Bagaimana caranya supaya gigi saya tidak menguning saat meminum kopi?

Dilihat 2,79 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Gigi yang sehat dan putih tentu merupakan idaman setiap orang. Selain memang lebih sedap dipandang mata, gigi yang putih menandakan bahwa gigi terawat dengan baik. Singkatnya, mereka adalah orang yang bersih.

Masalahnya adalah berubahnya warna gigi putih menjadi gigi kuning bisa disebabkan oleh banyak hal.  Salah satu hal yang bisa menyebabkan perubahan warna gigi adalah dari faktor luar.  

Perubahan warna gigi salah satunya adalah karena terlalu suka meminum kopi. Pada kondisi dan tingkatan tertentu kebiasaan minum kopi dapat menjadikan gigi berwarna.  

Nah jika anda termasuk salah seorang yang suka minuman Kopi namun menginginkan gigi tetap putih, anda bisa membaca tips-tips memutihkan gigi dibawah ini!

             gigi menguning setelah minum kopi


Penyebab Penguningan Gigi oleh Kopi

Jadi ini penjelasan nya. Penguningan gigi oleh kopi disebabkan oleh banyak polifenol yang ada didalam kopi. Sebenarnya kalau mau menghilangkan efek ini, cara nya yang paling ampuh yaitu mengurangi kontak gigi dengan polifenol. Ironisnya, sebenarnya polinfenol ini baik untuk gigi, yaitu melindungi gigi dari asam dan membuat rasa kopi yang khas yang banyak dinikmati banyak orang, jadi kamu perlu memilih diantara salah satunya yang membuatmu nyaman, mau minum kopi tapi gigi menguning atau tidak minum kopi tapi gigi tetap putih bersih.


Cara Mengurangi Gigi Kuning

Berikut adalah cara untuk mengurangi efek penguningan gigi dari kopi yang anda minum:

  • Minum kopi yang mengandung banyak lemak susu hewani. Lemak hewani itu mengikat polifenol, jadi kontak polifenl ke gigi jadi makin sedikit. Ingat lemak hewani. Lemak nabati misalnya dari susu kacang itu tidak bisa mengikat polifenol yang artinya tidak dapat mengurangi kekuningan gigi karena kopi. 

  • Minum kopi yang 100% terbuat dari Biji Arabika yang diproses kering. Kenalilah jenis-jenis kopi yang ada untuk membantu anda lebih dapat mempertimbangkan kopi mana yang terbaik untuk anda.

  • Pilih metode membuat kopi yang berbeda, terutama yang bisa mengekstra lebih banyak polifenol. Sayangnya, cara membuat kopi ini juga artinya mengurangi jumlah kafein dalam kopi. Di bahas lebih lanjut lagi di Metode Membuat Kopi yang Sempurna

  • Kurangi kontak kopi dengan gigi anda. Anda bisa melakukannya dengan menum kopi anda dengan sangat cepat. Lebih mudah dengan meminum espreso yang habis dalam satu tegukan, atau minum kopi dengan sedotan yang diletakkan di belakang lidah anda.
               minum kopi dengan sedotan

Tips Memutihkan Gigi

Selain mengurangi dampak kekuningan dari kopi itu sendiri, kita juga bisa menghilang kan kekuningan dari kopi.

  • Gunakan sikat gigi Sonicare. Penggunaan sonicare akan mengurangi formasi kekuningan pada gigi, yaitu plak gigi. Plak ini ternyata menurut penelitian memperbesar efek penguningan gigi . Dan jangan langsung menggosok gigi setelah minum kopi karena gigi mungkin masih "lembut" akibat dari keasaman dalam kopi. Yang terpenting itu adalah gosok gigi 2 kali sehari dan ini akan menangani plak pada gigi anda. 

  • Putihkan gigimu sesekali mungkin. Lebih baik hal ini dilakukan dengan dokter gigi, dan juga sekalian mengecek kesehatan gigi anda. Jangan memutihkan gigi terlalu sering. Karena akan merusak kesehatan gigi

  • Pertahankan keputihan gigimu dengan makanan atau minuman tertentu. Makanan yang bisa mengurangi penguningan gigi dan membuat gigimu tetap putih lebih lama itu memiliki kandungan yang menghancurkan plak gigi dan noda-noda yang menempel di gigi. (Link: Kopi dan Teh Menodai Gigi)

Itulah tips-tips memutihkan gigi yang saya tahu untuk mengurangi gigi kuning saat meminum kopi. 

Ada juga perlu lebih mengenal tentang kopi dan seberapa bahaya kopi dalam tubuh yang anda minum untuk menambah wawasan anda tentang kopi yang membantu anda kedepannya :D

Selamat menikmati kopi anda~

Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang