Bagaimana cara memakai eyeliner yang tepat pada mata?

Dilihat 315 • Ditanyakan 10 bulan lalu
1 Jawaban 1



Jika Anda ingin tampil cantik maksimal, riasan mata memang tak boleh ketinggalan. Eyeliner merupakan salah satu bagian make up yang sangat penting! Tak bisa dipungkiri keberadaan eyeliner saat ini telah menjadi barang favorit yang berada di urutan paling atas untuk tata rias mata. Eyeliner menjadi ‘anak kesayangan’ bagi hampir setiap wanita. Mengapa demikian? Karena Anda dapat menyaksikan sendiri, dengan sedikit sentuhan eyeliner penampilan Anda dapat berubah menjadi lebih cantik, tegas dan tentu saja mata dapat terlihat lebih tajam. Pengaruh polesan eyeliner sangat berpengaruh untuk mengubah penampilan seseorang.


Mata merupakan salah satu bagian wajah yang sering menjadi pusat perhatian. Mempercantik mata dapat dilakukan dengan mengaplikasikan berbagai macam make up mata, mulai dari eye shadow, penggunaan maskara, eyeliner dan lainnya. Namun, saat ini rasanya bukan rahasia lagi jika penggunaan eyeliner berada pada urutan paling atas untuk memperoleh riasan mata yang berbeda. Teknik cara pakai eyeliner yang benar wajib diketahui oleh setiap wanita agar dapat tampil secara maksimal. Namun tak dapat dipungkiri, untuk mengaplikasikan eyeliner memang dibutuhkan sedikit ketrampilan, karena tidak jarang banyak wanita yang merasa kesulitan ketika menggunakan eyeliner, terutama bagi para pemula. Lalu bagaimana caranya memakai eyeliner yang benar? Nah, bagi Anda yang penasaran simak ulasan berikut sampai tuntas ya..




Jenis-jenis Eyeliner




Eyeliner sangat bermanfaat untuk mempertegas bentuk mata serta membuat mata terlihat lebih tajam jika diaplikasikan dengan tepat. Namun, sebelum dibahas mengenai cara pakai eyeliner yang tepat, sebaiknya Anda harus mengetahui berbagai jenis eyeliner yang dapat digunakan dengan mudah untuk berbagai keperluan. Diantaranya adalah :


  • Eyeliner Pensil - Jenis eyeliner pensil sangat mudah digunakan, praktis dan cocok bagi pemula. Pensil yang lunak dan lembut dapat membentuk garis mata tebal. Sedangkan pensil yang keras biasanya dapat bertahan lebih lama dan dapat digunakan untuk membentuk garis tipis sebelum diaplikasikan dengan eyeliner jenis lain. Namun, beberapa eyeliner pensil harus diaplikasikan secara berulang dan kurang tebal di mata karena formulanya tidak tahan lama.  
  • Eyeliner Pen/Spidol - Eyeliner ini juga mudah untuk diaplikasikan dan ketika digunakan tidak perlu menekan keras seperti eyeliner pensil Bentuk kuasnya runcing dan sering digunakan untuk membentuk cat eye. Eyeliner pen atau spidol ini hadir dalam berbagai bentuk kuas yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. 
  • Eyeliner Cair - Cara memakai eyeliner cair memang sedikit lebih sulit dibandingkan eyeliner pinsil, mungkin bagi pemula akan mengalami kesulitan ketika menggunakan eyeliner jenis ini. Namun, bagi Anda yang sudah mahir dalam penggunaan eyeliner, maka eyeliner cair menjadi pilihan yang paling tepat. Eyeliner jenis ini paling banyak digemari wanita, karena memang harus diakui penggunaan eyeliner cair dapat memberikan efek yang berbeda pada mata.  Dikemas dalam sebuah tabung panjang yang dilengkapi dengan kuas yang runcing, eyeliner cair ketika diaplikasikan dapat membentuk garis yang pas dan sesuai. Hasil akhir dari penggunaan eyeliner cair akan terlihat lebih sempurna dan lebih rapi. Eyeliner cair juga memiliki warna yang lebih pekat dan lebih tahan lama dibandingkan eyeliner pensil.  
  • Liquid Pencil Eyeliner - Jenis eyeliner yang satu ini mirip dengan eyeliner cair hanya saja kemasannya seperti pensil atau spidol. Bentuknya yang menyerupai pensil dan memiliki ujung yang tipis, panjang serta fleksibel, membuatnya mudah diaplikasikan untuk membentuk berbagai macam garis. Hasil akhir akan terlihat lebih lembut, lebih hidup dan tahan lama.  
  • Eyeliner Gel - Tekstur Eyeliner gel mirip dengan eyeliner cair namun isinya lebih kental dan padat. Kemasannya eyeliner gel berbentuk pot. Cara mengaplikasikannya yaitu dengan menggunakan kuas runcing dan tipis.. Eyeliner ini mudah diaplikasikan, termasuk oleh pemula karena lebih mudah dibentuk dan sifatnya tahan lama. Namun Kelemahan eyeliner gel adalah lebih cepat kering, sebab isinya sering terkena udara secara langsung apalagi jika tidak segera ditutup.  
  • Eyeliner Cake - Eyeliner jenis ini paling banyak digunakan oleh para profesional atau make up artist, karena penggunaannya memang sedikit sulit. Eyeliner jenis ini bertekstur lebih padat dan biasanya memiliki banyak variasi warna sehingga memungkinkan penggunanya untuk bereksplorasi dengan berbagai macam gaya riasan. Sebelum diaplikasikan, maka kuas harus dibasahi terlebih dahulu dengan air. 



Cara Memakai Eyeliner




Seperti yang telah dijelaskan diatas, penggunaan eyeliner cair dapat membuat garis mata yang lebih rapi, tegas, tajam dan terlihat sempurna. Memang harus diakui, bagi pemula bukanlah hal yang mudah untuk mengaplikasikan eyeliner cair, namun bukan berarti seorang pemula tidak boleh memakai eyeliner cair. Mari patahkan teori tersebut dan cobalah belajar sedari awal untuk menggunakan eyeliner yang satu ini. Dijamin, Anda akan ketagihan untuk terus bereksplorasi!

Pada tahap awal, mungkin Anda tidak akan langsung mendapatkan hasil sempurna seperti yang diinginkan. Namun jika banyak berlatih, tentu Anda akan menjadi mahir dengan sendirinya. Lalu, bagaimana cara memakai eyeliner cair yang tepat khususnya bagi seorang pemula? Yuk, ikuti kiat-kiatnya berikut ini.


  • Pastikan kulit anda bersih dan kering. Jangan mencoba untuk mengoleskan eyeliner jika ada sisa minyak atau pelembab di kelopak mata anda atau area dibawah mata.  
  • Posisi Badan - Langkah pertama sebelum memakai eyeliner yaitu pastikan bahwa posisi Anda telah nyaman. Hal ini dilakukan agar Anda tidak gemetar saat menggunakan eyeliner cair. Jika anda gemetar, Anda bisa meletakkan siku anda di atas meja sehingga tangan tetap stabil dan tidak bergoyang. Penggunaan eyeliner cair akan lebih bagus ketika Anda membuat pola terlebih dahulu. Buatlah pola yang tipis dengan menggunakan pensil mata. Usahakan untuk membuat garis garis sedekat mungkin dengan garis bulu mata agar hasilnya bisa lebih natural dan lebih tegas. Usahakan agar garis yang Anda buat benar-benar lurus dan rapi.  
  • Cara mengoles eyeliner - Cara pemakaian yang harus anda lakukan adalah dengan menarik eyeliner dari ujung bagian dalam kelopak mata menuju ke ujung luar kelopak mata. Agar hasilnya lebih jelas, anda bisa melakukannya beberapa kali olesan sehingga lebih hitam dan juga jelas. Bentuk dari eyeliner yang diaplikasikan adalah dari yang tipis kemudian menebal dan lentik. Anda harus melakukannya secara terus dan jangan berhenti di tengah kelopak karena bisa membuat eyeliner menjadi tidak merata. 
  • Lihat kembali hasil eyeliner anda, pastikan kanan dan kiri terlihat sama. Jika ada beberapa noda eyeliner yang kurang rapi, bersihkan dengan kapas. 
  • Melukis garis eyeliner sebaiknya dalam satu kali tarikan dan jangan berhenti di tengah agar kepekatannya rata. 
  • Tunggu sampai mengering sebelum mengoles lagi untuk menambah ketebalan 
  • Sebaiknya eyeliner cair hanya untuk kelopak mata bagian atas saja. Untuk kelopak mata bagian bawah, pilih eye liner pensil. 
  • Sesuaikan warna eyeliner dengan warna perona mata dan alis Anda. 

 


Memilih eyeliner cair yang baik adalah hal yang paling penting. Pastikan Anda memilih eye liner cair yang tahan air (water proof), agar lebih mudah kering dan tidak cepat luntur, sehingga noda-noda tidak akan terlihat di sekitar mata. Selain itu, pilihlah ujung kuas eye liner yang runcing karena dengan ujung eye liner yang runcing akan mempermudah Anda dalam pengaplikasiannya.

Itulah beberapa tips cara pakai eyeliner untuk pemula. Jangan takut untuk terlihat ‘berantakan” pada tahap awal. Ketika belajar Anda dapat menghapusnya, kemudian ulangi tahapan pemakaian eyeliner dari awal sampai Anda merasa terbiasa. Selamat mencoba!


Terjawab 9 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang