Bagaimana saya mencegah perlemakan hati?

Dilihat 479 • Ditanyakan sekitar 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Mendapati sedikit lemak pada liver adalah hal yang normal. Namun jika Anda mendapati 5-10% lemak dari keseluruhan berat organ, Anda mungkin mengidap penyakit fatty liver. Jika Anda adalah peminum, berhentilah. Mengkonsumsi alkohol adalah salah satu penyebab utama penyakit ini. Ada dua tipe penyakit fatty liver: Penyakit fatty liver alkoholik (ALD) dan penyakit fatty liver nonalkoholik. Fatty liver juga bisa muncul saat masa kehamilan. 

- Penyakit Fatty Liver Alkoholik (ALD)

 ALD muncul dikarenakan oleh konsumsi alkohol yang berlebihan. ALD bahkan bisa muncul setelah konsumsi alkohol yang berlebihan dalam waktu singkat. Faktor genetik yang diturunkan dari keluarga juga berperan dalam ALD. Faktor ini bisa mempengaruhi kemungkinan seseorang untuk menjadi alkoholik, sekaligus memiliki dampak pada kemampuan tubuh untuk mencerna alkohol, Hal lain yang bisa menyebabkan ALD adalah hepatitis C (dapat menyebabkan inflamasi pada liver), terlalu banyak kandungan zat besi dalam tubuh dan obesitas. 

- Penyakit  Fatty Liver Nonalkoholik (NAFLD)

 Penyebab NAFLD belum ditentukan secara pasti, Penyakit ini cenderung bersifat menurun dan lebih banyak terjadi pada usia menengah serta penderita kelebihan berat badan/obesitas. Orang pada kelompok ini cenderung memiliki tingkat kolesterol yang tinggi dan juga diabetes. Penyebab yang mungkin lainnya adalah obat-obatan, hepatitis melalui virus, penyakit autoimun atau penyakit liver keturunan, penurunan berat badan yang terlalu cepat, dan malnutrisi.  Beberapa riset menunjukkan bahwa jumlah bakteri yang terlalu banyak pada usus kecil dan perubahan dalam usus berhubungan dengan NAFLD. 

- Penyakit Fatty Liver Kehamilan Akut 

 Jenis ini cukup langka, namun lemak bisa tertimbun pada liver saat masa kehamilan. Jika terjadi, hal ini bisa mempengaruhi Anda dan bayi Anda. Penyakit fatty liver saat kehamilan bisa menyebabkan gagal ginjal / hati, serta infeksi parah atau pendarahan. Tidak ada yang benar-benar mengerti proses terjadinya fatty liver saat hamil. Penyebab yang mungkin adalah perubahan hormon. Jika Anda terdiagnosa menderita penyakit ini, penting untuk memastikan bahwa Anda harus bersalin secepatnya. Anda mungkin akan membutuhkan perawatan intensif selama beberapa hari, tapi liver Anda bisa kembali seperti semula dalam beberapa minggu. 

Terjawab 12 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang