika sesuatu akan dilakukan, minta dokter gigimu untuk menjelaskan setiap langkah dari prosedur tersebut. Saya menyadari bahwa ketika saya tahu apa yang akan dilakukan, saya merasa lebih baik sepanjang kunjungan. Tanyakan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menjalankan prosedur tersebut. Kalau kamu tahu apa yang sedang terjadi, kamu tidak akan merasa tak berdaya.
  • Ketika dokter gigi sedang berkerja, amati kemajuannya. Sekarang setelah mereka memberitahumu akan yang mereka lakukan, intiplah tindakan yang merekan lakukan, lihat alat apa yang mereka gunakan dan sudah sampai di langkah mana mereka. Lawan rasa takutmu dengan rasa penasaran.
  • Sebelum dokter gigi mulai bekerja, putuskan bahasa tubuh yang akan digunakan. Kebanyakan dokter gigi akan mengatakan padamu untuk mengangkat tanganmu kalau kamu merasa sakit. Ini dapat berguna karena kamu sedang tidak bisa bicara. Kamu juga bisa menetapkan isyarat ketika kamu ingin istirahat, butuh tisu, dan seterusnya. Tentunya ini terganting seberapa kooperatis dan pengertian dokter gigimu.
  • Ketahuilah bahwa semakin panjang interval waktu kunjungamu, semakin kamu akan merasataku. Kamu akan mendapatkan lebih banyak hal yang dapat dilakukan dalam waktu yang lebih singkat. Selain itu, lubang di gigimu harus segera ditambal.
  • Berdamailah dengan suntikan. Suntikan itu tidak sakit, hanya membuatmu tidak nyaman. Bukan jarum suntik yang menyebabkan perasaan itu, tapi sejumlah besar cairan yang disuntikkan ke suatu area. Kalau kamu pernah menyadarinya, setelah jarum suntik dicabut, kamu masih merasakan perasaan itu. Gosokkan area itu dengan lembut kalau dokter gigi tidak melakukannya.
  • Tenangkan tubuhmu ketika dokter gigi sedang bekerja. Kalau otot - ototmu tegang, kamu akan merasakan sakit berkali - kali lipat. Relaks dan tarik nafas dalam - dalam.
  • Kalau memungkinkan (dan itu membuatmu merasa lebih baik), ajaklah seseorang untuk menemanimu dan biarkan mereka berbicara padamu ketika dokter gigi sedang bekerja. Ini akan mengalihkan perhatianmu dan kamu tidak akan merasakan hal - hal yang kamu kira rasa sakit.
  • Lakukan apa yang kamu bisa untuk meminimalisasi kunjungan ke dokter gigi. Rawatlah gigimu dengan baik. SIkat gigimu beberapa kali sehari, jangan makan makanan yang terlalu manus atau asam. Jangan meroko. Tanyakan kepada dokter gigimu cara menjaga gigimu tetap sehat.

Kombinasikan semua hal di atas dan saya yakin kunjunganmu ke dokter gigi tidak akan menjadi hal yang menakutkan.


Terjawab sekitar 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang