Bagaimana sejarah Islam?

Dilihat 581 • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Islam adalah sebuah agama monoteisme (kepercayaan bahwa Tuhan adalah satu/tunggal dan berkuasa penuh atas segala sesuatu). Agama tersebut berkembang di Timur Tengah pada abad ke-7 masehi.  Islam secara harfiah memiliki arti "menyerah"  atau "penyerahan,"  yang dibawa pada ajaran Nabi Muhammad sebagai sebuah ekspresi penyerahan diri kepada Allah, Tuhan Semesta Alam.

Al- Qur'an , sebagai kitab suci agama Islam, mengandung ajaran-ajaran nabi Muhammad yang diturunkan kepadanya dari Allah.

Pokok ajaran agama Islam adalah percaya bahwa Allah itu Esa/satu (Tiada tuhan selain Allah) , tidak ada yang menyerupai Nya.

Islam mempunyai beberapa cabang dan mempunyai banyak jenis (mahzab) di dalam tiap cabangnya. Dua cabang  dalam islam yaitu Sunni dan Shi'ah masing-masing menegaskan arti yang  berbeda dalam menegakkan otoritas keagamaan.


Salah satu karakteristik pemersatu dalam Islam adalah Rukun Islam (lima pilar agama),  lima tindakan dasar dalam Islam. Rukun Islam terdiri dari lima perkara yaitu 

  1. mengucapkan kalimat Syahadat, 
  2. melakukan sholat lima waktu , 
  3. membayar zakat,
  4.  berpuasa di bulan Ramadhan
  5. Melakukan ibadah haji (ibadah haji ke Mekah)

Salah satu karakteristik penegasan dalam Islam adalah keutamaa/keunggulan  tempat-tempat suci termasuk di dalamnya Mekah, Madinah dan Yerussalem.  Orang muslim berkumpul di mesjid untuk beribadah kepada Allah, berdoa (sholat), dan mempelajari kitab sucinya.  Tidak ada perbedaan yang tajam antara aspek agama dan aspek duniawi di dalam Islam; semua aspek kehidupan seorang muslim harus berorientasi untuk melayani/mengabdi kepada Allah. 

Agama Islam berkembang sangat cepat melampaui tempa kelahirannya sendiri yaitu di semenanjung Arab, dan sekarang telah memiliki pengaruh yang signifikan (penting) di Afrika, di seluruh Asia, Eropa dan Amerika. 










Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang