Bagaimana cara memilih model rambut yang paling cocok?

Dilihat 426 • Ditanyakan 11 bulan lalu
1 Jawaban 1

Rambut merupakan salah satu hal yang penting dan harus diperhatikan untuk menunjang penampilan kita. Satu hal yang sering kita lakukan pada rambut kita adalah mengganti model rambut kita, karena menggunakan model rambut yang sama terus-menerus akan membosankan, bukan?

Seiring berjalannya waktu trend terus berjalan dan selalu ada pembaharuan, hal ini berlaku juga untuk model rambut. Selalu ada saja jenis potongan rambut pria dan perempuan terbaru yang menjadi trend tiap tahunnya. Seperti model rambut lob yang digunakan oleh Kim Kardashian merupakan salah satu trend baru model rambut 2016. Beberapa dari kita mungkin baru pertama kali mendengar model rambut lob yang merupakan singkatan dari long bob dan merupakan jenis rambut yang memanjang di sisi kanan dan pendek di sisi kiri. Selain model lob, masih banyak lagi model rambut 2016 yang bisa kamu jadikan referensi jika kamu ingin mencoba model rambut yang baru. 

Mencoba berbagai macam potongan rambut yang sedang trend memang tak masalah. Namun, kamu harus pintar-pintar memilih model rambut karena bisa saja hasilnya tidak sesuai dengan keinginanmu. Tapi kamu tidak perlu khawatir. Ada hal-hal yang anda bisa ikuti dari tips di bawah ini agar kamu bisa mendapatkan model rambut yang pas untukmu.



Cara Menentukan Model Rambut Yang Cocok

galena bentuk wajah

Mengikuti model rambut trend terkini memang sah-sah saja, hanya saja kamu perhatikan adalah pilihan model rambut yang sesuai dengan bentuk wajahmu. Seperti yang kita tahu, setiap manusia memiliki bentuk wajah yang berbeda-beda. Kalau kamu sudah tahu bentuk wajahmu, akan lebih mudah untuk menentukan model rambut seperti apa yang cocok untukmu dan membuat pencarianmu tidak terlalu melelahkan. Jika kamu sudah mengetahui karakteristik bentuk wajahmu, kamu dapat melihat pedoman model rambut di bawah ini sebagai pertimbangan:


  • Wajah yang bulat: Wajah bulat memiliki karakteristik bentuk yang ditandai dengan garis melengkung halus yang tidak terputus serta dagu yang bulat. Bentuk dahi dan dagunya pun agak lebar dengan bentuk tulang pipi yang sama lebarnya. Untuk model rambut dengan tipe wajah seperti ini, rambut panjang yang lurus atau agak berombak akan membuatmu terlihat sangat mempesona. Poni yang panjang juga sangat cocok dengan wajahmu. Hindari model rambut yang akan membuat wajahmu terlihat semakin bulat, misalnya poni yang rata, model rambut bob, model rambut bob dan keriting (dipotong pendek). Model-model rambut tersebut akan membuat wajahmu terlihat semakin bulat. Untuk bentuk wajah ini, triknya adalah rambut panjang.
    galena bentuk wajah bulat

  • Wajah yang panjang: Karakteristik wajah panjang memiliki bentuk proporsi yang sama dari kening, tulang pipi, hingga rahang. Untuk bentuk wajah ini, kuncinya adalah membuat wajahmu terlihat lebih lebar, jadi fokuskan untuk menebalkan rambut di bagian samping (dekat leher). Model rambut seperti model bob, rambut keriting dan berombak akan membuat wajahmu terlihat lebih lebar dan potonglah sepanjang bahu untuk membuatnya tampak sangat bagus. Poni juga bisa diaplikasikan untuk wajah yang lonjong, terutaman poni rata dan poni samping. Hindari model rambut yang membuat wajahmu terlihat semakin panjang, seperti model lurus, model panjang, dan hindari juga rambut yang terlalu panjang yang akan menarik wajahmu ke bawah (pokoknya potong rambutmu dengan model pendek, sebahu, atau tidak melibihi bagian dada).
    Untuk pria dengan karakteristik wajah yang serupa, model yang sesuai untuk wajahmu adalah model rambut yang ditata miring ke samping, serta potongan rambut rata dan cepak juga merupakan model yang pas untuk kamu yang ingin mencoba model lain untuk wajah yang panjang.

galena bentuk wajah panjang

  • Wajah persegi: Bentuk wajah persegi memiliki keunggulan pada rahang lebar yang bersiku serta tulang pipi dan dahi yang lebar. Model rambut yang lebih lembut akan cocok dengan bentuk wajah ini untuk menghaluskan bentuk wajahmuponi tipis, rambut ikal lembut, model rambut layer yang lembut akan terlihat cantik pada bentuk wajah ini. Potongan rambut pria yang sesuai dengan bentu wajah ini adalah potongan undercut dengan tatanan belah pinggir dan disisir ke belakang. Model potongan lainnya adalah faux hawk, yaitu potongan rambut dengan gradasi ketebalan rambut yang jelas pada bagian atas dan bawah, lalu pada bagian atas rambut ditata naik ke atas. Model rambut yang agak tebal dan lembut juga bagus (misalnya rambut ikal Veronica Lake). Hindari memotong rambut sependek dagu karena akan membuat rahangmu lebih menonjol.

galena bentuk wajah kotak

  • Wajah yang oval: Kamu beruntung jika memiliki bentuk wajah ini karena orang dengan bentuk wajah lonjong cocok dengan model rambut apapun! Cobalah berbagai model rambut dan lihat mana yang terbaik untukmu. Model rambut hati (sering juga disebut 'segitiga terbalik') akan terlihat indah di wajahmu. Rambut panjang dan berombak juga akan terlihat bagus. Sebaiknya kamu menjaga rambutmu tetap panjang, karena memotong pendek rambutmu akan membuat wilayah rahangmu menjadi lebih menonjol. Poni samping yang lembut juga akan terlihat bagus dan menghaluskan bagian rahang serta memberik keseimbangan pada keseluruhan wajahmu. Model rambut pria yang dengan bentuk wajah ini memiliki banyak model rambut yang bisa dicoba seperti, potongan rambut panjang yang disisir ke belakang, potongan pendek dan cepak yang ditata ke samping, bahkan potongan undercut pun terlihat sangat cocok dengan bentuk wajah ini.

    galena bentuk wajah oval

  • Wajah yang berbentuk hati: Bentuk wajah ini memiliki karakteristik dagu lancip dan dahi yang lebar. Bentuk tulang pipi juga biasanya memiliki lebar yang sama dengan dahi atau bahkan bisa saja sedikit lebih lebar. Untuk kamu yang memiliki wajah berbentuk hati, sebisa mungkin hindari model rambut membuat bentuk wajahmu terlalu menonjol, untuk itu model rambut pendek adalah model yang paling tidak cocok untuk bentuk wajahmu. Untuk para pria, sebaiknya menghindari potongan rambut yang pendek dan cepak karena hal itu akan mempertegas bentuk dahi lebar dan dagu yang lancip. Kamu bisa memberi modifikasi pada rambut panjang dengan cara memberi sedikit volume pada bagian atas rambutmu. Menggunakan poni sebagai alternatif untuk menutupi dahi yang lebar juga bisa menjadi opsi yang bagus untuk menunjang penampilanmu.


Selain itu banyak alternatif lain untuk mengetahui model rambut mana yang sesuai dengan bentuk wajah kamu, seperti memanfaatkan media majalah atau menggunakan aplikasi dari ponselmu. Menentukan model rambut yang sesuai dengan bentuk wajahmu memang langkah yang tepat untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Namun, pastikan kamu mendiskusikan model potongan rambut yang diinginkan dengan penata rambut. Karena penata rambut lebih mengerti bagaimana hasilnya model rambut tersebut buatmu.


Terjawab 11 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang