Bagaimana saya mempelajari tinju?

Dilihat 2,01 rb • Ditanyakan sekitar 2 tahun lalu
2 Jawaban 2

Saya sudah melakukan olahraga tinju selama bertahun - tahun mulai mengikuti MMA dan jenis seni bela diri lainnya juga. 


Di bawah ini adalah beberapa masukan terkait latihan tinju yang dapat saya berikan:


  • Dalam olahraga tinju, kamu menggunakan otot - otot dan sistem pernafasanmu dalam cara yang berbeda dari kebanyak olahraga lainnya. Dalam tiga menit, intensitas latihan yang kamu lakukan bisa sangat tinggi yang melibatkan kecepatan dan pengerahan tenaga penuh. Seperti itulah latihan tinju yang harus kamu jalani dengan lebih dari satu kali 3 menit. Tinjulah kantung tinju atau bantal secepatn dan sekeras mungkin selama tiga menit untuk menguji dirimu. Kamu akan terkejut betapu sulitnya berlatih tinju. Ingatlah bahwa melakukan kardio merupakan hal yang sangat penting. Lakukanlah lari jarah jauh dan juga sprint yang sangat cepat. Pengerahan otot dengan cepat juga perlu dilatih dalam tinju. Misalnya, lupakanlah mengenai berapa banyak pushup yang bisa kamu lakukan, tapi lihat berapa banyak pushup yang bisa kamu lakukan dalam waktu 30 detik. Tingkatkan waktunya dari 30 detik menjadi 40 detik, lalu menjadi 50 detik, hal ini akan meningkatkan kecepatan dan kekuatan sentakan otot. Pahamilah ilmu pengetahuan terkait tinju dan dorong tubuhmu untuk bekerja berdasarkan hal tersebut. Seorang atlet akan beban akan dikalahkan oleh seorang petinju, meskipun dia dapat melakukan latihan lengan dua kali lebih banyak. Kamu tidak usah memikirkan siapa yang bisa mengangkat beban paling banyak, tapi lihatnya siapa yang dapat melakukannya dengan lebih cepat. Siapa yang dapat mengangkat beban 15 kg dengan pengulangan lebih banyak dalam waktu 30 detik, tanpa istirahat.
  • Teknik. Memukul mungkin terlihat keren, tapi kamu harus dapat melakukannya dengan benar, bukan hanya sekedar menggunakan kepalan. Kembangkan otak pada kaki dan tanganmu agar dapat berkoordinasi dengan baik. Lakukan lompat tali selaam tiga menit, ulang beberapa kali. Lakukan lunge. Ketika kamu memukul kantung tinju, perhatikan teknik memukul yang baik dan lakukan dengan bervariasi.  Jab, cross, hook, cross. Jab, cross, uppercut, cross. Jab, Jab, cross, hook. Kembangkan memori otot pada tanganmu agar kamu dapat melakukan setiap pukulan dengan efektif.
  • Kegigihan. Berlatih tinju merupakan hal yang cukup sulit, baik secara mental maupun secara fisik. Istirahat selama seminggu dan berlatih hanya 50% akan memperlambat performamu. Pertahankan performamu. Kalau kamu bangun pada hari senin dan kakimu terasa sakit, latihlah tanganmu. Kalau kamu bangun pada hari selasa dan tubuhmu terasa sakit, latihlah perutmu dan lakukan kardio. Kalau pada hari rabu kamu terbangun dan merasakan sekujur tubuhmu sakit, berenanglah.
  • Berpikirlah layaknya seorang petarung. Pada dasarnya, singkirkan rasa takut dan ganti dengan rasa percaya diri. Seseorang harus memiliki koordinasi yang baik dan pintar serta cepat, tapi yang paling penting kamu tidak boleh merasa gugup atau taku untuk melakukan pukulan dan melayangkan pukulan combo. Cobalah berlatih dengan rekanmu dan lihat berapa banyak kesempatan yang TIDAK kamu ambil karena otakmu mengatakan kepadamu bahwa kamu mungkin akan terluka atau kamu akan kehabisan nafas.
  • Jika memungkinkan, berenanglah. Berenang merupakan latihan yang sangat membantu untuk berbagai macam olahraga. Saat berenang seluruh anggota tubuhmu bekerja dan berenang juga membantu meningkatkan fokus. Jika kamu tidak bisa berenang maka..
  • Carilah media untuk melakukan relaksasi. Pikiran dan tubuhmu membutuhkan waktu untuk mendinginkan diri. Tapi daripada tidur, cobalah untuk melakukan suatu aktifitas yang menyegarkan, misalnya bermain catur. Saya sangat menyukainya karena hal tersebut membantu saya relaks, beristirahat, dan siap untuk berlatih lagi dengan kondisi yang lebih baik dari sebelumnya.

Terjawab sekitar 2 tahun lalu

Saya telah bertinju selama bertahun-tahun, dan memulai MMA serta bentuk lain seni bela diri dan sekaligus aktifitas fisik. Ini masukan saya.

  1. Tinju menggunakan otot-otot dan sistem pernafasan anda tidak seperti olahraga lain kebanyakan. Intensitasnya sangat tinggi, hingga tiga menit rentetan, pada kecepatan penuh dan kekuatan penuh. Begitulah latihan yang seharusnya jika anda ingin bertahan lebih dari satu ronde 3 menit. Pukul sebuah samsak tinju atau bantal secepat dan sekeras mungkin selama tiga menit untuk menguji diri anda. Anda akan terkejut betapa sulitnya itu. Dengan tetap menjaga itu dalam pikiran, penting sekali untuk mulai melakukan kardio. Jarak jauh, sebagaimana rentetan sprint. Serat-serat otot berkedut cepat juga merupakan bagian yang perlu dilatih untuk olahraga ini. Lupakan tentang BERAPA BANYAK push-up yang bisa anda lakukan, sebagai contoh. Alih-alih, mulailah melihat berapa banyak yang bisa anda lakukan dalam waktu 30 detik. Mulailah dari 30 ke 40 ke 50, ini meningkatkan kecepatan anda dan kekuatan kedutan cepat. Bongkar sains dibalik olahraga dan sesuaikan tubuh anda untuk berlatih dengan benar. Seorang pengangkat besi akan dikalahkan oleh seorang petinju, bahkan jika ia mampu melakukan bench dan curl dua kali lebih banyak. Lupakan bahwa anda telah melihat orang yang bisa melakukan lebih banyak bench atau lift. Lihat siapa yang bisa melakukannya LEBIH CEPAT. Siapa yang bisa mengangkat 30 pon lebih banyak dalam 30 detik, tanpa jeda, sebagai lawan bagi mereka yang bisa mengangkat lebih banyak beban sekali atau dua kali.
  2. Teknik. Memukul itu keren, tapi anda perlu kombo dan gerakan kaki, tidak hanya pukulan kemarahan. Kembangkan koordinasi otak kaki dan otak tangan. Lompat tali selama tiga menit, lakukan beberapa ronde. Lakukan terjangan. Saat anda memukul samsak, latihlah kombo. Jab, cross, hook, cross. Jab, cross, uppercut, cross. Jab, Jab, cross, hook. Bentuk tangan yang memiliki ingatan otot tentang bagaimana menyerang dengan kombo pada seseorang dengan efektif.
  3. Kegigihan. Tinju cukup sulit bagi anda secara mental dan fisik. Mengambil jeda seminggu dan berlatih 50% hanya akan memperlambat anda secara dramatis. Terus lakukan saja. Jika anda bangun tidur hari Senin dan kaki anda sakit, latih lengan anda. Jika anda bangun hari Selasa dan tubuh anda sakit, latih perut dan kardio anda. Jika anda bangun hari Rabu dan semuanya terasa sakit, berenanglah.
  4. Berpikir seperti seorang petarung. Yang penting, hilangkan rasa takut anda, dan ganti dengan rasa percaya diri. Seseorang harus terkoordinasi dan pintar, cerdik dan cepat, namun anda tak boleh gugup atau takut menerima pukulan itu dan berikan kombo itu. Cobalah melawan seseorang dan lihat sendiri berapa banyak kesempatan yang TIDAK anda ambil karena otak anda mengatakan anda akan terluka atau anda akan kehabisan nafas.
  5. Jika memungkinkan, berenang. Berenang adalah pembantu latihan terbaik, tak diragukan lagi, bagi olahraga apapun. Melatih semuanya, dan meningkatkan fokus mental secara luar biasa. Jika anda tak bisa berenang, maka...
  6. ..Cari media relaksasi untuk keluar darinya. Otak dan tubuh anda tentu saja akan butuh waktu untuk pendinginan. Namun alih-alih bermalas-malasan, coba lakukan aktifitas yang lebih menyibukkan. Jaga aliran jus ke otak dan tubuh anda agar tetap mengalir. Sebagai contoh, saya suka catur. Membuat saya rileks, beristirahat, kembali ke samsak dengan rileks tapi juga lebih tajam ketimbang hari sebelumnya.

Terjawab sekitar 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang